5 Cara Menjamu Tamu Jauh yang Anti Mainstream dan Gak Bikin Kantong Bolong

3 menit
Cara Menjamu Tamu Jauh yang Anti Mainstream (Shutterstock).
Cara Menjamu Tamu Jauh yang Anti Mainstream (Shutterstock).

Gak ada ide mau ngajak jalan-jalan saudara, teman, atau mitra bisnis yang datang dari luar Jakarta? Tenang, MoneySmart punya banyak cara menjamu tamu jauh dari luar kota maupun negeri, yang bisa kamu aplikasikan.

Menjamu tamu yang datang ke Jakarta hukumnya emang wajib. Coba saja bayangkan, seandainya kita datang ke luar kota atau negeri, pasti kita bakal merasa nyaman kalau ada yang menjamu dan mengantar kita ke tempat rekreasi.

Tapi jangan kaget ya, aktivitas ini kadang memang menguras duit. Namanya juga ngajak jalan seseorang, sudah pasti bakal keluar duit bensin, parkir, dan makan.

Pada kesempatan kali ini, kita bakal ngebahas cara menjamu tamu yang cerdas dan tentunya gak bakal nguras duit. Buat kamu yang pengin tahu lebih lanjut, mungkin ada baiknya untuk menyimak ulasannya di bawah sini.

1. Gelar pesta kecil-kecilan di rumah 

Cara Menjamu Tamu
Gelar pesta kecil di rumah (Pixabay).

Daripada ngajak jalan ke tempat makan dan keluar duit banyak, mending gelar saja pesta kecil-kecilan di rumah. Masak sendiri dan beli cemilan saja.

Buat seru-seruan, kamu bisa ajak dia untuk main board game atau nonton acara film bersama.

Kalau memang tamu yang kamu undang memiliki hubungan dengan teman atau kerabatmu yang lain, maka undang saja mereka ke rumah. Adakan pot luck party di rumahmu biar suasana makin seru.

2. Ajak ke car free day jika datangnya weekend

Cara Menjamu Tamu
Ajak ke Car Free Day (Shutterstock).

Ajang car free day di Bundaran HI hingga Senayan tentu bisa jadi cara menyambut tamu yang gak mainstream. Tapi itu menyenangkan lho. 

Di sana gak cuma bisa lari pagi saja, bisa jajan juga bukan? Dan tentunya sembari cuci mata melihat pusat Kota Jakarta.

Tapi ajakan ini tentunya hanya bisa berhasil jika tamumu adalah seorang yang memang bisa bangun pagi. Dan rajin olahraga juga tentunya.

3. Jalan-jalan ke museum

Cara Menjamu Tamu
Ajak ke museum (Shutterstock)

Ini juga bisa jadi pilihan cerdas buat menyambut tamu dari luar kota atau luar negeri. Kalau tamunya bule tentu senang banget diajak ke museum.

Gak sedikit museum-museum yang ada di Kota Jakarta. Tiket masuk museum juga murah banget tentunya, kamu yang traktir juga gak apa-apa kok. 

Di museum, tentu mereka bisa belajar banyak soal kebudayaan setempat dan melihat benda-benda bersejarah. Tentunya museum bisa jadi pilihan yang tepat dong daripada ke mall terus. 

4. Ajak ke acara resepsi nikahan teman

Cara Menjamu Tamu
Ajak kondangan (Pixabay)

Bingung mau ngajak dia ke mana di akhir pekan, coba cek kalender deh ada gak teman atau kerabatmu yang ingin menggelar pesta pernikahan. Kalau ada ya ajak saja dia ngintil ke acara.

Lumayan kan gak usah traktir-traktir makan, dan malah bisa makan gratis.

Meski demikian, ada baiknya kalau si tamu juga kenal sama kerabat yang mau nikah ya. Jadi yang lagi manten bakal merasa senang juga karena dia kedatangan tamu dari jauh.

5. Ajak ke jajan street food yang ada promonya

Cara Menjamu Tamu
Ajak jajan di pinggir jalan (Pixabay).

Daripada ngajak ke resto mahal, ajak saja dia untuk jajan street food di Jakarta. Dan sebisa mungkin pilih gerai-gerai yang sedang ada promonya. Go Food Festival contohnya, gerai-gerai lain dengan promo Ovo, Dana, dan sebagainya.

Cara ini mungkin bisa berhasil jika memang tamumu adalah seorang yang doyan jajan, dan gak terlalu ketat dalam urusan diet.

Kalau memang seringnya makan makanan sehat, dipastikan dia bakal nolak sih. Tapi opsi nomor dua biasanya bakal dijabanin.

Itulah lima cara menjamu tamu jauh dari luar kota maupun luar negeri yang ramah kantong. Selamat mencoba! (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!