Masih Didominasi Oleh China, Ini Deretan 5 Bank Terbesar di Dunia

3 menit
ICBC jadi Bank Terbesar di Dunia (Shutterstock).
ICBC jadi Bank Terbesar di Dunia (Shutterstock).

Mayoritas dari kamu pasti pernah pergi ke tempat yang satu ini untuk menabung. Tapi dari sekian banyak pilihan, manakah bank terbesar di dunia saat ini?

Hidup di era digital seperti sekarang sepertinya udah gak relevan lagi buat kita untuk simpan uang di rumah atau brankas yang terbuat dari besi. Sebab dengan segala fasilitas yang diberikan oleh perusahaan bisa mempermudah mobilitas kita untuk bertransaksi tunai maupun non-tunai.

Oleh sebab itu banyak pelaku bisnis keuangan di dunia termasuk di Indonesia berlomba-lomba untuk memberikan penawaran serta pelayanan terbaik guna menarik hati nasabahnya. Dengan begitu sebuah perusahaan akan memberikan sekaligus mendapatkan hubungan timbal balik yang saling menguntungkan.

Untuk informasi, belum ada angka pasti berapa jumlah bank yang tersebar di seluruh dunia karena setiap waktunya terus berubah, namun menurut The Bankers terdapat paling gak ada 1000 perusahaan di seluruh dunia. Bahkan bisa jauh lebih banyak pada kenyataannya karena ada yang belum tercatat.

Dari jumlah sebanyak itu terdapat 5 yang memiliki aset terbanyak, gak usah berlama-lama lagi berikut urutannya:

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kebiasaan Buruk Ini Menjadi Penyebab Munculnya Utang Lho

1.  Industrial and Commercial Bank of China

Industrial and Commercial Bank of China, Bank terbesar di dunia
Industrial and Commercial Bank of China (Shutterstock).

Korporasi yang berdiri pada tahun 1984 di Beijing, China ini menempati posisi teratas daftar perusahaan keuangan terbesar di dunia saat ini.

Dikutip dari Global Finance Magazine total aset yang dimiliki ICBC mencapai US$ 4 Triliun atau sekitar Rp 56.000 Triliun. Jumlah uang yang fantastis banget, kan?

Angka tersebut lebih dari 25 kali lipat anggaran belanja APBN Indonesia tahun 2018 yang mencapai Rp 2.200 Triliun.

2. China Construction Bank

China Construction Bank, Bank Terbesar di Dunia
China Construction Bank (Shutterstock).

Di urutan kedua masih ditempati oleh perusahaan asal negeri tirai bambu yakni CCB dengan total aset US$ 3,4 Triliun atau sekitar Rp 48.000 Triliun.

Sesuai dengan namanya, mereka lebih banyak bergerak di pembiayaan konstruksi dan infrastruktur. Dengan kekayaan sebanyak itu CCB menyerap tenaga kerja lebih dari 300.000 jiwa di seluruh dunia.

Baca juga: Pekerjaan dengan Gaji Tinggi yang Cocok Untuk Orang Introvert, Kamu Tertarik?

3. Agricultural Bank of China

Agricultural Bank of China, Bank Terbesar di Dunia
Agricultural Bank of China (Shutterstock).

Lagi-lagi posisi ketiga berasal dari China yang punya aset mencapai US$ 3,2 Triliun atau Rp 45.000 Triliun. ABoC didirikan oleh mantan Presiden China, Mao Zedong pada tahun 1951.

Awalnya tujuan ABoC dibentuk untuk membantu para petani lokal meningkatkan produksi pertaniannya, tapi seiring berjalannya waktu menjadi salah satu perusahaan komersial yang menembus pasar dunia. Kalau bahas cuan emang juaranya deh!

4. Bank of China

Bank of China, Bank Terbesar di Dunia
Bank of China (Shutterstock).

Di peringkat 4 ada BoC dengan total aset mencapai US$ 3 Triliun atau Rp 42 ribu Triliun.

Perusahaan ini berdiri tahun 1912 dan menjadi salah satu yang tertua di China. 70 persen kepemilikannya dipegang oleh pemerintah serta telah berhasil menembus pasar 20 negara lainnya.

Bila dijumlahkan, total keempat aset perusahaan di atas mencapai kira-kira Rp 191 ribu Triliun! Kalau kamu punya uang segitu, apa yang bakal kamu lakukan?

Baca juga: Menelisik Lebih Jauh Keuntungan Apple Card, Kartu Kredit yang Ditanam pada iPhone

5. MUFG

MUFG, Bank Terbesar di Dunia
MUFG (Shutterstock).

Terakhir di nomor 5 berasal dari negara matahari terbit yaitu Mitsubishi United Financial Group. Total aset yang berhasil dikumpulkan mencapai US$ 3 Triliun atau Rp 42 ribu Triliun. Gak beda jauh sama urutan nomor 4.

Sebetulnya MUFG adalah hasil merger dari Bank of Tokyo Mitsubishi dan United Financial of Japan pada tahun 2005.

Nah, itu dia deretan 5 bank terbesar di dunia. Sayangnya dari nama-nama tersebut belum ada yang berasal dari tanah air. Tapi kita harap suatu hari Indonesia bisa menembus pasar dunia. Apalagi melihat 5 korporasi di atas berasal dari Asia semua. Harus tetap optimis ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan