Banner ImageBanner Image

5 Investasi Terbaik dan Menguntungkan di 2019

4 menit
Inilah deretan investasi terbaik dan menguntungkan di tahun 2019. (Shutterstock)
Inilah deretan investasi terbaik dan menguntungkan di tahun 2019. (Shutterstock)

Saat ini, masyarakat Indonesia semakin menyadari pentingnya berinvestasi. Banyak yang lantas mencari apa investasi terbaik untuk mereka. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kita secara tahunan mencapai sebesar 5,06% pada kuartal pertama 2018 yang disumbang oleh pertumbuhan investasi. Kondisi ini setidaknya memperlihatkan tren berinvestasi pada tahun 2018 terus mengalami peningkatan dan bahkan akan semakin diminati oleh masyarakat di Tanah Air.

Data pendukung lainnya, antara lain investasi di Indonesia meningkat pada kuartal pertama 2017 sebesar 1,53% menjadi 2,54% pada kuartal pertama 2018. Sumbangannya pun naik dari 2,45% pada kuartal keempat 2017.

Berikut ini adalah beberapa yang bisa menjadi investasi terbaik dan menguntungkan pada tahun 2019:

1. Investasi Properti

Properti adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)
Properti adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Investasi yang selalu mengalami kenaikan setiap tahunnya dan kemungkinan untuk turun sangat kecil. Investasi ini bisa dikatakan akan selalu mengalami kenaikan terus selama demand masih tinggi dan berdampak terhadap harga yang akan semakin tinggi. Jika kamu memiliki properti berupa rumah, maka rumah tersebut bisa dijadikan tempat usaha seperti kos-kosan ditambah lagi dengan memaksimalkan kos tersebut untuk membuat usaha lainnya seperti laundry, catering dan lainnya.

Properti yang merupakan sektor riil di negara berkembang seperti Indonesia tidak terlalu berpengaruh terhadap inflasi karena lebih kepada ekspektasi. Dalam hal ini, aset rill tersebut akan melindungi keuangan Anda terhadap inflasi.

2. Investasi Emas

Emas adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)
Emas adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Investasi emas atau logam mulia masih menjadi investasi yang cukup banyak diminati di Indonesia. Terlebih lagi investasi ini merupakan aset yang mudah dijual atau diuangkan.

Tetapi tentu saja, berinvestasi emas tetap memiliki tingkat risiko, antara lain karena fisiknya yang kurang praktis sehingga membutuhkan tempat penyimpanan yang dilengkapi keamanan ekstra. Risikonya akan lebih tinggi jika Anda memiliki emas-emas batangan dalam jumlah yang besar sehingga tidak dapat menyimpannya di sebuah brankas yang kecil.

3. Investasi Reksadana

Reksa dana adalah salah satu investasi terbaik.
Reksa dana adalah salah satu investasi terbaik.

Sederhananya, dengan berinvestasi reksa dana artinya kamu sudah berinvestasi di saham, obligasi, dan deposito, tetapi melalui perantara manajer investasi yang profesional. Manajer investasi di sini bertugas untuk mengumpulkan dana dan mereka yang mengelola investasi kamu dengan strategi yang mereka miliki.

Untuk mereka yang belum memiliki pengalaman cukup di bidang investasi, reksa dana bisa jadi pilihan. Pasalnya, dengan adanya seorang manajer investasi kamu hanya menyerahkan semuanya ke manajer investasimu.

Tetapi, bukan berarti mereka yang sudah memiliki pengalaman tidak cocok dengan investasi ini. Jika mereka yang berpengalaman ingin diversifikasi investasinya, reksa dana bisa jadi pilihannya karena relatif aman. Selain itu, tingkat keuntungan yang dihasilkan reksadana juga tidak tergantung dari besar atau kecilnya nilai pembelian awal investor. Besarannya, tergantung dari pengelola atau manajer investasi dalam mengelola reksana tersebut. Apa investasi terbaik lainnya? Simak di poin berikutnya!

