Dijamin Antiboring! Ini 5 Bandara dengan Fasilitas Terbaik yang Asyik buat Transit

4 menit
Bandara terbaik di dunia buat transit. (Shutterstock)
Bandara terbaik di dunia buat transit. (Shutterstock)

Transit menjadi salah satu hal yang memang tak bisa dielakkan saat kamu travelling ke luar negeri. Kamu harus singgah di satu bandara atau lebih sebelum melanjutkan penerbangan hingga sampai ke tempat tujuan berliburmu.

Selain itu, tak bisa dipungkiri kalau transit juga menjadi hal yang sangat membosankan. Gimana tidak, kamu harus menunggu pesawat melanjutkan perjalanan kembali. Terkadang, waktu tunggunya itu bahkan hingga berjam-jam lamanya.

Rasa jenuh tentu saja menghampiri kalau kamu hanya mendengarkan musik, main games atau memainkan gadget untuk membunuh waktu.

Tapi, rasa bosan dan jenuh karena harus menunggu lama tidak akan kamu rasakan jika transit di beberapa bandara dunia berikut ini lho. Kenapa?

Pasalnya, terdapat banyak sekali fasilitas yang memang sengaja ditawarkan oleh pengelola bandara agar para pelancong senang dan lebih nyaman meski harus menunggu lama.

Penasaran bandara di negara mana saja yang menawarkan fasilitas terbaik di dunia? Berikut ini lima di antaranya.

Baca juga: Liburan Sehari di Bandara Changi Singapura yang Instagramable Banget

1. Incheon Airport, Seoul, Korea Selatan

Incheon, salah satu bandara transit paling asyik. (Shutterstock)
Incheon, salah satu bandara transit paling asyik. (Shutterstock)

Saat kamu diharuskan transit di Negeri Gingseng, Korea Selatan, kamu tak perlu khawatir merasakan bosan. Pasalnya, kamu bisa mendaftarkan diri di gates 25 atau 29 pintu kedatangan Bandara Internasional Incheon untuk menikmati layanan tur kota secara gratis.

Waktu tur kotanya pun bisa kamu pilih sendiri, mulai dari satu, dua hingga lima jam. Untuk tur satu jam, kamu akan mengunjungi Kuil Haedong Yonggung. Sedangkan, tur 5 jam akan melancong keliling kota Seoul hingga Desa Hanch Bukchon, Istana Gyeongbok, Istana Changdeok dan Pasar Gwangjang.

Soal bahasa juga kamu gak perlu khawatir karena para pemandu wisatanya menggunakan bahasa asing. Selain itu, di Incheon Airport juga terdapat bioskop, taman hingga arena ice skating. Seru banget kan?

Baca juga: Gak Mau Bangkrut? Jangan Coba-Coba Beli 5 Barang Ini di Bandara

2. Haneda Airport, Jepang

Bandara Haneda, tempat transit yang menyenangkan. (Shutterstock)
Bandara Haneda, tempat transit yang menyenangkan. (Shutterstock)

Tak hanya menjadi salah satu negara terbaik untuk liburan, Jepang juga memiliki bandara transit terbaik di dunia lho.

Kamu bisa menikmati tur dengan bebas memilih transportasi umum yang ingin kamu gunakan selama tur. Seorang pemandu wisata pun akan menemanimu selama perjalanan.

Tur terbagi menjadi tiga, yaitu tur pertama dengan rute Kuil Narita-san Shinsho-ji, Narita-san Park, dan Omotesando. Tur kedua akan keliling Museum Ilmu Aeronautika dan tur ketiga berkunjung ke pedesaan Jepang. Tur ini tersedia di meja informasi yang ada di T1 dan T2 Bandara Internasional Narita.

Gak cuma itu aja, ada juga tambahan tur belanja mandiri tanpa pemandu. Jadi, nanti kamu akan diberikan tiket bus antar jemput yang akan menurunkanmu di beberapa outlet belanja seperti Outlet Premium Shisui atau AEON Mall Narita.

Baca juga: Ini Nih 7 Tipe Orang Ngeselin di Bandara yang Perlu Dihindari

3. Changi Airport, Singapura

Bandara Changi, tempat transit mengasyikan. (Shutterstock)
Bandara Changi, tempat transit mengasyikan. (Shutterstock)

Changi Airport disebut-sebut sebagai salah satu bandara terbaik dan tersibuk di dunia. Bandara ini juga dilengkapi dengan fasilitas super mewah. Salah satunya adalah layanan tur kota secara gratis.

Kamu juga hanya perlu menuju ke tempat pendaftaran Free Singapore Tour yang ada di terminal 2 dan 3 dan bisa memilih sendiri waktu untuk menikmati tur yang sudah tersedia dari jam 8 pagi hingga 10 malam.

Untuk wisata kota, kamu akan dibawa mengunjungi Singapore Flyer dan Marina Bay Financial Center. Sementara itu, untuk wisata situs bersejarah, kamu akan mengunjungi pesona Chinatown dan Little India.

Gak hanya itu, Changi Airport juga menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan seperti berbelanja, berenang, bermain gim, bersantai di taman hingga memanjakan diri dengan melakukan spa.

4. Dubai International Airport, Uni Emirat Arab

Bandara Dubai, tempat transit menyenangkan. (Shutterstock)
Bandara Dubai, tempat transit menyenangkan. (Shutterstock)

Pesona Abu Dhabi hingga Dubai memang tak terbantahkan lagi. Dubai International Airport juga melayani ratusan rute transit setiap harinya. Hal itulah yang membuat pemerintah menawarkan fasilitas yang akan membuat para wisatawan senang.

Kamu bisa menikmati tur kota secara gratis dengan menaiki bus yang sudah disediakan. Kamu bisa melihat jadwalnya di pusat informasi.

Selain itu, kamu juga bisa berbelanja, berolahraga, berenang, spa, bahkan bersantai dengan di kebun pakis, Zen.

5. Istanbul Ataturk Airport, Turki

Bandara Istanbul Ataturk, lokasi transit yang menyenangkan. (Shutterstock)
Bandara Istanbul Ataturk, lokasi transit yang menyenangkan. (Shutterstock)

Istanbul Ataturk Airport, Turki, juga menyediakan fasilitas yang sangat menyenangkan lho. Kamu hanya perlu datang ke Hotel Desk di pintu kedatangan 30 menit sebelum keberangkatan tur. Nah, untuk turnya sendiri disediakan beberapa waktu yaitu pukul 08.30 sampai 11.00, pukul 9.00 sampai 15.00, dan pukul 16.00 sampai 21.00.

Kamu akan diajak berkeliling melihat keindahan Istanbul, seperti mengunjungi Masjid Biru, Air Mancur Jerman, Kolom Serpentine, Obelisk Theodosius, hingga Istana Topkapi.

Gak hanya antiboring, kamu juga dijamin antilapar karena layanan tur tersebut menyediakan makan siang di berbagai restoran dengan menu makanan khas Ottoman.

Itu dia lima negara yang memiliki bandara terbaik di dunia dan sangat cocok untuk para pelancong yang harus menunggu lama di bandara alias transit. Mana bandara favorit kamu? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.