5 Jenis Hobi yang Selalu Menguras Uang

jenis hobi

Jenis hobi yang dimiliki seseorang tentu berbeda-beda, ada yang sama sekali gak butuh biaya, ada yang butuh biaya sedikit, dan ada juga yang benar-benar menguras uang. Nah, kali ini kita bakal membahas seputar hobi mahal yang harus kamu ketahui.

Meski menguras isi kantong, bukan berarti kamu gak boleh jatuh cinta sama hobi-hobi yang dimaksud. Hanya saja bila memang salah satu hobi itu adalah hobimu, kamu harus lebih berhati-hati untuk ke depannya.

Jangan beranggapan bahwa, “kalau sudah hobi seberapa besar biayanya pun pasti dijabanin.” Ingat lho, itu bukan kalimat yang bijak. Kamu masih butuh uang untuk memenuhi kebutuhan pokokmu dan lagipula, hobi itu hanya sekedar aktivitas untuk menghilangkan stres.

Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, inilah lima jenis hobi yang bakal menguras gaji bulananmu. Mari kita cari tahu apa saja, dan gimana caranya memanfaatkan hobi yang menguras uang itu jadi untung.

1. Koleksi

jenis hobi
Koleksi mainan (Liputan6)

Koleksi apaan? Ya koleksi apa saja. Action figure, mainan diecast, komik, karya seni, sepatu, tas, jam tangan, barang-barang memorabilia dari selebriti, atau koleksi barang antik.

Jenis hobi yang satu ini memang dinyatakan sebagai yang sangat menguras kantong. Pasalnya, seorang kolektor rela menghabiskan uang berapa pun untuk barang yang dia mau beli.

Dan setelah dibeli, barang itu cuma dipajang doang di sebuah ruangan. Pastinya jadi aset gak produktif. Kalau dihitung-hitung, pengeluaran untuk membeli barang koleksi tersebut mungkin sudah bisa mendapatkan mobil atau rumah baru.

Solusinya

Jika hobi ini adalah hobimu, jangan biarkan hobi ini menggerogoti tujuan finansialmu di masa depan. Bergabunglah dengan komunitas pecinta barang koleksi lainnya, dan jual sebagian koleksimu dengan harga di atas harga beli.

Ketika ada rezeki, kamu masih bisa membeli barang lain yang bisa dikoleksi dan menjualnya kembali kok. Malah gak rugi kan.

2. Otomotif

jenis hobi
Modifikasi mobil (Kompas)

Jenis hobi ini juga dipastikan menguras kantong, pasalnya ada empat kategori pecinta otomotif dan hanya satu yang paling hemat. Pertama adalah kolektor mobil atau motor, kedua penggila modifikasi, ketiga praktisi balap di sirkuit, dan yang terakhir adalah pengamat otomotif.

Untuk yang pertama, kedua, dan ketiga, tentu cuma bisa dinikmati oleh mereka yang berkantong tebal. Jelas saja, biaya yang dibutuhkan untuk hobi ini jelas bisa sampa puluhan atau ratusan juta terutama bagi penggemar roda empat.

Buat penggemar otomotif roda dua, mungkin biayanya gak terlalu besar. Tapi kalau sudah kegilaan sih ya lama-lama uangnya juga bisa habis. Helm saja mahal, belum lagi beli jaket, beli velg, modif mesin, knalpot, dan perintilan lain.

Solusinya

Bila kamu adalah penggila otomotif namun punya bujet terbatas, maka gak ada yang salah untuk memilih kategori keempat dalam hobi ini yaitu menjadi pengamat. Dengan jadi pengamat, maka kamu bisa membuat blog otomotif dan membuat ulasan-ulasan seputar tips yang bermanfaat.

Kalau blogmu sudah terkenal, kamu pun bisa jadi influencer otomotif lho kayak Iwan Banaran, Kobayogas, Fitra Eri, atau Ridwan Hanif. Produsen motor atau mobil malah tertarik menggunakan jasamu untuk review produk mereka, dan kamu bakal jadi terkenal.

3. Musik

jenis hobi
Koleksi alat musik (Kompasiana)

Banyak yang bilang hobi ini menghasilkan uang karena bisa manggung di acara-acara, kafe, atau manapun, dan dekat dengan artis. Percaya gak percaya, dalam urusan ngeband di Indonesia nih, potensi manggung dan dibayar itu butuh waktu yang lama untuk sebuah band baru.

[Baca: Menghasilkan Uang Bisa juga Dilakukan dari Hobi, Ini 5 Caranya]

Mereka yang hobi musik khususnya main band, bakal keluar biaya untuk beli alat musik yang gak murah, sewa studio latihan band, dan rugi waktu serta kesehatan karena sering begadang. Walaupun cuma hobi, anak band pun suka membuat rekaman layaknya musisi profesional.

Dan biaya rekaman juga gak kecil lho, mesti sewa studio dengan itungan shift. Itu baru rekaman, belum lagi proses mixing dan mastering bakal ada biaya sendiri.

Dan Ketika band favorit dari luar negeri menggelar konser di Indonesia. Mereka pasti bela-belain nonton. Harga tiket untuk band luar juga gak murah, paling murah di kisaran Rp 700 ribuan sampai jutaan Rupiah.

Solusinya

Manggung sekali-kali untuk memuaskan hasrat keinginan jadi musisi gak apa-apalah. Tapi kalau malah jadi ikut-ikutan koleksi alat musik mahal, bikin rekaman di studio milik artis, atau merilis album ya jangan deh.

Banyak orang yang hobi musik pengin jadi musisi atau artis. Kenapa kamu gak terpikir untuk mengalokasikan keinginan mereka dengan jadi kru band, teknisi sound, atau produser rekaman saja? Duit yang bisa diraup malah lebih besar. 

[Baca: 5 Bisnis dalam Dunia Musik yang Ampuh Datangkan Cuan]

4. Nongkrong di kafe dan kuliner

jenis hobi
Kuliner (Okezone)

Hobi hangout alias nongkrong di kafe, biasanya disertai sama makan entah itu makan besar atau cuma ngemil. Kalau nongkrongnya hampir tiap hari usai pulang ngantor dan setiap weekend ya sama saja bohong, gaji bulananmu bisa kekuras.

Makanan di kafe saja sudah pasti di atas Rp 30 ribuan, belum lagi pasti ada pajak, dan kamu harus bayar parkir. Kalau kafenya di mal ya siap-siap kena biaya parkir progresif deh.

Solusinya

Solusi buat mereka yang hobi nongkrong dan kuliner kurang lebih sama seperti yang hobi otomotif. Dengan memanfaatkan kecintaanmu terhadap makanan dan tempat nongkrong, kamu bisa menjadi reviewer atau selebgram di kemudian hari.

Cobalah untuk membuat blog atau akun Instagram khusus makanan. Buat ulasan soal tempat makan beserta menu, dan harga makanan di tempat itu. Lama-kelamaan, pasti kamu jadi terkenal kok.

5. Traveling

jenis hobi
Traveling (Kompas)

Meskipun banyak yang mengatakan bahwa traveling baik dilakukan untuk menambah wawasan, meningkatkan kemandirian, dan membantumu beradaptasi, tapi kalau duitmu habis buat traveling sama saja bohong. Percuma pengalaman banyak tapi kantong kering.

Mereka yang hobi traveling terutama ke luar negeri, pengeluarannya pasti cukup besar. Walaupun backpacker-an, tetap saja tiket pesawatnya gak murah.

Solusinya

Meskipun menguras kantong, tapi banyak hal yang bisa dilakukan para traveler untuk dapat uang. Yang paling sederhana adalah menawarkan jasa titip membeli suatu barang di luar negeri ke rekan-rekanmu.

[Baca: Ini Caranya Memulai Bisnis Jasa Titip Supaya Pemasukan Kamu Meledak]

Selain itu kamu juga bisa jadi travel blogger atau food blogger, dengan memberikan ulasan-ulasan seputar tempat yang kamu kunjungi atau makanan yang kamu makan di sana. Sederhana bukan?

So, apakah hobimu ada di antara lima jenis hobi ini? Gak perlu khawatir tentunya ya, karena sudah ada cara solusi buatmu untuk menghindari bokek karena hobi. Tapi meskipun kelihatannya sederhana, solusi ini agak sulit diterapkan kalau gak ada kemauan dan niat dari si pemilik hobi yang bersangkutan.

Jangan sampai kebablasan ya sama hobinya, semoga bermanfaat.

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560