4. Investasi Saham

Saham adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)
Saham adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Ini jadi investasi terbaik selanjutnya. Saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan dari suatu badan usaha. Investasi ini bisa dikatakan sebagai investasi jangka panjang. Jika kamu berinvestasi saham secara langsung kamu juga bisa dikatakan sebagai pemilik dari perusahaan tersebut. Tetapi, porsi kepemilikannya juga sesuai dengan investasi yang kamu lakukan di perusahaan tersebut.

Saham sendiri berupa selembar kertas yang menyatakan bahwa nama yang tercantum di atas kertas tersebut merupakan pemilik saham/perusahaan sesuai dengan porsi atau berapa banyak penyertaan dalam perusahaan tersebut. Jika perusahaan tersebut berjalan baik maka saham tersebut akan memiliki nilai yang tinggi.

5. Investasi Obligasi

Obligasi adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)
Obligasi adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Surat utang atau yang biasa dikenal dengan obligasi adalah instrumen investasi yang juga diperdagangkan di pasar sekunder Bursa Efek Indonesia (BEI). Meski demikian, tingkat pamornya tidak seperti investasi saham atau pun investasi lainnya.

Tetapi, investasi obligasi masih memiliki peminat dalam dunia pasar modal. Di sisi lain, investasi obligasi merupakan investasi yang dapat meraup keuntungan yang menjanjikan tetapi tingkat risikonya sangat minim.

6. Investasi Peer-to-Peer (P2P) Lending (P2P Lending)

Peer to peer lending adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)
Peer to peer lending adalah salah satu investasi terbaik. (Shutterstock)

Berinvestasi di P2P Lending menjadi salah satu alternatif investasi terbaik yang ada saat ini. Dengan berinvestasi di P2P Lending, Anda dapat memiliki imbal hasil atau return yang lebih besar dan aman.

Misalnya, dengan berinvestasi di P2P Lending Akseleran, kamu bisa memperoleh rata-rata imbal hasil sebesar 18%-21% per tahun. Investasi di sini juga menawarkan tingkat keamanan tinggi karena lebih dari 99% nilai portofolio pinjaman para pelaku usaha yang meminjam di platform Akseleran memiliki agunan.

Akseleran juga memberikan kemudahan setiap orang untuk berinvestasi. Mulai dari Rp 100 ribu, kamu sudah bisa memberi pinjaman atau menjadi lender di Akseleran. Selain itu, untuk mengakses Akseleran tinggal mengunduh aplikasinya di Play Store bagi perangkat Android atau di App Store bagi perangkat iOS.

Untuk kamu yang hari ini tertarik berinvestasi di Akseleran, silahkan gunakan kode referral MONEY100 saat pertama kali DAFTAR menggunakan Akseleran. Melalui kode referal tersebut, kamu otomatis mendapatkan saldo gratis investasi sebesar Rp100 ribu dari Akseleran, namun saldo ini tidak bisa langsung ditarik melainkan harus diinvestasikan terlebih dahulu ke salah satu pinjaman yang sudah ditampilkan di platform Akseleran.

Sudah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Akseleran juga sudah terjamin keamanannya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga sudah sesuai regulasi yang ada. Di samping itu, Akseleran sudah tersertifikasi oleh ISO 27.001.

Jadi tunggu apalagi, yuk persiapkan investasi masa depan kamu di Akseleran. Untuk kamu yang tertarik mengenai investasi di Akseleran, silahkan menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Faizal (+62858-83821591) atau Christopher (+62818-767784) atau bisa via email [email protected].

Akseleran
Akseleran

Akseleran adalah peer-to-peer lending platform di Indonesia yang menghubungkan UKM yang membutuhkan pinjaman untuk mengembangkan usaha dengan crowd investor yang memiliki dana lebih untuk mendanai pinjaman tersebut.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong