Ini 5 Jenis Tabungan yang Harus Disiapkan Agar Masa Depan Aman

Salah satu faktor yang menjadi penyebab orang berutang karena mereka gak memiliki beberapa jenis tabungan untuk menjamin masa depannya.

Padahal tabungan itu sangat penting terlebih saat kamu membutuhkan dana darurat. Karena itu pentingnya kamu mengetahui apa aja jenis tabungan yang dimiliki.

Meski hingga kini banyak orang yang masih bingung, berapa jumlah uang yang harus mereka tabung setiap bulannya.

Ada beberapa teori yang mengatakan kalau setiap bulan setelah menerima penghasilan, kamu harus menyisihkan 10 atau 20 persen penghasilanmu untuk ditabung.

[Baca: Yuk Cobain Cara Menabung Metode 50/20/30!]

Akan tetapi, sejauh ini sih belum ada standar baku atau perhitungan tertentu terkait hal itu. Kamu bisa menggunakan metode senyamannya kamu.

Misalnya penghasilanmu per bulan Rp 5 juta. Tapi kamu hanya sanggup nabung sebesar Rp 300 per bulan, karena ada cicilan dan keperluan lainnya. Lebih baik menabung walau sedikit dibanding gak sama sekali kan?

Karena itu, pentingnya kamu mengetahui apa aja jenis tabungan yang harus kamu siapkan biar masa depanmu aman dan terjamin. Apa aja itu? Berikut di antaranya:

1. Tabungan untuk dana darurat

jenis tabungan
Jenis tabungan untuk dana darurat (moneycrashers)

Salah satu jenis tabungan yang harus kamu miliki adalah tabungan dana darurat. Pasalnya tabungan ini sangat membantu saat kamu menghadapi situasi mendesak seperti untuk berobat atau tiba-tiba kena PHK.

Untuk jenis tabungan ini disarankan agar kamu menyisihkan lebih banyak dari jumlah uang yang akan di tabung.

Misalnya dalam sebulan kamu hanya bisa menabung maksimal Rp 1 juta. Nah, untuk tabungan dana darurat kamu setidaknya harus menyisihkan sebesar Rp 400 ribu.

[Baca: Gak Cuma di Tabungan, Dana Darurat Juga Bisa Disimpan di…]

2. Tabungan untuk dana pensiun

jenis tabungan
Jenis tabungan untuk dana pensiun (gooruf)

Tabungan dana pensiun juga gak kalah penting lho. Sebelum membuka rekening dana pensiun, pastikan juga untuk menghitung berapa jumlah dana yang kamu butuhkan saat pensiun nanti.

Karena itu, selain BPJS Ketenagakerjaan disarankan agar kamu juga mempersiapkan dana pensiun mandiri yang jumlahnya bisa disesuaikan dengan penghasilanmu saat ini.

3. Tabungan untuk dana kewajiban

jenis tabungan
Jenis tabungan untuk dana kewajiban (gobankingrates)

Sebenarnya jenis tabungan yang satu ini gak bisa disebut tabungan sih, karena itu kan memang sudah menjadi kewajibanmu.

Tapi gak salahnya kan untuk menyisihkan uangmu untuk membayar cicilan salah satunya adalah cicilan kendaraan.

Nah, disarankan agar kamu membuka rekening sendiri saat kamu mendapat rezeki tambahan seperti bonus.

Hal itu untuk mengantisipasi seandainya kamu menghadapi situasi keuangan yang seret. Tabungan dana kewajiban tentu sangat membantu kamu kan. Jadi kamu gak akan nunggak dan terbeban dengan bunga.

4. Tabungan dana untuk tujuan jangka pendek

jenis tabungan
Jenis tabungan dana untuk tujuan jangka pendek (ngoisao)

Jenis tabungan yang ini biasanya dibutuhkan untuk membantumu saat ada sesuatu yang ingin kamu beli di masa depan.

Misalnya, kamu sedang mengumpulkan DP untuk membeli mobil di dua atau empat tahun ke depan.

Karena itu pentingnya kamu membuat rekening tabungan sendiri untuk keperluan ini. Jadi kamu bisa mengetahui jumlah yang kamu tabung tepat waktu atau gak. Selain itu, impianmu memiliki mobil baru pun juga akan tercapai kan?

[Baca: Tabungan Sudah Terkumpul, Yuk Wujudkan Impianmu Memiliki Moge Terbaik]

5. Tabungan untuk dana hiburan atau rekreasi

jenis tabungan
Jenis tabungan untuk dana hiburan atau rekreasi (smartertravel)

Liburan atau rekreasi sangat penting untuk me-refresh pikiranmu usai stres dengan segudang aktivitas sehari-hari.

Nah, untuk berekreasi tentu kamu membutuhkan uang yang gak sedikit kan. Karena itu pentingnya kamu juga menyisihkan sedikit dari penghasilanmu untuk liburan.

Biar tabungan liburanmu gak terpakai. Disarankan agar kamu membuka rekening tabungan sendiri. Stres hilang, keuangan pun juga teratur. Setuju gak?

Nah, itu dia lima jenis tabungan yang harus kamu miliki atau siapkan agar masa depanmu terjamin dan tentu saja terbebas dari utang. Kamu udah punya tabungan yang mana nih?

Puri
Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560