Super Nyeleneh, 5 Ide Bisnis Ini Justru Sukses Besar

Dogglles(flickr.com)
Dogglles(flickr.com)

Ide bisnis yang unik dan gak terpikirkan orang lain adalah salah satu resep keberhasilan bisnis yang akan dijalani. Katanya, buatlah bisnis yang dapat memenuhi kebutuhan orang lain. Namun, gak semua kebutuhan terpikirkan sampai fitur tersebut diciptakan.

Misalnya, siapa sih yang butuh alat yang bisa menyuapi orang? Tapi, kalau tiba-tiba alat tersebut ada dan dapat bekerja dengan baik, mungkin aja banyak karyawan atau mahasiswa yang jadi merasa butuh karena sering gak punya waktu buat makan saking sibuknya.

Meski begitu, gak jarang kita menolak mentah-mentah ide yang terlintas di pikiran. Bisa jadi karena kita berpikir ide tersebut terlalu konyol atau “gak mungkin”.

Alhasil, ratusan ide bisnis yang sempat terlintas menguap gitu aja. Padahal, sekalipun tampak konyol, jika dieksekusi dengan tepat, bukan gak mungkin bisnismu sukses di pasaran.

Contohnya kayak deretan bisnis di bawah ini. Kamu mungkin gak pernah nyangka bahwa hal-hal nyeleneh ini ternyata bisa jadi ladang harta.

1. Pelatihan kucing ke toilet

ide bisnis
(Image: hobrr)

Bagi pemilik kucing, mungkin pernah merasakan repotnya membersihkan kotoran hewan berbulu tersebut. Meski sering dibuat gemas oleh tingkah kucing yang tak terduga, saat kucing peliharaan buang air sembarangan pasti merasa kesal juga.

Masalah inilah yang berhasil diatasi oleh Rebecca Rescate. Gara-gara memelihara kucing di apartemen kecil, Rescate harus putar otak agar kucingnya gak sembarangan mengotori tempat tinggalnya itu. Alhasil, ia pun mencoba berbagai cara melatih kucing untuk buang air di toilet.

Setelah sekian kali gagal, Rescate akhirnya menemukan cara sederhana melatih kucingnya. Gak disangka, gagasan tersebut berubah menjadi bisnis beromzet miliaran rupiah.

Perempuan asal Philadelpia ini menciptakan perlengkapan pelatihan toilet bagi kucing yang ia namakan CitiKitty. Perlengkapan pelatihan CitiKitty berupa alas yang ditempatkan di tepi toilet. Pada awal penjualan, CityKitty dijual seharga US$ 24,9 atau Rp 300 ribu (dengan kurs Rp 12.000).  

Saat ini, alat pelatih kucing ini bisa kamu dapatkan di ribuan toko di Amerika Serikat. Kamu pun bisa menemukan CityKitty di berbagai e-commerce lokal.

2. Kacamata binatang

ide bisnis
(Image: telegraph)

Kamu pasti pernah dong merasa silau saat matahari sedang terik-teriknya. Tapi, tentu bukan masalah besar karena kamu bisa gunakan kacamata pelindung. Pernah terpikir gak, bagaimana jadinya jika hewan juga merasakan hal yang serupa?

Gara-gara hobi mendandani anjing peliharaanya, Roni Di Lullo jadi pengusaha kaya. Di Lullo menciptakan kacamata khusus anjing yang ia namakan Doggles. Kacamata ini terinspirasi dari anjingnya yang gak bisa mengambil Frisbee karena mata anjingnya terkena sinar matahari yang terlalu terik.

Awalnya, Di Lullo mencoba memasangkan kacamata biasa pada anjingnya. Namun, tidak ada kacamata yang pas dengan bentuk wajah hewan peliharaannya tersebut. Alhasil, ia membuat desain kacamata sendiri.

Ternyata, kacamata buatannya diminati para pemilik hewan peliharaan. Ia akhirnya membuat Doggles dalam berbagai ukuran dan bentuk agar dapat dikenakan anjing jenis apa pun.

Bingkai Doggles dirancang tidak mudah pecah, anti embun, dan anti sinar ultraviolet. Selain itu, Di Lullo juga menambahkan tali elastis untuk dikaitkan pada dagu anjing agar kacamata ini gak mudah jatuh saat dipakai. Kreatif banget yah?

3. Jasa sewa teman hingga pacar palsu

ide bisnis
(Image: pcmag)

Pernah nonton A Bride for Rip Van Winkle (2016)? Di film Jepang ini, pemeran utamanya menggunakan jasa sewa teman sebagai tamu undangan di pernikahannya. Tujuannya biar pernikahan gak tampak sepi dan tidak terlihat menyedihkan bagi keluarga pasangan.

