Pengin Sukses di Usia Muda? Jangan Lakukan 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Akhir Pekan!

3 menit
Kebiasaan buruk yang bakal menghambat kesuksesan (Pexels).

Akhir pekan emang pas banget dibuat santai, tapi bukan berarti sah-sah saja untuk memelihara kebiasaan buruk yang terlihat sepele ini. Kalau dipiara terus kamu gak bakal sukses lho.

Waduh, maksudnya apa ya? Kebiasaan kayak apa sih yang biasa dipelihara orang-orang Indonesia saat weekend tapi gak baik buat masa depan?

Intinya, kebiasaan ini sifatnya sepele tapi gak ada yang sadar kalau diteruskan maka hal ini berujung malapetaka di masa depan. Bahaya buat keuangan dan bahaya juga buat karier lho.

Mau tahu apa saja? Berikut ulasannya.

Baca juga: Pengin Investasi dari Barang Koleksi Pribadi? Bisa Aja Kok! Mudah Banget

1. Cuek sama pasangan atau keluarga

Kebiasaan buruk cuek sama pasangan
Cuek sama pasangan (Pexels).

Weekend memang menjadi waktu yang sangat berharga buatmu untuk putus hubungan sementara dari email dan urusan kerjaan. Tapi bukan berarti harus putus sementara alias cuek juga sama pasangan atau keluarga.

Justru di weekend itulah waktu yang tepat buatmu untuk bercengkrama dengan orang-orang terdekatmu.

Kalau dipikir-pikir, orang terdekat kamu yang bakal berpengaruh dalam kesuksesan mendatang. So, kebiasaan buruk yang satu ini harap ditinggalkan secepatnya ya.

2. Tidur seharian

Kebiasaan buruk
Tidur seharian (Pexels).

Apa yang bisa kamu dapat dari tidur seharian saat weekend? Apakah kamu bakal mimpi indah dan di hari Senin bisa ngantor dengan penuh energi? Salah besar.

Beberapa orang tentu seringkali balas dendam dengan cara tidur seharian saat weekend tiba. Gak peduli mau apa yang terjadi, seandainya terbangun pun cuma malas-malasan di kamar sambil nonton Netflix dan sejenisnya.

Sejatinya gak salah untuk melakukan hal ini sewaktu-waktu ketika kamu kelelahan. Tapi kalau setiap weekend seperti ini, otomatis badanmu makin gak sehat.

Mestinya kamu manfaatkan weekend untuk olahraga dong. Biar saat weekday kondisi badan tetap prima, urusan cari duit juga makin lancar.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

3. Borong apa yang bisa dibeli

Kebiasaan buruk, belanja banyak barang
Belanja banyak barang (Pexels)

Mumpung weekend, ke mall aja deh buat belanja. Gak apa-apa deh tekor, yang penting habis gajian juga. Senin bisa makin happy dan semangat kerja.

Kalau kebiasaan buruk dalam belanja seperti ini dipiara, kapan mau punya tabungan dan punya rumah? Itulah sebabnya milenial di Indonesia pada kesulitan beli rumah.

Ingat kata Bob Sadino, “bergayalah sesuai dengan kemampuanmu.”

Sesuaikan gaya hidup dengan penghasilanmu. Dan sudah sepantasnya, belanja hal yang diinginkan itu bukan jadi prioritas. Yang jadi prioritas itu ya sandang, pangan, papan. Setuju gak?

4. Seharian gak lepas dari gadget

Kebiasaan buruk
Seharian gak lepas dari gadget (Pexels)

Astaga, di weekdays saja sudah gak bisa lepas. Ini pas weekend juga gak berhenti pencet-pencet gadget, lagi ngapain sih?

Coba manfaatkan akhir pekan kamu dengan baik. Ujung-ujungnya hal itu bikin kepala jadi pusing sendiri.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

5. Kerja

Kebiasaan buruk
Bekerja di akhir pekan (Pexels).

Hadeh buat apa sih kerja pas weekend? Sudah semestinya hal-hal yang kamu persiapkan di hari Senin sudah diatur semua di hari Jumat, alhasil Sabtu dan Minggu itu waktunya santai.

Kebiasaan buruk yang satu ini memang cukup mengganggu kesehatan lantaran hal itu bikin kamu gak punya waktu rileks. Dan gak menutup kemungkinan, hal itu bikin stres.

Apa tega membiarkan dirimu stres seperti itu? Stres itu memicu banyak penyakit, kalau sakit ya ujung-ujungnya biaya juga bukan?

Itulah lima kebiasaan buruk yang mesti dihindari saat akhir pekan jika kamu mau sukses dalam karier maupun keuangan. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan