Terjun ke Dunia Entertainment, Intip Perjalanan Karier 5 Mantan Puteri Indonesia Ini

4 menit
Whulandary Herman (Instagram).

Mendapat predikat sebagai Puteri Indonesia tentu menjadi kebanggaan sendiri untuk para wanita Indonesia. Bagaimana tidak, kamu dinobatkan sebagai ratu kecantikan se-Indonesia.

Pasalnya untuk menjadi Puteri Indonesia diperlukan usaha dan perjuangan yang luar biasa lho. Tak hanya berwajah cantik, kamu juga harus memiliki wawasan luas, berkepribadian baik dan tentu saja cerdas pintar.

Karena menjadi Puteri Indonesia berarti kamu akan jadi wakil Indonesia untuk melakukan berbagai kegiatan di dalam dan luar negeri.

Nah, para pemenang itu akan mewakili Indonesia di ajang Miss Universe yaitu kontes kecantikan yang diikuti oleh seluruh negara di dunia.

Di Indonesia sendiri, Puteri Indonesia yang menjadi peserta Miss Universe yaitu Susanty Manuhutu di tahun 1995, menyusul Alya Rohali di tahun 1996. Meski sempat terhenti karena pro-kontra, tapi kini Indonesia selalu mengirim perwakilannya untuk mengikuti ajang ratu kecantikan sejagat raya, Miss Universe.

Usai menjabat sebagai Puteri Indonesia, beberapa dari mereka memilih untuk terjun ke dunia hiburan. Mulai dari sebagai pemain film, presenter, model dan berbagai profesi lainnya di dunia keartisan.

Siapa aja mereka? Intip yuk lika liku perjalanan karier lima mantan Puteri Indonesia ini hingga kini menjadi selebriti Tanah Air.

Baca juga: Tak Kie: Kedai Kecil Klasik yang Melegenda di Tengah Menjamurnya Bisnis Kopi Kekinian

1. Artika Sari Devi

Artika Sari Devi (Instagram).

Artika Sari Devi merupakan Puteri Indonesia ke-9 di tahun 2004. Wanita bernama lengkap Artika Sari Devi Kusmayadi ini merupakan satu-satunya wanita Asia yang berhasil masuk ke dalam 15 Besar Miss Universe 2005.

Mantan Puteri Indonesia yang menjadi wakil Bangka Belitung ini mulai terjun di dunia hiburan sebagai model, presenter, bintang iklan dan bermain film usai menyelesaikan tugasnya sebagai Puteri Indonesia.

Kini istri dari penyanyi Baim ini diketahui sudah membintangi beberapa judul film. Meski terbilang baru, Tika berhasil menyabet penghargaan sebagai Aktris Terbaik di Festival Film 3 Benua Nantes, Perancis dan Aktris Terbaik dalam Festival International Film Independent Bruxelles Ke-35 di Brussel, Belgia dalam film “Opera Jawa” yang tayang di tahun 2006.

2. Nadine Chandrawinata

Nadine Chandrawinata (Instagram).

Siapa yang gak kenal dengan mantan Puteri Indonesia, Nadine Chandrawinata yang kini memang aktif berkarier di dunia hiburan.

Meski sempat dilaporkan oleh salah satu anggota FBI karena keikutsertaannya di ajang Miss Universe 2006, tapi Puteri Indonesia 2005 yang mewakili DKI Jakarta ini berhasil menoreh banyak prestasi yaitu sebagai Putri Persahabatan Miss Universe 2006.

Kecintaannya terhadap alam Indonesia juga membuat Nadine dinobatkan sebagai beberapa duta di Indonesia yakni Duta Autisme 2009, Duta Gajah Sumatera 2009, Duta Aku Cinta Indonesia 2010, Duta Hak Asasi Manusia bidang Lingkungan tahun 2015 hingga Duta Wisata Bahari 2017.

Tak hanya itu, kakak dari aktor kembar Marcel Chandrawinata dan Mischa Chandrawinata ini juga nyemplung ke dunia hiburan sebagai selebriti dengan membintangi lebih dari sepuluh judul film, bintang iklan, serta beberapa pembawa acara televisi, salah satunya adalah “My Trip My Adventure”.

Baca juga: Gak Sampai Rp 50 Ribu, Hand & Body Lotion Murah Ini Bikin Kulitmu Makin Lembut

3. Agni Pratistha

Agni Pratistha (Instagram).

Pemilik nama lengkap Agni Pratistha Arkadewi Kuswardono ini merupakan Puteri Indonesia 2006 mewakili Jawa Tengah.

Sebelum menyandang gelar Puteri Indonesia, Agni merupakan pemenang juara 2 Cosmogirl of the Year di tahun 2003.

Mantan kekasih aktor tampan Herjunot Ali dan Dion Wiyoko ini pun melebarkan sayapnya ke dunia keartisan sebagai pemain film, FTV serta bintang iklan.

4. Maria Selena

Maria Selena (Instagram).

Selanjutnya adalah Puteri Indonesia 2011 yaitu Maria Selena Nurcahya atau yang dikenal dengan Maria Selena. Wanita berusia 28 tahun ini mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2012 di Las Vegas, Amerika Serikat. Meski tidak berhasil menjadi semifinalis, ia masuk dalam 10 besar kostum nasional terbaik.

Selain sebagai Puteri Indonesia, Maria Selena juga dikenal sebagai pemain basket profesional di Woman National Basketball League Indonesia membela tim bola basket Surabaya Fever dan Merah Putih Predators Jakarta.

Gak cuma itu aja, wanita kelahiran Palembang 24 September 1990 ini kini terjun ke dunia hiburan Tanah Air sebagai model, presenter, sportcaster dan juga news anchor. Selain itu, Maria Selena juga menjajal dunia akting dengan bermain di film “Danau Hitam”.

Baca juga: Mengenal Sosok Nilam Sari, Wanita Tangguh Dibalik Suksesnya Kebab Baba Rafi

5. Whulandary Herman

Whulandary Hermann (Instagram).

Sebelum berhasil menyandang gelar Puteri Indonesia 2013, Whulandary berprofesi sebagai model. Namanya mulai terkenal sejak ia mengikuti Wajah Femina di tahun 2008. Wanita berusia 29 tahun ini pun berhasil menyabet gelar Asian Top Model of the Year 2010 di ajang Fashion Asia Award.

Sebelumnya, Whulan telah berhasil meraih Runner up ke-3 & The Best Catwalk di International Model of the Year 2009 di Korea. Gak heran kalau Whulan disebut-sebut sebagai salah satu peragawati paling terkenal di Indonesia.

Puteri Indonesia yang mewakili Sumatera Barat ini mewakili Indonesia di ajang Miss Universe 2013 di Moskow, Rusia dan berhasil masuk ke dalam 16 besar dan runner-up ke-3 Best National Costume.

Selain jadi model, Whulandary juga terjun ke dunia hiburan sebagai pemain film serta presenter acara televisi dan Youtube. Whulandary juga meluncurkan buku biografi di tahun 2014.

Itu dia kiprah lima mantan Puteri Indonesia yang nyemplung ke dunia hiburan Tanah Air untuk mengais pundi-pundi Rupiah. Mana Puteri Indonesia favorit kamu? (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan