Banner ImageBanner Image

Ini 5 Properti Termahal di Dunia, Salah Satunya Punya Pangeran Arab

4 menit
Properti mewah (Ilustrasi by Pexel).

Kamu semua pasti tahu bahwasannya gak ada aset properti di dunia ini yang harganya murah. Dan tinggi rendahnya harga aset tersebut akan bergantung pada lokasinya.

Situs Towns and Country telah merangkum aset-aset properti termahal di dunia yang harganya luar biasa. Bisa dibilang, harga aset-aset tersebut lebih besar ketimbang sebuah pulau pribadi di negara-negara Amerika Latin.

Dan mau dimana pun juga, aset ini pasti valuasinya naik dari tahun ke tahun. Itulah mengapa gak sedikit orang di dunia ini yang akhirnya memilih terjun ke bisnis properti. Walau gak likuid, bisnis ini memang tetap menjanjikan karena keuntungannya bisa membuat seseorang menjadi crazy rich.

Penasaran dengan aset-aset properti yang disebut termahal di dunia? Mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Baca juga: Dongkrak Karier Cemerlang, Begini Cara Memperbaiki Personal Branding di Dunia Digital

5. Rumah keluarga Murdoch

Rumah keluarga Murdoch

Taipan media Rupert Murdoch sempat berniat menjual rumahnya ke Leonardo di Caprio di tahun 2014. Namun pada akhirnya rumah itu justru terjual ke putranya sendiri, James, di harga US$ 30 juta atau Rp 425 miliar.

Lokasi rumah ini juga terletak di Beverly Hills California. Luasnya mencapai 803 meter persegi. Memiliki 11 kabar tidur dan sembilan kamar mandi.

Jika dilihat dari foto satelit, rumah itu bentuknya seperti kepiting. Dan terbentang di tanah seluas 2,5 hektare. Konon kabarnya, bangunan ini didesain oleh seorang arsitek bernama Wallace Neff di tahun 1920.

4. Rumah pendiri Hard Rock Cafe

Rumah pendiri Hard Rock Cafe, Peter Morton

Familiar dengan nama Peter Morton? Dia adalah pendiri Hard Rock Cafe. Rumah ini pun menjadi salah satu aset properti termahal yang pernah dijual di Los Angeles.

Rumah ini luasnya mencapai 743 meter persegi. Rumah ini terdiri dari dua bangunan, pertama adalah rumah tamu dan yang kedua adalah tempat tinggal pemiliknya. Dua-duanya memiliki dua tingkat.

Material berupa kayu jati bisa kamu lihat langsung di bagian dinding rumah. Terdapat pula sebuah kolam renang yang membuat tampilan halaman rumah itu makin cantik.

Oh ya, rumah ini harganya mencapai US$ 110 juta ya, atau senilai dengan Rp 1,5 triliun.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

3. Rumah Pangeran Arab

Mohammad Bin Salman (BBC).

Untuk properti yang satu ini, lokasinya bukan di Amerika Serikat melainkan ada di Prancis. Bangunan yang diberi nama Chateau Louis XIV. Lokasinya sendiri ada di dekat Kota Paris.

Usut punya usut, Pangeran Mohammad Bin Salman lah yang merupakan pemilik dari rumah mewah ini. Akan tetapi dia gak menggunakan nama pribadinya untuk membeli hunian ini.

Kastil ini pun disulap hingga memiliki fasilitas yang jauh lebih keren daripada hotel bintang lima.  Semua perabotan rumah ini, mulai dari lampu, listrik, hingga air mancur, bisa dikontrol melalui ponsel.

Di dalam rumah ini juga ada akuarium raksasa, gudang penyimpanan wine, bioskop, kolam renang outdoor dan indoor, hingga tempat dugem. Untuk harganya sendiri mencapai US$ 301 juta atau setara dengan Rp 4,2 triliun.

2. Bel Air Mansion

Bel Air Mansion

Bel Air Mansion kerap disebut sebagai rumah termahal di Negeri Paman Sam. Bayangin saja, luas bangunannya mencapai 2.322 meter persegi dan luas tanahnya sendiri mencapai 4,1 hektare!

Dalam sejarah perfilman di AS, rumah ini tenar berkat film The Beverly Hillbillies. Dan rumah ini juga pernah ditempati oleh mendiang Jerry Perenchio, seorang miliuner yang punya banyak bisnis di Amerika Serikat.

Rumah mewah ini dibangun pada tahun 1933 silam. Dan kabarnya, ketika rumah ini dijual harganya mencapai US$ 500 juta atau setara dengan Rp 7 triliun.

Itulah lima aset properti termahal di dunia. Rata-rata aset-aset tersebut adalah mansion atau rumah mewah. Karena valuasi bangunan berupa rumah dihitung dari luas bangunan dan tanah.

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

1. Tanah kosong di puncak Beverly Hills

Tanah kosong di puncak Beverly Hills

Dengan memiliki aset properti ini, kamu ibarat berada di atas segalanya. Karena dari segi lokasi, wilayah ini adalah wilayah yang berada di puncak Beverly Hills, sebuah kota yang dihuni para seleb-seleb Hollywood di Negara Bagian California, Amerika Serikat.

Lokasi ini dinyatakan sebagai lokasi termahal di dunia. Luasnya mencapai 63 hektare, dan terletak di puncak gunung.

Di sana memang gak terlihat adanya rumah, cuma ada tanah lapang berwarna hijau. Dan jangan heran ya kalau harganya mencapai US$ 1 miliar atau sekira Rp 14 triliun!

Kamu punya duit banyak? Beli saja aset itu sekarang dan dirikan rumah di sana. Atau mau bikin tandingan DisneyLand juga bisa kok.

Akan tetapi yang justru merupakan tanah lapang. Tapi tanahnya jelas ada di Beverly Hills. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan