5 Barang Ini Mendadak Langka Jelang Lebaran, Stok dari Sekarang!

ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/18
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/ama/18

Menjelang libur Lebaran seperti sekarang, banyak banget barang yang susah didapat alias langka. Kalau ada juga harganya bisa dipastikan naik drastis.

Masa-masa menantang itu umumnya dialami oleh mereka yang tinggal di kota dan gak mudik ke kampung halaman. Kenapa di kota? Karena banyak pedagang juga mudik dong. Kalau mudik, otomatis warung mereka tutup.

Biasanya tingkat permintaan juga meningkat, sementara penawaran gak bisa menampung itu semua. Selain itu, banyak juga produsen yang menghentikan produksinya saat libur lebaran. Jadi ya semakin bikin barang jadi makin langka.

Buat mengantisipasi kondisi seperti itu, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu beberapa barang yang selalu mengalami kelangkaan selama libur Lebaran. Dengan gitu, kamu jadi bisa menyetok barang-barang tersebut di rumah.

Penasaran apa aja itu? Simak selengkapnya yuk di bawah ini:

1. Gas elpiji

libur-lebaran
gas elpiji (tribunnews)

Idul Fitri adalah ajang kumpul-kumpul bersama keluarga besar. Nah, aktivitas itu juga identik dengan makan-makan.

Biar berjalan lancar, tentu aja dibutuhkan bahan bakar yang mencukupi. Apalagi kalau yang dimasak itu sejenis ketoprak, opor ayam, daging, dan makanan lain yang emang membutuhkan proses masak yang lumayan lama.

Karena itu, kebutuhan gas, baik yang ukuran tiga hingga 12 kilogram, pasti bakal melonjak tinggi.

Buat menghindari kehabisan gas, sebaiknya stok gas di rumah. Ya minimal satu tabung lah.

2. Air galon

libur-lebaran
air galon (coggle)

Air minum merupakan salah satu kebutuhan paling dasar yang selalu dibutuhkan setiap saat.

Sayangnya, air minum, khususnya yang dalam kemasan galon kemungkinan bakal langka. Padahal di momen ini sanak famili, tetangga, dan rekan kerja biasanya saling kunjung-mengunjungi. Kondisi ini tentu aja bikin konsumsi air jadi meningkat.

Sama halnya dengan produsen gas elpiji, penyedia air galon juga umumnya bakal libur. Hal itu bikin distributor dan pengecer jadi kekurangan pasokan.

Karena itu, disarankan biar kamu stok beberapa air galon di rumah buat jaga-jaga. Kamu bisa beli di tempat baisa atau minimarket.

Kalau yang disebut terakhir yang dipilih, sepertinya bakal tetap aman deh sampai lebaran. Soalnya kan minimarket gak kenal libur ya.

3. Sembako tertentu

libur-lebaran
sembako (rakyatsultra)

Sembako merupakan kebutuhan pangan pokok yang dikonsumsi setiap hari. Nah, menjelang libur, beberapa sembako menjadi sulit buat dicari, biasanya beras dan telur.

Hal tersebut karena saat bulan puasa banyak orang yang membayar zakat fitrah dalam bentuk beras. Selain itu, makanan khas Idul Fitri juga berbahan dasar beras seperti ketupat.

Produsen dan penjual kedua barang ini juga biasanya mengurangi kegiatan berniaga jelang lebaran, sehingga gak heran kalau komoditas ini jadi langka, khususnya di agen-agen kecil.

4. BBM

libur lebaran
bahan bakar minyak (fakhrurrojihasan.wordpress)

Selain bahan makanan pokok, BBM juga kerap mengalami kelangkaan saat libur lebaran.

Aktivitas menggunakan kendaraan yang meningkat drastis selama mudik secara bersamaan biasanya menyebabkan stok BBM di SPBU cepat habis.

Emang sih jasa atau produk BBM gak menghentikan aktivitas produksi. Meski gitu, gak menjamin setiap SPBU selalu menyediakan stok. Apalagi di daerah-daerah tertentu.

Karena itu buat jaga-jaga, sebaiknya kamu sedia stok BBM sebelum libur lebaran. Mentonk-mentok isi penuh tangki  bahan bakar ketika hendak mudik.

5. Makanan kaki lima

libur-lebaran
bakso (resepmakanan)

Kamu tentu udah gak heran lagi kalau selama libur lebaran banyak banget penjual kaki lima yang gak berjualan.

Umumnya mereka bakal pergi mudik karena kebanyakan penjual kaki lima adalah perantau yang berasal dari luar Jakarta. Jadi gak heran kalau menjelang dan saat libur lebaran, kita bakal susah menemukan mereka.

Daripada nanti galau karena gak bisa menyantap makanan yang kamu pengin, gak ada salahnya kalau kamu stok beberapa makanan seperti bakso maupun siomay.

Itulah lima barang yang bakal susah kamu dapatkan saat libur lebaran. Karena itu, gak ada salahnya buat stok beberapa barang tersebut dari sekarang ya.

Tapi jangan menimbun barang waktu libur lebaran terus dijual lagi ke yang lain dengan harga yang jauh lebih tinggi ya. Kalau itu sih udah masuk perbuatan kriminal namanya.

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560