Gak disangka-sangka, ternyata Jepang beneran punya perusahaan dengan jasa serupa.

Perusahaan yang menyediakan jasa sewa teman palsu ini bernama Family Romance. Di situs resminya, klien dapat memilih teman palsu berdasarkan kriteria yang mereka harapkan.

Kalau kamu mau pencitraan biar terlihat populer, bisa pesan aktor atau artis juga. Biaya sewanya akan ditentukan berdasarkan orang yang kamu sewa.

Untuk kriteria yang standar, biaya yang dikenakan sekitar US$ 71 atau Rp 947 ribu (kurs 1 US$ = Rp 13 ribu) per orang selama dua jam. Sedangkan, jika orang yang kamu sewa seorang aktor, biayanya melonjak jadi Rp 2,3 juta per dua jam.

Di Indonesia sendiri, jasa serupa telah bermunculan sejak beberapa tahun belakangan. Salah satunya adalah Partnered-Up, jasa partner wisuda yang digagas oleh Irfan, alumnus Institut Pertanian Stiper Yogyakarta. Pada awal-awal memulai bisnis ini, Irfan bisa mendapatkan Rp 150-200 ribu per hari.

Hmm, para jomblo tertarik pakai jasa ini gak?

4. Plesetan brand terkenal

Title: milksocks Categories : socks Idr : 65.000 (exclude shipping) One size fits all ➖ Order form: Name | phone number | address | tittle I categories I quantity ➖ Contact: Text message / Whatsapp : 085775863322 ID Line : @kamengski (use @) ➖ Pemesanan akan dilayani setiap hari Senin s/d Minggu dari pukul 08.00 – 19.00 wib. Barang akan dikirim keesokan harinya setelah melakukan pembayaran. Hari Sabtu dan Minggu hanya melayani pemesanan saja, tidak ada pengiriman barang. ➖ Harap bersabar, karena pemesanan akan dibalas satu persatu aku sayang ibu. Untuk nomor resi, dapat diminta 4 hari setelah barang dikirim. ➖ Segara lakukan pemesanan sekarang juga because karena this is very limited yang terbatas.

A post shared by Kamengski Catalogue (@kamengski_stuff) on

Said Sulaiman, lulusan Desain Grafis IKJ berhasil menjalankan bisnis konveksi dengan ide yang sedikit nyeleneh. Bisnisnya ia beri nama Kamengski. Berawal dari keisengannya, ia memplesetkan nama brand-brand populer dari luar negeri dengan rasa Indonesia. Hasil plesetan tersebut dijadikan desain pada kaos, topi, kaos kaki, dan produk Kamengski lainnya.

Contohnya kayak brand Nike yang diplesetkan jadi Nike Ardila, logo New Balance (NB) yang diubah jadi KB, atau Slam Dunk yang disulap jadi Hetty Koeslamdunk. Parodi merek-merek luar tersebut bisa bikin pembacanya jadi senyum-senyum sendiri.

Keunikan Kamengski ini ternyata banyak peminatnya. Said mengaku berhasil mendapatkan omzet pada kisaran puluhan hingga seratus juta per bulan. Padahal, modal awal yang ia pakai dalam menjalankan bisnis ini hanya Rp 300 ribu aja.

5. Permata abu mayat

ide bisnis
(Image: irakbuzz)

Bisnis ini terdengar mengerikan sih. Tapi, ide bisnis ini datang dari hal yang mengharukan. Sebuah perusahaan kremasi asal Korea Selatan, Bonhyang, mencoba memahami beban keluarga yang salah satu anggotanya meninggal dunia.

Mereka mengubah abu kremasi jenazah menjadi kristal agar anggota keluarga dapat menyimpannya dalam bentuk permata. Kebanyakan, permata yang dihasilkan berwarna biru-hijau, hitam, ungu, atau merah muda.

Sekalipun tarif yang dipasang gak murah, yaitu mencapai belasan juta rupiah, namun sudah ratusan warga Korea yang menggunakan jasa ini.

Hampir semua bisnis di atas terinspirasi dari masalah yang dialami sendiri. Oleh sebab itu, cari ide bisnis gak perlu mikir terlalu jauh. Kamu bisa memulainya dengan memikirkan “masalah-masalah” dalam hidupmu yang ingin kamu pecahkan.

 

Nah, kamu sendiri punya ide bisnis nyeleneh lain yang menurutmu bakalan sukses gak? Yuk share di kolom komentar!

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong