Bikin Dompet Cemberut, 5 Kesalahan Sepele ini Penyebab Kue Lebaran Gagal Total!

4 menit
Cara membuat kue lebaran yang benar (Shutterstock).
Cara membuat kue lebaran yang benar (Shutterstock).

Cara membuat kue lebaran kini memang tengah banyak diperbincangkan orang. Pasalnya, gak sedikit orang yang mengalami kegagalan membuat kue lebaran sendiri.

Padahal kalau beli kue lebaran itu dapat menguras isi dompetmu lho. Bagaimana tidak, untuk satu toples kue kering aja dibanderol dengan harga sekitar Rp 75 ribu hingga Rp 150 ribu. Lumayan banget, kan?

Kalau kamu membeli empat hingga lima jenis kue, berarti uang yang harus kamu persiapkan sekitar Rp 500 ribu. Padahal dengan uang segitu, kamu udah bisa mendapatkan beberapa toples kue kering lebaran dengan berbagai varian rasa.

Sayangnya, banyak orang yang justru malah buang-buang uang karena tanpa disadari mereka melakukan kesalahan sepele yang bikin kue lebaranmu jadi gagal total. Misalnya aja bantat, tidak renyah dan lainnya.

Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan beberapa informasi terkait kesalahan cara membuat kue lebaran yang bisa bikin dompetmu meringis.

Gak usah berlama-lama, langsung simak aja yuk di bawah ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Terlalu cepat dan lama mengocok adonan

Cara membuat kue lebaran
Proses membuat kue (Pexels).

Normalnya, adonan kue kering yang tepat harus dikocok sekitar tiga menit saja. Jika waktu pengocokkan kue kurang dari tiga menit, maka adonan tidak dapat menangkap udara dengan baik, sehingga kue kering tidak akan melebar dengan sempurna.

Sedangkan, jika adonan kue terlalu lama dikocok, maka dapat mengaktifkan gluten tepung yang membuat tekstur kue menjadi kenyal dann tidak renyah.

Karena itu, lakukanlah pengocokan tepung sekitar 3 menit dengan kecepatan rendah atau hanya sampai adonan tercampur rata.

2. Oven belum dipanaskan

Cara membuat kue lebaran
Membuat kue dengan oven (Unsplash).

Banyak orang yang tidak mengetahui kalau sebelum memanggang kue, sebaiknya oven dipanaskan terlebih dahulu sesuai dengan suhu yang diinginkan.

Terkesan sepele, tapi tidak memanaskan oven dapat membuat kue lebaranmu gagal total lho. Seperti gosong pada bagian pinggir atau matang tidak merata.

Karena itu, sebelum adonan dimasukkan ke dalam oven, panaskanlah terlebih dulu. Hal itu juga bertujuan agar kue kamu bisa matang di waktu yang tepat.

Baca juga: Praktis dan Mudah Banget, Ini 5 Resep Kue Kering Lebaran Paling Digemari!

3. Penakaran dan pemilihan tepung yang salah

Cara membuat kue lebaran
Pemilihan tepung harus tepat (Pexels).

Penakaran dan pemilihan tepung yang salah juga bisa menjadi penyebab yang bikin kue lebaranmu gagal. Karena tak bisa dipungkiri kalau banyak orang yang mengukur tepung saat membuat kue dengan menggunakan gelas.

Padahal jika kamu hanya berpatokan pada ukuran gelas atau sendok makan, akurat takarannya bisa meleset hingga 30 persen lho. Karena itu, sebaiknya gunakanlah timbangan digital untuk mendapat takaran yang pas.

Tak hanya itu aja, pemilihan tepung terigu yang salah juga bisa membuat kue keringmu gak bisia dimakan. Pasalnya, jika kamu mengganti tepung menjadi tepung roti yang terbuat dari gandum, maka kue lebaran kamu akan jadi lebih keras.

Sementara jika kamu menggunakan tepung yang lebih lunak, kue kamu akan menjadi rapuh dan mudah hancur. Karena itu, pilihlah jenis tepung yang memang direkomendasikan oleh resep.

4. Overbaking pada kue

Cara membuat kue lebaran
Overbaking (Ilustrasi).

Terlalu lama memanggang kue juga akan berisiko bikin kue kering lebaranmu jadi gosong dan keras. Karena itu, periksa dengan baik waktu pemanggangan kue dan keluarkan saat warnanya terlihat keemasan pada bagian atas dan bawah, dan mengeras di bagian tepinya.

Perlu diketahui kalau penambahan waktu beberapa menit pun dapat menyebabkan kue menjadi terlalu gelap dan juga keras setelah didinginkan.

Karena itu, selalu gunakanlah timer saat memanggang kue, baik itu timer oven, timer microwave, atau timer ponsel, pastikan kamu menggunakannya. Kue kering yang gosong pastinya tidak terlalu enak.

Baca juga: Gak Usah Beli! Ini 4 Resep Aneka Kue Enak dan Lezat buat Lebaran

5. Membuka oven berulang kali

Cara membuat kue lebaran
Terlalu sering membuka oven (Pexels).

Kamu perlu membuka pintu oven untuk mengangkat kue yang sudah matang, ya tentu saja. Tapi tentu tidak dilakukan setiap beberapa menit kan?

Pasalnya, setiap kali kamu melakukannya, maka semua panas akan keluar dan suhu oven menjadi turun. Hal itu dapat membuat kue kamu tidak matang sempurna.

Untuk mengakalinya, kamu bisa manfaatkan jendela pintu oven memeriksa kematangan, dan jangan sering membuka oven sebelum kue benar-benar matang.

Itu dia lima kesalahan sepele yang bikin kue kering lebaranmu gagal total dan tentu saja membuat dompet meringis. Terkesan sepele, tapi mulai diperhatikan dari sekarang yuk agar kue lebaranmu gak gagal lagi. Semoga tips cara membuat kue lebaran ini membantu! (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!