5 Ide Promosi Bisnis Online yang Tepat Sasaran

3 menit
promosi bisnis online

Bisnis online memang menggiurkan. Tapi, daya tarik bisnis modern ini bisa menimbulkan dilema.

Dari segi pengoperasian, bisnis online terbilang lebih gampang dijalankan ketimbang bisnis offline. Karena itulah banyak orang yang tertarik terjun ke dalamnya.

Tak pelak, ceruk bisnis ini penuh dengan pesaing. Menurut berita di Kompas, jumlah pelapak di salah satu situs e-commerce terkenal di Indonesia mencapai ratusan ribu pada awal 2016. Targetnya, jumlah itu menjadi 2 juta! Itu baru satu situs, lho.

Jadi, untuk bisa sukses berbisnis online, gak cukup hanya asal bisa buka toko online. Lebih dari itu, diperlukan ide promosi bisnis online agar usaha tersebut maju dan dikenal orang.

[Baca: 6 Alamat untuk Bikin Website Gratis untuk Bisnis Online]

Yang sering menjadi masalah adalah menarik pasar yang tepat untuk bisnis online tersebut. Saat toko online sudah dibuka, langkah selanjutnya memang haruslah berpromosi. Promosi bisnis online ini bertujuan memberi tahu pasar, “Hei, ini ada layanan baru buat kalian. Dijamin puas!”

“Puas” menjadi kata kunci dalam bisnis, termasuk bisnis online. Sekali pembeli merasa puas, tidak mustahil statusnya berubah menjadi pelanggan. Bukan hanya pembeli.

Berikut ini ada 15 ide promosi bisnis online yang tepat sasaran pada pasar:

1. Beli 1 dapat 2

Bonus sering dicari orang saat hendak membeli sesuatu. Ini trik lawas, tapi masih manjur. Agar promosi lewat bonus lebih terasa hasilnya, berikan bonus yang membuat orang beli lagi justru untuk bonus tersebut.

promosi bisnis online
Promo yang kadang bikin gak nahan nih

Misalnya beli baju atasan 1 dapat 2. Nah, pajang deh bawahan yang klop dengan atasan yang menjadi bonus di etalase. Bisa jadi setelah dapat bonus, si pembeli membeli bawahan itu juga karena dianggap serasi.

2. Kasih korting

Korting alias diskon juga cara lama.. Kalau bisnis offline, diskon bisa diberikan lewat tawar-menawar. Lakukan hal yang sama di bisnis online. Misalnya, taruh pengumuman “BBM untuk menawar harga”. Dengan begitu, nanti bisa tawar-tawaran lewat obrolan di BBM.

Gunanya, kita bisa pasang diskon beda untuk satu barang. Jadi, selisih keuntungan berlainan. Misalnya dengan pelanggan A kita bisa untung Rp 5.000, dengan B bisa Rp 10 ribu. Coba kalau pasang diskon sama, selisih untung sama juga. Gak bisa ambil selisih lebih banyak.

3.Nge-twit

Gak ada gunanya bikin promosi bisnis online kalau gak disebarkan. Bikinlah akun media sosial khusus untuk bisnis itu. Jadi, apa pun promosi yang sedang ada bisa disebarluaskan.

promosi bisnis online
Twitter juga ampuh dan gratis loh buat promosi

Media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram, dan Path juga bisa dipakai untuk menjaga komunikasi yang baik dengan pelanggan. Komunikasi penting agar pelanggan terus merasa puas oleh layanan kita.

4. Bebas ongkir

Ongkir alias ongkos kirim sering jadi penghambat ketika orang mau beli barang online. Sebab, bisa-bisa ongkir lebih mahal ketimbang harga barang. Karena itu, promosi bebas ongkir bisa menjadi pilihan.

Tapi, kita perlu riset dulu soal ongkir ke daerah-daerah di Indonesia. Mungkin gratis ongkir hanya berlaku untuk tujuan pengiriman ke satu pulau saja. Jadi, kita gak nombok buat ngirim barang tersebut ke daerah yang terlalu jauh.

5. Bikin keterangan komplet

Saat berbisnis online, keterangan soal barang dagangan di situs mesti komplet plet plet. Sebab, pembeli lebih terbatas aksesnya ketimbang di bisnis offline, yang lapaknya ditunggui langsung oleh pedagangnya.

Dengan adanya keterangan yang komplet, pembeli bisa lebih yakin mau beli dagangan kita. Misalnya jual baju, ya ditulis ukurannya dalam sentimeter, gak hanya L, XL, M. Sebab, ukuran itu bisa beda-beda. Begitu juga soal garansi kalau ada.

[Baca: Kenali 3 Kunci Penting untuk Menjadi Pebisnis Online yang Sukses]

Meski dirimbuni pedagang online, bisnis di dunia maya ini belum penuh! Bahkan bisa dibilang bisnis online gak bakal bisa penuh saking luasnya pasar.

promosi bisnis online
Pakai situs marketplace juga dong biar afdhol

Tapi, untuk bertahan dan menguasai pasar tertentu, kita gak hanya bisa sekadar eksis. Lima ide promosi bisnis online di atas bisa dicoba. Semoga sukses dengan bisnis online kalian semua, ya!

[Baca: Apa Saja Sih Persiapan Sebelum bisnis Online? 10 Hal Ini Bisa Kamu Terapkan]

 

Image credit:

  • http://i00.i.aliimg.com/img/pb/534/273/891/891273534_491.jpg
  • https://cdn.bisnisukm.com/2015/05/twitter-marketing-760×540.jpg
  • http://d1vqbpto5tbbz0.cloudfront.net/blog/wp-content/uploads/2015/07/22130053/Marketplace.jpg
Hardian
Hardian

Sebagai penulis dan penyunting, saya sangat akrab dengan tenggat alias deadline. Dua profesi ini mengajari saya tentang betapa berharganya waktu, termasuk dalam urusan finansial. Tanpa rencana dan kedisiplinan soal waktu, kehidupan finansial pastilah berantakan. Cerita inilah yang hendak saya bagikan kepada semuanya lewat beragam cara, terutama tulisan.