Meski Jadul, Ternyata 5 Barang Ini Nilainya Sampai Triliunan Rupiah

3 menit
codex leicester (fanpop.com)
codex leicester (fanpop.com)

Barang antik emang unik. Saking uniknya, kalau dijual, mahalnya bisa gak tanggung-tanggung.

Lho kok bisa? Tentu aja bisa. Selain keberadaannya yang langka, ada nilai-nilai tersembunyi di balik barang-barang tersebut. Entah itu nilai dari si pembuatnya ataupun bahan pembuatannya.

Jadi wajar kalau mengoleksi barang antik itu menjadi salah satu hobi orang-orang tajir. Lha wong harganya aja mahal banget.

Asal tahu aja nih, sejauh ini ada beberapa barang antik yang dijual dengan harga yang fantastis. Bahkan, barang-barang tersebut menjadi barang yang termahal di dunia yang pernah ada.

Penasaran apa aja barangnya? Dikutip dari Ancient Origins, nih lima barang antik yang punya harga selangit.

1. Guci Dinasti Qing – Rp 1,01 triliun

Barang antik
Guci Dinasti Qing (dailymail)

Siapa yang menyangka kalau barang antik yang berasal dari Cina ini adalah barang termahal yang pernah dijual. Guci ini dilepas rumah pelelangan London dengan harga 53,1 juta poun sterling atau Rp 1,01 triliun ke miliuner Cina.

Ternyata mahalnya guci ini terletak pada motif ukiran ikan dan bunga yang benar-benar jarang ditemukan. Ditambah lagi adanya segel kaisar Cina pada guci tersebut.

Guci ini diketahui berasal dari Dinasti Qing pada masa pemerintahan Kaisar Qianlong yang berkuasa dari 1644-1912.

2. Badminton Cabinet – Rp 517 miliar

barang antik
Badminton Cabinet (pinterest)

Keindahan dari furnitur ini menjadikannya barang unik termahal kedua di dunia. Badminton Cabinet dihargai US$ 36 juta atau Rp 517 miliar pada tahun 2004.

Padahal nih, sebelumnya furnitur ini dijual dengan harga US$ 16,6 juta pada tahun 1990. Diperkirakan harganya bakal mencapai US$ 1 miliar atau Rp 14 triliun pada tahun 2064. Gokil.

Badminton Cabinet dipesan Henry Scudamore, seorang bangsawan Inggris yang hidup pada 1707-1745. Nama furnitur yang tingginya 3,6 meter ini diambil dari nama pemukiman yang bernama Badminton House.

3. Codex Leicester karya Leonardo Da Vinci – Rp 442 miliar

barang antik
Codex Leicester karya Leonardo Da Vinci (businessinsider)

Buku karya Leonardo Da Vinci ini ternyata menarik minat Bill Gates. Ia pun menggelontorkan uang sampai US$ 30,8 juta atau Rp 442 miliar buat membeli Codex Leicester pada tahun 1992.

Uniknya, semua isi buku ini adalah tulisan tangan. Bisa jadi selain faktor popularitas Da Vinci, tulisan tangan pada buku ini jugalah yang bikin harganya jadi sangat mahal.

Codex Leicester sendiri berisi catatan disertai sketsa dan diagram. Dengan menggunakan pengetahuan sains dan seninya, Da Vinci mengungkapkan gimana fosil ditemukan di gunung. Terus gimana sifat dari air dan menjelaskan beberapa teori astronomi.

4. Olyphant Battle Horn – Rp 231 miliar

barang antik
Olyphant Battle Horn (alux)

Tanduk yang difungsikan sebagai terompet perang ini dilepas dengan harga US$ 16,1 juta atau Rp 231 miliar dalam pelelangan tertutup di Eropa. Terompet tanduk ini terbuat dari gading gajah dan diukir dengan gambar-gambar binatang.

Ukirannya yang benar-benar indah dan sangat jarang ditemukan bikin terompet abad ke-11 ini punya harga jual yang fantastis.

5. Moonflask putih, biru, dan merah muda – Rp 230 miliar

barang antik
Moonflask putih, biru, dan merah muda (christies)

Porselen yang cantik ini dijual dengan harga US$ 16 juta atau Rp 230 miliar pada tahun 1987. Saat ini keberadaannya bisa ditemukan di JJ Lally & Co., New York, Amerika Serikat.

Porselen Moonflask ini dibuat antara tahun 1736-1795. Sepasang phoenix merah muda dengan ornamen warna biru yang mengelilinginya bikin siapa pun yang memandang bisa kepincut dalam sekejap. Jadi, jangan heran kalau harganya luar biasa mahal.

Itu tadi lima barang antik yang menjadi barang termahal yang pernah ada di dunia. Gak menutup kemungkinan harganya bisa naik dua kali lipat di masa mendatang. Enak banget ya punya salah satunya. Begitu dijual, langsung kaya dalam sekejap.

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!