Diduga Seharga Puluhan Miliar Rupiah! 5 Barang Antik Ini Justru Gak Ada Nilainya

3 menit
Barang antik yang ternyata gak bernilai.

Barang antik memang selalu menarik perhatian khususnya bagi para kolektor, di mana mereka rela menggelontorkan uang besar hanya untuk memiliki barang antik yang ia inginkan.

Bahkan seperti yang dikutip dari situs lovemoney, ada beberapa barang antik yang dijual dengan angka super fantastis.

Contohnya saja, koleksi telur paskah milik Malcolm Forbes yang dibeli oleh miliarder asal Rusia, Victor Vekselberg sebesar US$ 50 juta atau sekitar Rp 714 miliar.

Jadi, memang bisa dibilang memiliki barang antik bisa bikin kamu kaya mendadak. Apalagi kalau barang tersebut mempunyai history yang bersejarah. Dijamin deh, para miliarder bakal ngantri untuk membeli barang antik tersebut.

Sayangnya, minat besar pada barang antik kerap dimanfaatkan oleh pihak-pihak gak bertanggung jawab untuk membuat tiruannya. Alhasil, banyak sekali barang antik yang jadinya tak bernilai padahal sebelumnya diduga bernilai selangit.

Penasaran apa saja barang antiknya? Berikut lima di antaranya:

Baca juga: Siapin Bujet Rp 20 Jutaan! Kamu Bisa Melepas Penat di Pedalaman Tambrauw, Papua Barat

1. Perak di lautan

Perak di Lautan (wbur.org).

Barry Clifford yaitu seorang penjelajah asal Amerika Serikat pada bulan Mei 2015 silam menemukan barang antik yaitu batangan perak seberat 50 kg dari abad ke-17.

Berharap mendapat rezeki nomplok. Namun, faktanya 95 persen kandungan pada batu tersebut merupakan timah dan tak bisa dianggap sebagai barang berharga. Gagal deh jadi orang kaya mendadak.

2. Botol Wiski Macallan 1878

Botol Wiski Macallan 1878 (scotchwhisky.com).

Botol wiski Macallan 1878 pernah dibanderol memiliki nilai hingga US$ 300 ribu atau sekitar Rp 4,3 miliar. Sayangnya, di akhir tahun 2017 diketahui bahwa botol wiski tersebut dinyatakan palsu setelah melewati serangkaian investigasi.

Faktanya, botol wiski yang sebelumnya diklaim keluaran tahun 1878 ternyata diproduksi pada tahun 1970 dan dinyatakan bukan sebagai barang antik.

Warga Cina yang diketahui membeli botol wiski itu pun akhirnya meminta uangnya dikembalikan. Karena bahkan cairan emas dalam botol tersebut juga dinyatakan palsu.

Baca juga: Kemenpar Dukung BRI Online Travel Fair Dorong Pertumbuhan Pariwisata Indonesia

3. 100 juta lira Italia

100 juta lira Italia (mirror.co.uk).

Salah seorang warga asal Italia, Claudia Moretti sangat terkejut mendapati uang sebesar 100 juta lira Italia di dalam brangkas milik rumah pamannya yang telah diwariskan kepadanya.

Berharap mendapat durian runtuh, ia lantas menukarkannya ke Bank Nasional Italia. Sayang, pemerintah telah membuat aturan untuk tidak menerima penukaran uang lama sejak Desember 2011. Uang dengan nilai fantastis itu jadi tak bernilai setelah Moretti gagal di pengadilan.

4. Kendi kuno

Kendi kuno (npr.org).

Barang antik selanjutnya yang diduga bernilai fantastis adalah sebuah kendi kuno dari abad ke-19. Hal itu berawal dari salah satu program televisi Amerika Serikat, Antiques Roadshow yang mengenalkan kendi kuno yang ditaksir bernilai US$ 50 ribu atau sekitar Rp 714 juta.

Nyatanya, usai acara tersebut ditayangkan, ada seorang yang mengonfirmasi kalau kendi tersebut merupakan hasil karya temannya yang memang seniman pahat. Dalam waktu singkat, harga kendi itu pun langsung turun secara drastis.

5. Kursi antik

Palace of Versailles

Seorang penjual barang antik yaitu Laurent Kraemer ditangkap pada bulan Juli 2017 atas kasus penipuan. Kraemer diketahui menjual kursi antik ke istana Palace of Versailles sebesar USD 1,9 juta atau setara dengan Rp 27 miliar.

Kraemer mengklaim kalau kursi antik tersebut merupakan karta Louis Delanois pada tahun 1969. Namun, semua kebohongan Kraemer terbongkar saat salah satu pejabat istana melihat banyaknya kursi serupa yang dijual di pasaran. Kursi antik itu pun akhirnya dinyatakan bukan barang antik.

Itu dia lima barang antik yang awalnya diduga seharga puluhan miliar rupiah tapi kenyataannya justru gak ada nilainya. Karena itu, para kolektor sebaiknya harus lebih teliti lagi memeriksa dengan detail setiap barang antik yang ingin mereka miliki, jangan sampai malah rugi bandar karena membeli barang palsu. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan