Wajib Dicoba! Begini 5 Cara Mudah dan Cerdas Hasilkan Uang Saat Nganggur

3 menit
Cara menghasilkan uang meski nganggur. (Shutterstock)
Cara menghasilkan uang meski nganggur. (Shutterstock)

Cara menghasilkan uang itu sebenarnya gampang. Apalagi, di zaman yang serba digital seperti sekarang, termasuk saat kamu sedang nganggur.

Ya, saat lagi gak punya pekerjaan pasti keki banget sih karena gak ada pemasukan alias gak punya uang. Terlebih kalau kamu punya banyak cicilan yang harus dibayar setiap bulannya. Yang ada, kamu stres sendiri deh.

Tapi kamu gak perlu khawatir lho. Pasalnya, kamu tetap bisa kok mendapatkan uang meskipun lagi gak punya pekerjaan.

Lagipula, uang kan didapatkan bukan hanya dari pekerjaan aja tapi bisa dari bisnis maupun investasi. Apalagi kini udah banyak banget usaha dan investasi dengan modal kecil.

Nah, buat kamu yang lagi nganggur, kali ini MoneySmart ingin memberikan beberapa rekomendasi cara menghasilkan uang yang bisa banget kamu coba nih.

Baca Juga: 5 Pekerjaan Sampingan yang Sama Sekali Gak Menguntungkan, Jangan Coba-Coba

Gak usah berlama-lama, mending langsung intip aja yuk di bawah ini:

1. Bikin blog sendiri

Membuat blog. (Shutterstock)
Membuat blog. (Shutterstock)

Cara menghasilkan uang pertama yang bisa kamu lakukan saat menganggur adalah dengan membuat blog sendiri.

Kamu bisa memulainya dengan mengisi blog kamu dengan konten yang menarik dan bersifat memberikan pengetahuan atau informasi.

Gak perlu yang pusing-pusing kok. Misalnya, kamu suka makeup, kamu bisa tuh membuat tutorial makeup seperti beauty blogger.

Nah, disarankan agar kamu fokus pada satu topik saja tapi yang benar-benar kamu kuasai. Tujuannya adalah biar kontennya berbobot.

Emang sih, untuk menjadi blogger itu gak mudah. Tapi, asalkan kamu rajin memposting konten yang bersifat memberikan informasi dan kontennya menarik, dijamin deh perlahan nama kamu akan dikenal orang dan uang yang kamu dapatkan akan sangat menggiurkan lho.

Baca Juga: Menguntungkan, Tapi 4 Kerja Sampingan Ini Gak Semudah Kelihatannya

2. Menyewakan atau menjual barang

Menjewa barang. (Shutterstock)
Menjewa barang. (Shutterstock)

Punya kamera lengkap dengan perlengkapannya di rumah? Nah, daripada didiamkan berdebu di dalam lemari, lebih baik kamu sewakan. Lumayan kan bisa dapat uang.

Atau kamu punya banyak barang yang udah gak terpakai di rumah tapi masih layak digunakan? Daripada jadi sarang nyamuk dan bikin ruangan sempit, lebih baik kamu jual.

Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai ajang promosi. Kamu juga bisa menjual barang-barang kamu lewat online atau dengan membuka garage sale.

Selain mendapatkan uang, kamu juga mendapatkan keuntungan lain yaitu membuat rumah terlihat lebih rapi.

Baca Juga: 4 Kerja Sampingan yang Bisa Kamu Lakukan dengan Ponsel.

3. Jadi freelancer

Jadi freelancer. (Shutterstock
Jadi freelancer. (Shutterstock

Bisa dibilang, perkembangan digital yang semakin canggih membawa kemudahan buat banyak orang. Salah satunya adalah dalam menghasilkan uang.

Nah, saat menganggur kamu bisa banget tuh memanfaatkan kemampuanmu untuk meraup pundi-pundi rupiah dengan menjadi freelancer.

Misalnya, kamu bisa menulis. Yuk, manfaatkan dengan menjadi penulis lepas alias freelance writer. Fee yang kamu peroleh juga lumayan banget lho, apalagi kamu gak perlu tuh keluar uang buat makan dan transportasi. Pasalnya, pekerjaan freelance bisa kamu kerjakan di rumah. Asik banget kan?

4. Membuka jasa les privat

Buka jasa les privat. (Shutterstock)
Buka jasa les privat. (Shutterstock)

Jago Bahasa Inggris? Daripada kamu cuma tidur seharian di rumah, kenapa gak coba untuk membuka jasa les privat?

Kalau kamu belum percaya diri, kamu bisa menjajalnya dengan mengajar anak-anak. Kamu bisa membuka jasa les privat di rumah. Jadi, gak perlu keluar duit buat sewa tempat kan?

Jangan sepelekan profesi yang satu ini lho. Pasalnya, kalau kamu bisa mengajar beberapa anak didik sekaligus, maka uang yang kamu dapatkan juga lumayan besar lho.

5. Membuka jasa penitipan hewan

Buka jasa penitipan hewan. (Shutterstock)
Buka jasa penitipan hewan. (Shutterstock)

Cara menghasilkan uang lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka jasa penitipan hewan. Tapi, jenis pekerjaan ini memang benar-benar ditujukan buat kamu yang menyukai hewan peliharaan. Pasalnya kamu harus tahu betul bagaimana cara yang benar merawatnya.

Gak perlu takut gak laku, banyak banget lho orang yang membutuhkan jasa penitipan hewan peliharaan terutama saat musim liburan seperti Lebaran, Natal, maupun Tahun Baru.

Untuk mendapatkan pelanggan, kamu bisa memasang iklan online secara gratis dengan memanfaatkan media sosial kamu.

Nah, itu dia lima cara menghasilkan uang yang bisa kamu lakukan saat menganggur. Jadi, udah gak perlu takut lagi kan gak bisa bayar cicilan bulan ini? (Editor: Ruben Setiawan)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan