5 Ide Resolusi Positif Tahun Baru 2019 yang Bisa Kamu Terapkan

4 menit
Resolusi tahun 2019 (Shutterstock).

Tahun 2019 sudah berada di awal kehidupan saat ini. Membuat resolusi di tahun ini tentu saja menjadi agenda sendiri bagi kamu untuk mempersiapkan apa saja yang bakal dilakukan.

Tujuan dibentuknya resolusi adalah untuk memicu diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Mengawali tahun baru 2019, menjadi momen yang tepat untuk membuat suatu resolusi atau perubahan.

Perubahan di sini tentu saja diartikan sebagai perubahan yang positif untuk dilakukan dalam setahun kedepan. Namun, tentu saja tak sedikit dari kita yang masih merasa bingung dan membutuhkan inspirasi.

Menjadi pribadi yang lebih baik di tahun baru 2019 bisa dimulai dari hal-hal kecil yang sederhana. Berikut Traveloka memberikan ide untuk dapat kamu gunakan sebagai referensi dalam menentukan resolusi di tahun 2019 ini.

Baca juga: Tidak Hanya Pantai yang Indah, Banten Miliki Segudang Destinasi Wisata Lainnya

1. Meningkatkan Aktivitas Kembali ke Alam

Back to nature (Shutterstock).

Kembali ke alam, menghirup udara segar, memandangi pantai atau berjalan-jalan di taman membawa manfaat yang sangat besar. Dibanding menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer/gadget, atau berjalan-jalan mengitari mall dan mengurung diri di rumah.

Dengan lebih meningkatkan aktivitas kembali ke alam akan memberikan banyak manfaat untuk kamu khususnya kesehatan jiwa. Kemudian manfaat lainnya adalah aktivitas di luar ruangan akan mengurangi kecemasan, dan efek negatif pada pikiran. Sehingga menjadi lebih positif dan bahagia.

Dengan pikiran yang positif dan bahagia tentunya akan membuat kita lebih produktif dalam melakukan pekerjaan kita sehari-hari. Melakukan aktivitas kembali ke alam dapat dilakukan dengan melakukan staycation atau liburan ke suatu destinasi alam.

Kamu dapat mencari inspirasi destinasi alam yang menarik melalui aplikasi Traveloka khususnya dalam fitur “Go Beyond” yang akan merekomendasikan beberapa destinasi seperti Pulau Derawan, Bangka Belitung, Bromo Tengger Semeru, dan masih banyak destinasi alam menarik lainnya hanya dengan sentuhan jari.

2. Perbanyak Waktu bersama Orangtua

Perbanyak Waktu bersama Orangtua (Shutterstock).

Padatnya aktivitas dan pekerjaan membuat kamu hanyut dalam kesibukan sendiri. Tanpa disadari, kamu jadi jarang meluangkan waktu untuk orangtua. Padahal, perlu loh untuk meluangkan waktu dengan mereka. Apalagi buat kamu yang sudah hidup mandiri.

Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan untuk mempererat hubungan adalah dengan melakukan makan siang atau makan malam bersama di restoran terbaik. Tak hanya makan bersama, kamu juga dapat mulai merencanakan liburan atau sekadar staycation bersama mereka.

Baca juga: Sambut Tahun Babi Tanah, 6 Zodiak Ini Bakal Sukses Berkarier di 2019

3. Memperluas Relasi

Memperluas Relasi (Shutterstock).

Manfaat dari membangun dan merawat relasi atau bisa disebut networking sudah kita sadari. Rajin dan piawai dalam membangun relasi akan membangun akses, berpeluang untuk mendapatkan dukungan, membuka peluang bisnis.

Kemudian mendapatkan informasi atau ilmu terkini, atau bisa juga dapat berkesempatan berpromosi tentang bisnis serta berjibun manfaat lainnya.

Maka dari itu, meningkatkan relasi dapat dimasukkan ke dalam daftar resolusi di tahun baru ini. Mungkin beberapa dari kamu bingung bagaimana cara meningkatkan relasi, salah satu caranya dengan mengikuti kegiatan sosial.

Seperti mendaftarkan diri sebagai volunteer sebuah acara. Atau bisa juga dengan mengikuti seminar atau workshop yang dapat membuatmu menemukan rekan baru. Cara lain yang mungkin dapat dilakukan tanpa jalur formal adalah dengan pergi berlibur. Dengan pelesiran, kamu pasti bertemu dengan orang baru. Hal ini dapat dijadikan peluang untuk membangun relasi dengan orang baru.

4. Memulai Hidup Sehat

Memulai Hidup Sehat (Shutterstock).

Bukan hanya tentang kehidupan yang lebih baik saja, tetapi kesehatan juga harus ditingkatkan. Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Kesibukan seringkali membuat kamu selalu menganggap tak memiliki waktu untuk memperhatikan kesehatan.

Rajin dalam berolahraga adalah impian semua orang. Terlepas dari kesibukan masing-masing mereka, sebenarnya banyak yang ingin lebih rajin dalam berolahraga. Namun selalu merasa tidak dapat menyempatkan waktu.

Selain itu, bentuk memulai hidup sehat tidak hanya berolahraga namun dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan sehat. Jika kamu ingin memulai hidup sehat dengan rajin berolahraga, tidak perlu khawatir. Kamu dapat dengan mudah mencari tempat berolahraga di Jakarta ini.

Baca juga: Rentetan Mobil Baru yang Meluncur di Sepanjang Tahun 2018, Apa Saja?

5. Menabung

Kumpulkan receh
Kumpulkan receh

Menabung merupakan resolusi nyata, agar hidup kalian lebih terencana di tahun 2019. Setelah menentukan resolusi di tahun 2019, dapat terwujud bukan hanya dari adanya niat namun adanya persiapan materi untuk mewujudkannya.

Dengan menabung, hasil tabungan yang telah kamu sisihkan selama 1 tahun tak terasa akan membantu mewujudkan resolusi itu. Tak hanya untuk mewujudkan resolusi di tahun baru namun dapat menjadi bekal untuk masa depan.

Nah, dari seluruh ide resolusi 2019 yang telah diberikan, resolusi mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu? Yang jelas, apapun resolusi di tahun 2019 tentunya akan membawamu menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Satu hal yang harus selalu diingat bahwa suatu proses yang dijalani dengan sungguh-sungguh tidak akan mengkhianati hasil. Maka dari itu, dengan adanya resolusi di tahun baru diharapkan menjadi pedoman lebih baik. Selamat Tahun Baru! (Editor: Winda Destiana Putri)  

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan