Usung Konsep Zero Waste, Ini 5 Hotel Ramah Lingkungan Terbaik di Indonesia

4 menit
Hotel Ramah Lingkungan
Alilas Villa Uluwatu Bali (Shuterstock).

Isu pemanasan global tidak bisa dianggap remeh. Setiap detiknya ada gletser yang mencair di sejumlah titik. Itu menjadi bukti kalau pemanasan global bukan isapan jempol semata. Untuk itulah hotel ramah lingkungan diperlukan.

Sebagai generasi milenial, kamu juga sebaiknya mulai berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan. Cara paling mudah adalah dengan ikut kampanye Earth Hour. Semua partisipan cuma perlu memadamkan lampu selama satu jam (20:30 – 21:30 zona waktu lokal).

Kalau kamu seorang traveler, cara berkontribusi lainnya bisa dilakukan dengan memilih penginapan yang ramah lingkungan. Untuk urusan ini, Traveloka yang juga ingin mencegah dampak pemanasan global meluas, punya rekomendasi hotel ciamik yang bisa dipertimbangkan. Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

1. Soori Bali

Soori Bali, Hotel Ramah Lingkungan
Soori Bali

Soori Bali terletak di kawasan Tabanan dan diapit oleh area persawahan juga pantai.  Kamu bebas memilih pemandangan yang sama-sama menyegarkan. Alasan lain kenapa kamu sebaiknya memilih Soori Bali adalah karena resor ini punya C3 Global EarthCheck Standard untuk kategori bangunan, perencanaan, dan desain.

Desain dan material di setiap sudut resor ini dirancang khusus agar tidak merusak lingkungan. Batuan alam dan banyaknya ventilasi membuatmu tak perlu menyalakan AC untuk merasa sejuk. Jadi menginap di sini akan membuatmu merasa sebagai salah satu penyelamat lingkungan karena tidak menambah beban bumi. Penggunaan air juga dihemat dengan digunakannya peralatan mandi yang efisien sehingga air tak terbuang percuma.

Selain upayanya menjaga kelestarian alam, Soori Bali juga perlu diacungi jempol untuk inisiatifnya dalam melibatkan warga sekitar mulai dari proses pembangunan resor hingga layanan operasionalnya saat ini. Tak hanya itu, resor ini juga aktif berkontribusi pada lingkungan sekelilingnya dengan mengadakan kelas Bahasa Inggris untuk anak SD sekitar dan menggunakan sayuran juga buah segar dari pasar lokal terdekat.

2. Alila Solo

Alila Solo, Hotel Ramah Lingkungan
Alila Solo

Jika dilihat dari luar, Alila Solo tak tampak berbeda dari hotel berbintang lainnya. Bangunannya terkesan modern dan berada di tengah kota. Tapi sebenarnya, Alila Solo menerapkan konsep ramah lingkungan tersendiri.

Buktinya, hotel ini memiliki sertifikat Bronze Benchmarked dari Earthchecked di tahun 2017. Tak hanya itu, Alila Solo juga menerima sejumlah penghargaan nasional dalam upayanya tetap aktif menjaga kelestarian alam sekitar.

Beberapa hal yang dilakukan oleh Alila Solo adalah dengan merancang konstruksi bangunan agar tetap sejuk tanpa harus menggunakan AC berlebih. Sistem pencahayaan seluruh bagian hotel juga tak semata mengandalkan lampu dari tenaga listrik.

Hal menarik lainnya adalah diberlakukannya Sewage Treatment Plant yang merupakan pengolahan limbah air dengan maksimal. Limbah air diolah dan dimanfaatkan kembali untuk menyiram tanaman, jadi tidak dibiarkan mengalir ke saluran pembuangan air kota begitu saja.

