Ikuti 5 Cara Mendapatkan Untung Banyak dari Minuman Beralkohol

3 menit
Ikuti 5 Cara Mendapatkan Untung Banyak dari Minuman Beralkohol, (Ilustrasi/Shutterstock).

Apapun yang menyangkut minuman beralkohol emang dinilai kontroversi di Indonesia. Itu disebabkan karena mayoritas masyarakat Indonesia beragama Islam yang jelas melarang umatnya mengonsumsi minuman keras.

Terlepas dari haram atau halalnya mengonsumsi minuman ini, tenang aja hari ini kita gak akan ngebahas soal hal tersebut. Kita justru akan membahas soal cara-cara mendapatkan keuntungan dari adanya minuman beralkohol itu sendiri.

Baca juga: Berusia 52 Tahun, Minuman Beralkohol Ini Dihargai Rp 424 Juta Per Botol

Tentu saja, caranya bukan mengonsumsi minuman itu ya. Akan tetapi mengolah, menjual, atau berinvestasi. Penasaran? Yuk, simak ulasannya di bawah ini yang udah dirangkum oleh redaksi MoneySmart.id.

1. Jual botol bekas minuman beralkohol

Jual botol bekas minuman beralkohol, (Ilustrasi/Shutterstock).

Walaupun cuma kosongan dan bekas, botol-botol minuman keras ini emang bakal laris banget kalau kamu jual. Masih banyak orang yang mengoleksi botol bekas minuman beralkohol buat pajangan atau ya memanfaatkannya demi kepentingan lain.

Baca juga: Di Negara Ini Pajak Minuman Beralkohol Naik hingga 100 Persen

Harga jualnya beragam, mulai dari Rp 17 ribuan hingga Rp 300 ribu atau jutaan rupiah juga bisa. Semua tergantung dari merek minumannya dan bentuk unik si botolnya itu sendiri. Punya teman yang rutin konsumsi miras? Jangan lupa minta botol bekasnya ya untuk kamu jual lagi.

2. Distributor peralatan buat bir

Distributor peralatan buat bir juga bisa menjadi salah satu cara menghasilan uang dan untung buat kamu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Walaupun kamu bukan peminum minuman beralkohol, tapi gak ada salahnya dong jadi distributor pernak-pernik minum bir. Barang-barang tersebut tentu sangat dibutuhkan oleh lounge maupun cafe yang menyediakan minuman beralkohol.

Perkakas yang dimaksud bisa saja berupa gelas bir, tower drink, mini keg beer brewing system, botol hip flask stainless steel, atau rak botol bir.

Baca juga: 10 Minuman Keras Termahal, Harganya Ada yang Mencapai Rp 3 Miliar

Sederhanakan? Kalau kamu punya keahlian woodwork, mungkin kamu bisa bikin sendiri pernak-pernik ini.

3. Menjual kudapan berbahan dasar bir atau alkohol

Menjual kue dengan berbahan dasar beer atau wine juga banyak diminati lho dan hasilnya cukup lumayan kok, (Ilustrasi/Shutterstock).

Udah pernah makan beer cake atau cake potong yang dibuat dengan campuran bir? Gak semua orang Indonesia mau mencicipi ini karena camilan ini emang gak halal ya.

Akan tetapi, semua tentu punya pasar masing-masing. Dan kamu yang suka baking, tentu bisa mencoba resep yang satu ini dan menjualnya dengan sistem pre-order ke para calon pelanggan.

Resepnya mudah kok, kamu bisa cari detailnya di situs cookpad. Atau kalau mau lebih mudah lagi ya lihat channel Youtube saja.

Gak cuma cake sejatinya yang bisa kamu buat. Makanan-makanan berat lainnya pun bisa, dan gak cuma bir saja yang bisa kamu gunakan untuk jadi perasa.

Sejatinya, minuman beralkohol lain jenis anggur juga bisa dipakai buat masak. Anggur atau wine jelas bisa menciptakan sensasi rasa yang istimewa dan gak tergantikan jika digunakan untuk memasak daging sapi, unggas, dan seafood.

4. Membeli saham perusahaan bir

Membeli saham perusahaan bir juga bisa menguntungkan buat kamu yang pengin mendapatkan banyak uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah yang satu ini mungkin bisa dibilang cukup cerdas, karena modalnya gak banyak, gak bikin capek, tapi untungnya berlipat. Sejatinya apa sih yang membedakan saham bir dengan saham lainnya?

Baiklah, di Indonesia ada dua saham bir yang diperdagangkan pertama adalah MLBI (Multi Bintang) dan DLTA (Delta Djakarta). Dua-duanya emang gak Likuid seperti halnya saham bank atau Blue Chip, akan tetapi perusahaan bir di sini gak akan pernah rugi.

Selain valuasinya bakal naik pelan-pelan, dividen yang bisa kamu dapatkan setiap tahun juga lumayan! Coba deh untuk nabung saham yang satu ini barangkali bisa untung gede.

5. Bekerja di perusahaan bir

Memilih bekerja di perusahaan minuman beralkohol atau bir juga bisa lho mendatangkan banyak uang kamu yang pengin mencobanya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah yang satu ini udah paling realistis di antara yang lainnya. Kerja di perusahaan yang memproduksi minuman beralkohol jenis bir juga bisa kamu lakukan lho.

Lowongan-lowongan pekerjaan di perusaahaan seperti ini banyak kok ditemui di portal pencari kerja. Akan tetapi persaingannya cukup ketat kamu mesti memiliki latar belakang yang cukup kuat serta pengalaman bagus.

Dijamin karier aman deh karena perusahaannya untung besar. Tapi, jangan kaget ya kalau kerjanya super hectic. Wajar saja bir adalah salah satu produk consumer goods.

Itulah cara-cara mencari uang lewat eksistensi minuman beralkohol. Kira-kira tertarik melakukan salah satu di antaranya? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan