Terkuak! Ternyata ini 5 Keluarga Pengusaha Paling Berpengaruh di Dunia, Siapa Aja?

3 menit
Walmart salah satu bentuk keluarga pengusaha yang sukses (Shutterstock).

Tak hanya dari investasi, banyak sekali para miliarder yang lahir dari pengusaha. Contohnya saja bos Amazon, Jeff Bezos yang dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia versi Forbes dengan kekayaan mencapai US$ 134 miliar atau sekitar Rp 1.903 triliun.

Selain itu Forbes juga merilis daftar orang terkaya di Indonesia yaitu R. Budi & Michael Hartono dengan total kekayaan hingga US$ 35 miliar atau setara dengan Rp 497 triliun yang diraih dengan kesuksesannya berbisnis di berbagai bidang, salah satunya adalah rokok.

Nah, kalau berbicara soal pengusaha. Apa sih yang terlintas di pikiran kamu soal keluarga pengusaha atau bisnis keluarga? Para pedagang toko busana atau bahkan penjual makanan rumahan?

Gak ada salahnya sih, cuma ternyata ada lho begitu banyak perusahaan, yang bahkan ke dalam perusahaan terbesar di dunia yang merupakan bisnis keluarga.

Gak tanggung-tanggung, mereka bahkan sukses merajai bisnis internasional dan menjadi keluarga pengusaha paling berpengaruh di dunia.

Penasaran siapa aja mereka? Berikut lima di antaranya seperti yang dirangkum dari beberapa sumber:

5. Dell, Keluarga Dell – Rp 825 triliun

Dell (Shutterstock).

Awal mulanya perusahaan ini didirikan di tahun 1984 oleh Michael Dell. Perusahaan tersebut diketahui telah bergabung dengan EMC yang tak lain adalah perusahaan raksasa penyimpanan komputer.

Saat itu, mereka memiliki kesepakatan perjanjian dengan nilai yang sangat fantastis yaitu mencapai US$ 60 miliar atau sekitar Rp 852 triliun di tahun 2016.

Kini, keluarga Dell telah memiliki 75 persen saham di perusahaan tersebut dan bahkan bisa meraih omzet tahunan sebesar US$ 58,1 miliar atau yang jika dirupiahkan mencapai Rp 825 triliun. Luar biasa!

4. BMW, Keluarga Quandt – Rp 1.435 triliun

BMW (Shutterstock).

Keluarga pengusaha paling berpengaruh di dunia selanjutnya adalah keluarga Quandt yang memiliki perusahaan mobil mewah yaitu BMW.

Perusahaan tersebut di dirikan oleh Günther Quandt di tahun 1910. Meskipun dulunya, BMW menggunakan tenaga kerja budak Nazi selama periode Perang Dunia II, tapi mereka tetap berhasil mempertahankan sahamnya hingga 46,8 persen.

Perusahaan yang juga merupakan perusahaan induk dari Rolls-Royce Motor Cars ini diketahui memiliki omzet tahunan mencapai US$ 100,1 miliar atau sekitar Rp 1.435 triliun.

3. Warren Buffett – Rp 2.838 triliun

Warren Buffet (Instagram/@officialwarrenbuffett)
Warren Buffet (Instagram/@officialwarrenbuffett)

Selain sukses meraup pundi-pundi kekayaan dari investasi, Warren Buffett juga diketahui berhasil membangun kerajaan bisnis lho.

Salah satunya adalah perusahaan publik terbesar keempat di dunia yaitu Berkshire Hathaway dengan omzet per tahun hingga US$ 199,9 miliar atau setara dengan Rp 2.838 triliun.

Gak cuma itu aja, keluarga Buffett juga memiliki sejumlah perusahaan lain yaitu Geico dan Dairy Queen. Mereka juga memiliki kepemilikan minoritas di perusahaan-perusahaan besar seperti Coca-Cola, Apple dan American Express.

Dengan jumlah kekayaan yang sangat fantastis, Buffett akan mengalihkan sebagian besar saham yang dimiliki untuk yayasan keluarganya.

2. Volkswagen AG, Keluarga Porsche – Rp 3.290 triliun

Volkswagen AG (Shutterstock).

Selanjutnya yaitu dari keluarga Porsche yang diketahui memiliki omzet tahunan mencapai US$ 231,7 miliar atau sekitar Rp 3.290 triliun.

Omzet bernilai fantastis itu diperoleh dari hasil penjualan Porsche, Audi hingga Lamborghini. Hal itu juga didukung dari Ferdinand Porsche yang diketahui memiliki hak suara terbanyak di Volkswagen AG yang tak lain adalah produsen mobil terbesar di dunia.

1. Walmart, Keluarga Walton – Rp 6.923 triliun

Walmart

Keluarga pengusaha pertama dipegang oleh keluarga Walton yang sukses membangun supermarket raksasa Walmart.

Seperti diketahui kalau Walmart merupakan bisnis terbesar di Amerika Serikat dengan total kekayaan diperkirakan mencapai 2,2 juta orang dan memperoleh omzet tahunan sebesar US$ 487,5 miliar atau yang jika dirupiahkan mencapai Rp 6.923 triliun. Jadi, wajar aja kalau banyak miliarder yang berasal dari keluarga Walton.

Itu dia lima keluarga perusahaan yang tajir melintir bahkan hingga memiliki kekayaan mencapai ribuan triliun. Usaha gak akan mengkhianati hasil, berkat usaha dan perjuangan, menjadi miliarder tentu bukan hal yang mustahil. (Editor: Winda Destiana Putri)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.