Meski berada di tengah kota, bukan berarti kamu tak menemukan pemandangan menarik dari Alila Solo. Menjelang senja, cobalah naik ke rooftop di lantai 29 untuk menikmati pemandangan kota Solo dari ketinggian dan buktikan sendiri bagaimana indahnya.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Alila Villas Uluwatu

Alila Villas Uluwatu, Hotel Ramah Lingkungan
Alila Villas Uluwatu

Menginap di Alila Villas Uluwatu adalah sebuah kebanggaan. Resor ini merupakan resor pertama di Indonesia yang menyandang sertifikat dari Green Globe di kategori Enviromentally Sustainable Design.

Alila Villas Uluwatu bersama hotel jaringan Alila lainnya menerapkan konsep Alila Zero Waste to Landfill. Artinya, Alila berusaha semaksimal mungkin mengolah limbah hingga tidak merusak lingkungan sekitarnya. Limbah organik dari resor digunakan sebagai pupuk di kebun milik Alila. Hasil kebun seperti sayur dan buah yang segar dan terjaga kualitasnya dijadikan bahan makanan di setiap resor.

Secara desain, bangunan di Alila Villas Uluwatu dirancang dengan konsep modern yang sangat peduli pada kelancaran sirkulasi udara dan cahaya untuk menghemat penggunaan tenaga listrik. Cobalah memesan kamar dengan kolam renang pribadi dan nikmati pemandangan yang menyatu dengan perairan luas dan desir angin pantai yang menyejukkan. Saat ini ada harga spesial khusus untuk pemesanan Hotel Alila Villas Uluwatu di link ini, lho.

4. Kamojang Green Hotel Garut

Kamojang Green Hotel Garut, Hotel Ramah Lingkungan
Kamojang Green Hotel Garut

Konsep akomodasi dengan pemandangan dan nuansa pedesaan kini kerap dicari oleh para traveler. Kamu juga? Jika iya, Kamojang Green Hotel Garut bisa jadi pilihan menghabiskan akhir pekan dan kabur dari suasana perkotaan yang bising dan penuh kemacetan.

Kamojang Green Hotel Garut disebut-sebut sebagai Ubud-nya Jawa Barat. Di sini, kamu bisa menginap di cottage yang berada di tengah danau dengan latar pegunungan. Bangunan di sini dibuat dengan material kayu yang dipoles cantik sehingga tampak elegan sekaligus hangat saat malam dan sejuk saat siang.

Jangan lupa untuk menikmati hidangan khas dari Kamojang Green Hotel Garut yang dibuat dari bahan ikan dengan bumbu lezat khas Jawa Barat. Saat bersantap, kamu juga bisa memanjakan mata karena pemandangan area persawahan dan pegunungan benar-benar membuat momen sarapan dan makan siangmu jadi lebih berkesan.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Hilton Bandung

Hilton Bandung, Hotel Ramah Lingkungan
Hilton Bandung

Jika ditanya tentang seberapa besar upayamu menjaga lingkungan, Hilton Bandung bisa dengan percaya diri menjawab bahwa mereka telah berkomitmen pada konsep Zero Waste sejak lama.

Kamu tak akan menemukan alat makan berbahan plastik di hotel ini. Peralatan makan dari plastik telah diganti ke kertas atau material lain yang ramah lingkungan. Termasuk di ruangan meeting, minuman untuk peserta tidak akan dibungkus dalam wadah plastik, tapi botol kaca atau dispenser. Selain itu, pola hemat energi lainnya juga diterapkan dengan cara mengurangi penggunaan air dan listrik berlebih.

Saat berencana menginap dalam waktu yang lama, Hilton Bandung akan menyarankanmu untuk memperpanjang waktu penggunaan handuk dan tidak minta diganti setiap hari. Hal ini dilakukan untuk mengurangi limbah sabun cuci. Laundry bag juga menggunakan bahan kain alih-alih plastik yang berdampak buruk pada lingkungan kita.

Nah itu tadi lima hotel ramah lingkungan terbaik yang bisa kamu pesan untuk pelesiranmu minggu depan. Kelima hotel unik di atas tak hanya memiliki pemandangan hijau dan nyaman untuk beristirahat, tapi juga menawarkan pengalaman berbeda saat traveling. Jangan lupa dipesan saat kamu berencana traveling dengan suasana asyik yang ramah lingkungan, ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be