Berpotensi Bunuh Tesla, Ini 5 Fakta Rivian Automotive yang Didanai Amazon

4 menit
Berpotensi Bunuh Tesla, Ini 5 Fakta Rivian Automotive yang Didanai Amazon, (Instagram/@rivianoffcial).

Nama Rivian Automotive mungkin gak pernah kamu dengar. Tapi Forbes blak-blakan menyebut bahwa merek otomotif ini adalah ancaman besar bagi Tesla yang gak lain pabrikan mobil listrik milik Elon Musk.

Rivian Automotive yang berbasis di Michigan merupakan produsen mobil listrik yang berhasil mengembangkan teknologi EV. Mereka mendesain produk-produk otomotif buat  masyarakat dengan gaya hidup “aktif”.

Mereka pun tengah mengembangkan sebuah produk berupa mobil tanpa sopir!

Dalam ajang Los Angeles Motor Show, Rivian juga udah memperkenalkan R1S. Mobil SUV tujuh penumpang itu dibekali  empat motor listrik di empat rodanya, yang berguna sebagai poros putar penggerak mobil. Dimana setiap motor listrik mampu menghasilkan tenaga mencapai 197 bhp.

Kalau ditotal-total, tenaga mesinnya jelas bisa mencapai 754 bhp lho! Dan angka sebesar itu jelas setara dengan hypercar walaupun desain mobilnya agak kaku.

Penasaran dengan fakta-fakta seputar perusahaan Rivian Automotive ini? Berikut ulasannya.

Baca juga: Mengulas Harga Mobil Suzuki 2019, Mulai dari Rp 100 Jutaan Aja

1. Mereka sempat bercita-cita membuat mobil super irit

Tampilan mobil listrik keluaran Rivian, (Instagram/@rivianofficial ).

Kalau konsumsi bensin mobil 1.500 cc biasanya 1 liter buat 10 hingga 13 km, nah Rivian Automotive di tahun 2009 pernah punya cita-cita membangun mobil super irit. Kalau bisa mengkonsumsi bahan bakar 3,92 liter per 100 km. Kalau benar ada sih pasti laris banget.

Meski demikian, mereka justru berubah haluan dan memutuskan buat menciptakan mobil listrik tanpa sopir di tahun 2011. Perusahaan yang dipimpin oleh R.J. Scaringe ini pun mendapat suntikan dana yang cukup besar di tahun 2015 dan lambat laun mereka berkembang.

Saat itulah Scaringe dan tim mulai melakukan riset mendalam soal produknya. Tapi intinya, sebelum produk itu jadi, ekosistemnya juga harus dibangun dulu dong. Dalam situsnya, Rivian berpendapat bahwa transportasi mestinya bikin kita bebas. Mereka pun bakal mendesain sebuah produk yang bisa menginspirasi masyarakat di dunia ini untuk keliling dunia.

Baca juga: 5 Mobil 4×4 Ini di Bawah Rp 500 Juta, Gak Semahal Milik Bupati Pandeglang

2. Membeli pabrik ex-Mitsubishi

Amazon memberikan suntikan dana ke Rivian Automotive dengan nilai yang cukup fantastis, (Instagram/@rivianofficial ).

Di tahun 2016, Rivian Automotive melakukan negosiasi pembelian pabrik mobil yang dulu merupakan milik Mitsubishi. Alhasil, mereka pun resmi mengakuisisi pabrik itu di tahun 2017.

Peristiwa akuisisi ini pun kerap disamakan dengan proses akuisisi pabrik otomotif NUMMI yang dilakukan Tesla. Alih-alih membangun pabrik baru, kedua produsen mobil listrik ini justru mengakuisisi pabrik perakitan mobil, cerdas juga ya.

Di tahun 2016, karyawannya masih berjumlah 100 orang tapi setahun kemudian bertambah jadi 160. Sumitomo Corporation pun menyuntik dana ke Rivian pada akhir 2017 dan mereka sukses membuat produk prototipe pertamanya.

Baca juga: Fantastis! Mobil Terbaru Pabrikan Bugatti Ini Harganya Capai Rp 271 Miliaran

3. Produk pertama mereka adalah SUV dan double cabin

Produk pertama mereka adalah SUV dan double cabin, (Instagram/@rivianofficial).

Alih-alih sedan atau hatchback bertenaga listrik, Rivian Automotive justru membuat sebuah double cabin pickup lima penumpang dan SUV. Tapi semuanya bertenaga listrik.

Produk itulah yang akhirnya dipamerkan di Los Angeles Autoshow 2018, dan pada 2020 mendatang produksi massalnya akan berjalan. Intinya, dua kendaraan itu sudah siap mengaspal deh.

4. Sekarang punya lebih dari 750 pegawai dan dapat suntikan dana

Sekarang punya lebih dari 750 pegawai dan dapat suntikan dana, (Instagram/@rivianofficial).

Di tahun 2018, perusahaan ini memang mengalami perkembangan yang cukup pesat. Jumlah karyawannya mencapai 250 orang dan mereka juga berutang ke Standard Charttered Bank sebesar US$ 200 juta atau Rp 3,2 triliun demi  modal usaha.

Selain itu, mereka juga mendapat suntikan dana dari perusahaan Arab Saudi, Jamal Abdul Latief.

Singkat cerita, kini Rivian Automotive kini udah memiliki 750 orang karyawan. Mereka pun memiliki fasilitas perakitan mobil di Illinois, Michigan, California, dan Inggris!

5. Amazon menyuntikan dana sebesar Rp 11 triliun

Amazon menyuntikan dana sebesar Rp 11 triliun, (Instagram/@rivianoffcial).

Dan kabar yang mengejutkan adalah, di tahun ini perusahaan milik orang terkaya di dunia yaitu Jeff Bezos telah menyuntik dana sebesar US$ 700 juta atau Rp 11 triliun ke Rivian!

Wow! Ada apa ya, kok Amazon jadi ikut-ikutan. Gak nutup kemungkinan perusahaan ini bakal jadi pesaing berat Tesla di kemudian hari. Kalau dipikir-pikir, kepemilikan saham Rivian oleh Amazon adalah hal yang menguntungkan. Pasalnya, Amazon juga memiliki usaha di bidang logistik. So, berguna banget dong kalau mereka punya saham di industri otomotif.

Itulah lima fakta Rivian Automotive yang mesti kamu ketahui. Gimana ya, kayaknya Rivian bakal jadi raksasa baru yang bisa mengancam eksistensi Tesla. Apalagi mereka juga udah mendapatkan kucuran dana dari Amazon! Kira-kira persaingan apa yang bakal terjadi di tahun 2020 nanti di dunia otomotif? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.