5 Ciri Pekerjaan yang Memuaskan, Salah Satunya Fleksibilitas Jam Kerja

3 menit
Banyak orang beralasan pindah pekerjaan karena tidak memiliki kepuasan batin.

Apa sebenarnya tujuan kamu bekerja? Kenapa kamu harus capek-capek keluar pagi pulang malam sih? untuk apa semua itu dilakukan? Salah satu tujuan bekerja bagi sebagian besar orang adalah untuk mengembangkan diri dan mengaplikasikan ilmu saat kuliah.

Tapi di sisi lain, alasan mendapatkan penghasilan juga menjadi tujuan kamu bekerja bukan? Terlebih ketika hidup yang kamu jalani cukup berat, pasti finansial menjadi alasanmu bekerja mati-matian.

Ternyata, bekerja gak cuma mengenal itu saja lho. Apalagi kalau kamu bekerja sesuai dengan yang diharapkan.

Hal itu belum cukup membuat rasa puas dan bangga terkadang. Ada beberapa ciri yang menunjukkan pekerjaan itu bisa bikin puas kalau kamu sendiri bisa memahami apa arti bekerja yang sesungguhnya.

1. Pekerjaan yang bermanfaat bagi orang lain

Apapun bidang pekerjaannya jika dilakukan dengan baik dan benar, tentu akan bermanfaat bagi semua orang.

Ternyata, ada hal yang lebih penting dan berharga ketimbang mendapatkan gaji besar di perusahaan tempatmu bekerja. Apa itu? yakni pekerjaan tersebut bermanfaat bagi orang lain.

Apapun bidang pekerjaannya jika dilakukan dengan baik dan benar, tentu akan bermanfaat bagi semua orang, bukan hanya kamu saja.

Apalagi jika bidang pekerjaan kamu lebih banyak di lapangan. Kamu bisa bertemu dengan orang baru, bertukar pengalaman, dan saling membicarakan hal positif tentang perusahaan. Tentu hasil kerja kerasmu dan tim akan membawa banyak manfaat bukan hanya perusahaan tapi juga kamu.

2. Jam kerja fleksibel

Kerja dari kafe (Shutterstock).

Siapa sih yang gak suka bekerja secara fleksibel? Kamu bisa bekerja darimana saja dan kapan saja tanpa ikatan aturan baku. Apalagi sekarang, bekerja secara fleksibel sudah membentuk sebuah ritme bekerja di perkotaan yang seringkali terkendala kemacetan lalu lintas.

Fleksibilitas memang secara gak langsung mengajarkan kamu untuk membagi waktu dengan efektif. Sehingga bisa meningkatkan kebahagiaan, fokus kerja, dan produktivitas tentunya. Kalau sudah bekerja dengan sistem seperti ini, pasti kamu sudah merasakan kepuasan tersendiri.

3. Bekerja sesuai kemampuan

Bekerja sesuai dengan kemampuan (Shutterstock).

Ketika bekerja dengan kemampuan yang kamu miliki, pasti terasa amat menyenangkan. Kamu pasti semakin semangat untuk mencari ilmu baru demi meningkatkan produktivitas.

Dengan begini, kamu menjadi mudah mendapatkan klien dan bernegosiasi, memberikan ide cemerlang untuk kemajuan perusahaan, serta mencari solusi. Kalau sudah begitu, kamu pasti merasakan kepuasan di dunia kerja.

4. Minim sisi buruk

Suasana bekerja di kantor (Shutterstock).

Ada beberapa hal yang membuat pegawai tidak merasakan kepuasaan dalam bekerja. Mulai dari jarak dari tempat tinggal ke lokasi kerja yang jauh, suasana kantor memiliki banyak drama dan gak kondusif. Sampai ke atasan yang tidak menghargai kinerja pegawai juga menjadi alasan.

Kalau sudah begini, biasanya kamu lebih memilih pindah ke perusahaan rintisan yang tidak memiliki banyak pegawai. Hal ini tentu bukan tanpa alasan, bukan? Kamu ingin menghindari banyak problematika demi kepuasan dalam berkarier.

Di posisi seperti ini, terkadang gaji tidak menjadi penting meski mengalami penurunan dari perusahaan sebelum. Karena, kepuasan batin dalam bekerja gak bisa terselesaikan hanya dengan uang.

Bekerja di lingkungan kerja yang sehat bagus untuk perkembangan karier. Kamu gak mudah stres, berhalusinasi, bahkan bingung hingga putus asa. Kepuasan bekerja dengan nyaman akan meningkatkan kinerjamu. Coba deh.

5. Perubahan untuk berkembang lebih baik

Suasana bekerja di kantor yang nyaman dapat memberi kepuasan batin.

Kantor merupakan tempat yang terdapat dukungan sosial. Kamu bisa menemukan banyak orang baru dengan beragam karakter. Sisi positifnya, kamu bisa melakukan perubahan dalam hidup dan bisa lebih berkembang lagi.

Bertemu dengan teman kerja sangat menyenangkan, juga bisa memberi kamu ide serta inspirasi. Kamu akan merasa puas jika berhasil membantu teman yang sedang membutuhkan saat kesulitan. Begitupun dengan kamu saat berada di posisinya.

Menemukan kepuasan dalam bekerja memang gak mudah dan biasanya itu tergantung pada masing-masing orang. Mereka menemukan kepuasan dalam bekerja dengan cara yang berbeda-beda.

Kalau kamu merasa puas bekerja di dunia startup dengan sedikit staf, belum tentu temanmu merasa yang sama. Bisa jadi dia lebih puas ketika bekerja di perusahaan besar dan ternama meski gaji tidak seberapa.

Semua kembali lagi ke diri masing-masing, asalkan bekerja dengan baik, kepuasan itu lambat laun akan kamu rasakan. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!