Banner ImageBanner Image

5 Fakta Soal Pendiri Uber yang Punya Harta Rp 58,6 Triliun

3 menit
pendiri uber

Mantan CEO sekaligus pendiri Uber, Travis Kalanick, baru aja ketiban rezeki. Dia baru saja mendapat US$ 1,4 miliar. Bloomberg melaporkan, kekayaan Kalanick saat ini adalah US$ 4,10 miliar atau sekitar Rp 58,6 triliun.

Uang sebesar US$ 1,4 miliar didapat dari penjualan saham Uber yang dimiliki olehnya. Dikabarkan pula bahwa besaran saham yang dia jual nyaris sepertiga dari yang dia miliki.

Berdasarkan daftar orang terkaya di dunia versi Bloomberg, Kalanick menduduki posisi ke-519. Apakah kekayaannya bakal terus meningkat dan jadi orang terkaya nomor satu di dunia? Mungkin saja lho.

Nah buat kamu yang penasaran siapa sih om Travis Kalanic ini, berikut lima fakta yang harus kamu ketahui tentang sang pendiri Uber. Yuk simak ulasan lengkapnya di sini.

1. Mundur dari posisi CEO Uber karena didepak

 

pendiri uber
Walau penuh dengan kontroversi, dia adalah wujud dari entrepreneur sejati yang sukses (INC)

Sejatinya, Uber didirikan oleh Kalanick dan Garrett Camp pada 2009. Saat itu nama perusahaan ini adalah UbercCab. Kalanick memulai proyek Uber usai menjual  Red Swoosh.

Tapi patut diketahui bahwa pengunduran diri Kalanick disebabkan karena paksaan. Pada pertengahan 2017, dia dipaksa mundur karena dugaan penipuan yang dilayangkan oleh investor utama Uber.

Serangkaian skandal memang mewarnai Uber di tahun 2017. Beberapa di antaranya adalah budaya seksis di kantor Uber, denda dari Komisi Perdagangan AS, dan pencurian rahasia produk Waymo yang dibesut Google.

Meski sudah mundur pada Juni 2017, Kalanick tetap ada di jajaran direksi Uber. Dan meski tahun 2017 Uber didera sejumlah permasalahan, Kalanick tetap saja makmur. Padahal gak sedikit lho orang kaya yang jatuh miskin gara-gara kasus skandal.

[Baca: 7 Orang Kaya yang Punya Bisnis Tapi Jatuh Miskin]

2. Pernah di DO dari UCLA

Kalanick pernah menjalani studi di University of California, Los Angeles, lebih tepatnya di jurusan komputer. Namun dia di-dropout pada 1998 karena keinginannya untuk membantu proyek startup Scour, yang dibangun oleh temannya.

Gak lama kemudian, Motion Picture Association of America (MPAA), Recording Industry Association of America (RIAA), dan National Music Publishers Association (NMPA) melayangkan tuntutan ke Scour sebesar US$ 250 miliar. Mereka menuntut Scour atas pelanggaran hak cipta. Scour pun dinyatakan bangkrut pada tahun 2000.

3. Pernah hidup tanpa gaji selama 4 tahun

pendiri uber
Ternyata, dia pun bisa lepas dari kesulitan ekonomi selama empat tahun (Buzz Orange)

Saat menjalankan proyek Red Swoosh pada 2001, CNN turut memberitakan bahwa Kalanick mengalami keterpurukan finansial. Dia kerja tanpa gaji selama empat tahun!

Kalanick juga terpaksa pulang ke rumah orangtuanya. Dan parahnya lagi, di masa sulit itu mau gak mau dia makan mie ramen nyaris setiap hari.

4. Jadi miliarder tahun 2007

Meski dia pernah mengalami penderitaan yang cukup berat saat di Red Swoosh, Kalanick berhasil melalui masa sulit itu. Pada  2007, dia berhasil menjual Red Swoosh ke Akamai dengan nilai US$ 23 juta.

Ketika jadi orang kaya baru (OKB), pendiri Uber ini memilih untuk menikmati hidup selama setahun. Kalanick jalan-jalan keliling dunia.

[Baca: 7 Cara Rahasia Keliling Dunia Gratis yang Jarang Terpikirkan]

Beberapa negara yang dia sambangi adalah  Spanyol, Jepang, Yunani, Islandia, Greenland, Hawaii (dua kali), Prancis (dua kali), Australia, Portugal, Cape Verde, dan Senegal. Seru banget yah!

5. Kalanick sering disebut sebagai orang nekat yang arogan

pendiri uber
Gak nekat ya gak jadi founder (business Insider)

Business Insider melaporkan, beberapa orang terdekat Kalanick kerap menyebut pria kelahiran 6 Agustus 1976 ini sebagai pria nekat yang juga arogan. Tapi itulah yang dinyatakan sebagai kunci kesuksesan Uber, walaupun akhirnya hal itu justru jadi bumerang buat Kalanick.

Memang sih, tanpa Kalanick maka gak bakalan ada Uber yang seperti sekarang ini. Selain lahir karena inovasi, Uber memberikan banyak perubahan baru. Pelaku bisnis lama seperti taksi konvensional, akhirnya terancam dengan lahirnya Uber.

Itulah lima fakta yang harus kamu ketahui tentang pendiri Uber, Travis Kalanick. Meski Kalanick terlihat kontroversial, tapi patut kamu ketahui bahwa perjuangannya untuk sukses benar-benar dimulai dari nol.

Apa yang dia ciptakan saat ini terbukti sangat membantu bukan? Maka gak heran deh kalau sekarang hartanya triliunan.

[Baca: 5 Pengusaha UKM Ini Sukses Memulai Bisnis dari Nol, Inspiratif!]

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan