5 Judul Video Game dengan Biaya Produksi Termahal, Mencapai Rp 13,4 T!

4 menit
Video Game yang dibuat dengan bujet sangat mahal
Video Game yang dibuat dengan bujet sangat mahal

Untuk menghasilkan sebuah game yang berkualitas dan laku di pasaran, para pengembang rela menggelontorkan uang sampai miliaran hingga triliunan rupiah. Dari ribuan video game yang pernah dibuat, terdapat 5 judul dengan biaya produksi termahal mencapai Rp 13,4 triliun. Penasaran?

Industri yang udah berdiri puluhan tahun ini emang memiliki tempat tersendiri bagi para penggemarnya. Gak cuma yang muda-muda, yang tua pun pernah merasakan kejayaan era video game seperti Nintendo, Sega, Atari bahkan Ding-dong di tahun 80an sampai 90an.

Beberapa dari kamu pasti mengenal tokoh kartun Sonic dan Mario Bross, kan? Ketenarannya saat itu membuat nama mereka bisa di bilang menjadi ikon video game sampai detik ini.

Sekarang untuk bisa memainkan sebuah judul game paling gak kita memerlukan uang yang gak sedikit. Rata-rata harga 1 judul game sekitar Rp 700 ribuan, malah ada yang sampai Rp 1 jutaan. Tergantung paket pembelian yang kamu pilih.

Namun hal tersebut bisa dimaklumi karena grafis yang ditampilkan semakin hari semakin realistis dan memerlukan bujet yang tidaklah sedikit.  Belum lagi dari sisi pengisi suara sampai strategi pemasarannya.

Nah buat kamu yang masih penasaran kira-kira judul game apa sih yang biaya produksinya termahal, berikut ini adalah 5 di antaranya:

Baca juga: Sebelum Menggunakan Cicilan Kredit dari Lembaga Pembiayaan, Perhatikan Dulu Hal Ini

1. Grand Theft Auto V

Video Game
Grand Theft Auto V (kt-media-knowtechie.netdna-ssl.com).

Buat yang suka genre sandbox atau bebas berpetualang, pasti udah tau judul video game yang satu ini. Dalam permainannya kita diberi kesempatan untuk memilih 1 dari 3 karakter yang disiapkan bernama Trevor Philips, Michael De Santa dan Franklin Clinton.

Dikutip dari KnowTechie, pengembang GTA V yakni Rockstar harus rela menggelontorkan uang sebanyak US$ 265 juta atau Rp 3,7 triliun. Ini sekaligus menyandang gelar game termahal di dunia.

Padahal di seri sebelumnya Grand Theft Auto IV pengembang game hanya membutuhkan dana sekitar US$ 100 juta atau Rp 1,4 triliun, naik 2 kali lipat lebih.

2. Call of Duty Modern Warfare III

Video Game, Call of Duty Modern Warfare III
Call of Duty Modern Warfare III (Instagram)

Game First Person Shooter ini punya latar belakang perang di tahun 2016 dengan kita sebagai anggota pasukan elit khusus. Selain bermain sendiri, disini kita juga punya pilihan bermain bersama teman melalui sistem online multiplayer yang cukup seru.

Bermodalkan otak grafis IW Engine, pengembangnya yaitu Infinity Ward dan Sledgehammer Games mengeluarkan uang sampai US$ 250 juta atau berkisar Rp 3,5 triliun. Ini mengukuhkan posisi Call of Duty Modern Warfare III sebagai video game dengan bujet termahal nomor 2.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Star Wars Old Republic

Video Game, Star Wars Old Republic
Star Wars Old Republic (Instagram).

Sesuai dengan namanya, game ini diadaptasi dari seri film Star Wars karya George Lucas. Gaya permainan yang diusung adalah Online Role Playing Game, jadi kamu wajib memiliki koneksi internet untuk memainkannya.

Selaku pengembangnya, Bioware dan Electronic Arts membutuhkan uang sampai US$ 200 juta atau Rp 2,8 triliun. Membuat Star Wars Old Republic berada di posisi ketiga video game dengan biaya produksi termahal.

4. Final Fantasy VII

Video Game Final Fantasy VII
Final Fantasy VII (Instagram)

Kalau kamu termasuk generasi milenial pasti udah gak asing lagi sama seri video game Final Fantasy VII ini, apalagi dari segi cerita romantis antara karakter utama Cloud dan Aerith. Rumornya sih bakal ada versi remakenya, namun sayang tanggal rilisnya belum diketahui

Untuk membuat judul ini SquareEnix membutuhkan dana mencapai US$ 145 juta atau sekitar Rp 2 triliun. Sumber daya manusia yang dibutuhkan juga gak sedikit, paling gak ada 120 programer serta artis guna mengolah grafis 3 dimensinya. Hebatnya lagi, semua itu dilakukan di tahun 1995 sampai 1997 yang namanya teknologi belum secanggih sekarang.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

5. Max Payne 3

Video Game Max Payne 3
Max Payne 3 (Instagram).

Pernah nonton film Max Payne di tahun 2008 yang dibintangi oleh Mark Wahlberg dan Mila Kunis? Nah film tersebut adalah adaptasi dari seri video game nya yang pertama kali rilis tahun 2001. Genre Max Payne 3 ialah action adventure dengan sedikit bumbu kekerasan, jadi kurang cocok dimainkan oleh anak-anak.

Rockstar sebagai pengembangnya membutuhkan biaya produksi sampai US$ 105 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun.

Jika 5 judul video game dengan biaya produksi termahal ini digabungkan angkanya mencapai Rp 13,4 triliun. Fantastis banget, bukan? Gak kalah gede sama biaya produksi film-film di hollywood sana. (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1