Gak Susah dan Miskin di Hari Tua! Ini Lho 5 Keuntungan Menikah dengan PNS

4 menit
CPNS 2019
Gak Susah dan Miskin di Hari Tua! Ini Lho 5 Keuntungan Menikah dengan PNS, (Ilham Fikri/TEMPO).

Zaman udah berubah tentunya juga dalam memilih calon pasangan suami maupun istri pasti memiliki kriteria tertentu. Nah, kali ini ada lho keuntungan menikah dengan calon pasangan yang bekerja sebagai PNS

Kamu mau dong tentunya masa tua terjamin dan gak mengalami kesulitan apapun. Dalam bayangan banyak calon pasangan suami istri adalah kesejahteraan di hari tua. 

Dalam memilih pasangan emang gak hanya sekedar cuma mengenal secara personal. Soal pekerjaan juga pastinya tentu menjadi tuntutan bagi banyak pasangan, apalagi belum orangtua ikut campur dalam memilih pasangan. 

Di era serba digital ini emang banyak sekali jenis pekerjaan yang memiliki penghasilan besar. Nah, terkadang nih orangtua pengin banget memiliki calon menantu yang mapan buat sang buah hatinya. 

Kelangsungan hidup sang buah hati buat di hari tua, kadang juga menjadi poin utama nih si calon menantu bisa diterima. Bukan cuma modal tampang yang menarik, tapi soal pekerjaan juga rasanya masih menjadi poin utama kebanyakan orang tua timur, termasuk Indonesia. 

Kalau kamu emang berencana menikah dalam waktu 5 tahun lagi atau waktu dekat, rasanya memiliki calon pasangan bekerja sebagai PNS bisa dilirik nih. Banyak banget lho keuntungan menikah dengan calon pasangan yang bekerja sebagai PNS. 

Seperti dikutip dari Hipwee.com, Rabu, (7/8/2019), bakal banyak banget nih keuntungan menikah dengan calon suami atau istri yang bekerja sebagai PNS. Pengin tahu apa aja? Yuk, kita intip aja di bawah ini poin-poin yang menguntungkan bagi kamu di hari tua saat menikah dengan PNS. 

Baca juga: Lakukan Hal Ini Jika Ingin Menjadi Kaya Raya Saat Tua Nanti

1. PNS identik dengan kehidupan yang mapan

keuntungan menikah
Menikahi calon pasangan yang bekerja sebagai PNS emang bakal menjamin masa tua kamu nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Gak ada salahnya nih kalau kamu memilih calon pasangan suami atau istri nantinya berasal dari PNS. Pasalnya ketika kamu membangun suatu rumah tangga, masalah ekonomi tentunya menjadi hal yang sangat krusial. 

Buat biaya pendidikan anak hingga hidup yang semakin hari bakal tinggi dan bikin geleng kepala. Menikahi pasangan yang bekerja sebagai PNS emang sangat menjamin banget saat ini. 

Terlebih nih PNS mendapatkan gaji pokok pada tanggal 1 setiap bulannya. Gaji yang dimiliki oleh calon suami atau istri bekerja sebagai PNS bakal mengalami kenaikan seiring naiknya masa kerja dan golongannya. 

Belum lagi tunjangan-tunjangan lainnya yang didapatkan oleh PNS. Nah, tunjangan ini yang bikin si PNS jadi terlihat semakin banyak. 

Baca juga: Setara PNS, Segini Besaran Gaji Perangkat Desa Setelah Dinaikkan Jokowi

2. Jam kerja yang gak sampai larut malam

keuntungan menikah
Berbeda dengan perusahaan swasta yang kerap pulang malam, PNS justru soal waktu kerja enak banget, (Ilustrasi/Shutterstock).

Keuntungan menikah dengan PNS lainnya adalah jam kerja mereka yang gak bakal sampai larut malam. Berbeda kalau kamu memiliki calon pasangan suami atau istri bekerja di agensi iklan atau perbankan yang mesti pulang kerja malam lantaran deadline atau tutup buku setiap bulannya. 

Bekerja sebagai PNS emang terbilang agak ‘nyantai’ dibandingkan dengan karyawan swasta lainnya. Jadi waktu buat keluarga bakal banyak banget nih, mulai berkumpul di akhir pekan, mengajarkan anak pelajaran sekolahnya. 

Gak cuma itu, waktu kerja PNS yang terbilang santai juga memungkinkan kamu dan calon pasangam membangun sebuah bisnis. 

Baca juga: Kabar Gembira, Tahun Depan Gaji PNS Bakal Naik Lagi

3. PNS jauh dari kata PHK layaknya karyawan swasta

keuntungan menikah
Bekerja dan menikah dengan PNS enaknya mereka gak bakal kena PHK nih kayak perusahaan swasta, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat ini emang tengah maraknya lay off atau PHK besar-besaran di beberapa perusahaan. Hal ini terjadi emang banyak menimpa karyawan swasta. 

Hal ini rasanya gak bakal dialami oleh kamu yang menikah dengan calon pasangan bekerja sebagai PNS. Pasalnya nih kamu menikah dengan PNS yang namanya PHK gak mungkin. Apalagi kalau calon pasangan kamu merupakan salah satu pegawai disiplin wah itu bakal cepat nih naik golongannya. 

Kalau udah naik golongan tentunya gaji dan tunjangan lainnya juga mengikutinya. Kalau udah begini yang namanya soal ekonomi rasanya gak perlu lagi dipusingi. 

4. Keuntungan menikah dengan PNS di hari tua ada dana pensiun lho

keuntungan menikah
Dana pensiun bakal didapatkan oleh PNS yang udah pensiun, jadi kamu gak bakal kesulitan nih di hari tua, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setiap PNS bakal menerima dana pensiun setiap bulannya setelah dirinya selesai mengabdi ke negara. Nah, dana pensiun ini yang bakal diterima oleh pensiunan PNS setiap bulannya. 

Buat kisaran besarannya emang tergantung dengan pangkat atau eselon si PNS. Berbeda dengan karyawan swasta, mereka mau gak mau mesti berpikir dua kali demi kehidupan di hari tua, entah itu bikin usaha kecil-kecilan buat menyambung hidup. 

Nah, ketika kamu menikah dengan calon suami atau istri yang bekerja sebagai PNS, dana pensiunnya bisa dimanfaatkan buat modal usaha. Udah begini yang namanya cuan di hari tua tetap mengalir dan pintar-pintar ya mengelolanya. 

5. PNS memiliki status yang dipandang banget di kehidupan sosial

keuntungan menikah
Status mereka sebagai PNS emang sangat dipandang banget nih di kehidupan sosial, (Ilustrasi/Shutterstock).

Fakta-fakta di atas soal kemapanan soal perekonomian Pegawai Negeri Sipil sebuah instansi negara emang patut dipertimbangkan ketika kamu pengin menikah. Satu lagi nih kalau kamu menikah dengan PNS bakal ada lagi keuntungannya. 

Keuntungan menikah dengan PNS adalah di mana status mereka sebagai Pegawai Negeri emang sangat dipandang sekali buat status sosial. Mereka dianggap mampu menghidupi keluarganya dan bikim bahagia calon mertua nantinya. 

Derajat mereka juga dipandang cukup berada di atas masyarakat yang bekerja di perusahaan swasta. Jadi ketika memutuskan menikah emang semua diserahkan oleh yang menjalankannya. 

Masih banyak jenis pekerjaan yang menjanjikan bagi calon pasangan suami istri nantinya. Tinggal kamu gimana mengambil hati calon mertua. 

Itu dia 5 keuntungan menikah dengan calon suami atau istri yang bekerja sebagai PNS. Jadi dari sekarang nih memilih pasangan jangan cuma asal baik, setia dan rupawan. Pekerjaan juga mesti diperhatikan lho biar nanti di hari tua kamu bakal terjamin. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...