Menghasilkan Uang Bisa juga Dilakukan dari Hobi, Ini 5 Caranya

3 menit

Pekerjaan paling menyenangkan di dunia adalah hobi yang dibayar. Demikian kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Bener banget. Siapa yang nolak menghasilkan uang selagi bersenang-senang?

Kamu juga bisa kok ngembangin hobi buat dapetin uang. Malah hobimu itu bisa jadi mata pencaharian sehari-hari. Gak percaya? Nah, berikut ini lima hal yang perlu kamu lakukan kalau mau dapat uang dari hobimu.

menghasilkan uang
Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar, hmm… ada benarnya juga (wordpress)

1. Kenali potensi diri

Setiap orang punya hobi berbeda-beda. Kalau seseorang ditanya tentang hobinya, dia akan jawab. “Wah hobi saya banyak. Makan, tidur, olahraga, menggambar, dan menulis. Itulah hobi saya.”

Oke. Dari sekian hobi yang sering kamu lakukan setiap hari, coba kenali betul potensi apa yang benar-benar kamu miliki. Kalau misalnya hobi kamu kuat di gambar, kamu harus gali terus hobimu itu.

Di zaman sekarang ini, hobi menggambar bisa mendapatkan banyak uang. Apalagi bisa mengoperasikan program-program komputer yang berkaitan dengan gambar buat bikin desain. Hmm… hobi kamu pasti pasti banyak dicari perusahaan-perusahaan tuh.

Nah, mengenal potensi diri inilah hal yang paling penting. Kalau kamu sudah yakin hobi kamu tertuju di satu hal, maka jangan pernah malas untuk mengembangkannya.

[Baca: Menghasilkan Uang dari Hobi Masak? Coba Ide Bisnis & Profesi Ini]

2. Cari tahu peluang

Kalau kamu sudah menyadari hobimu terfokus pada satu hal, kamu harus mulai cari tahu peluang apa saja dari hobimu itu yang bisa mendapatkan uang.

Hobi yang berkaitan dengan industri kreatif saat ini paling banyak dicari. Hobi menulis, menggambar, main games, fotografi hingga main media sosial adalah peluang yang bisa diberdayakan menjadi sumber uang.

Di luar sana, banyak perusahaan yang butuh pekerjaan-pekerjaan kreatif seperti di atas. Kamu bisa dibayar dari hobi menulis. Kamu juga bisa dapat uang dari hobi menggambar. Bahkan kalau kamu mahir main media sosial, hobimu itu juga bisa jadi sumber pendapatan buat jadi admin.

Kalau kamu sudah mendapat peluang-peluang tersebut, kamu tinggal perdalam hobimu hingga kamu semakin ahli di bidangnya.

3. Cek ombak

menghasilkan uang
Punya hobi fotografi bisa jadi duit lho, tapi gak harus sampai kayak foto di atas ya, bikin tajut aja (baomoi)

Taruhlah kamu sudah yakin dengan satu hobimu yang bisa dijadikan pundi-pundi rupiah. Fotografi misalnya. Dengan hobi satu ini, kamu bisa mulai menjadi fotografer profesional.

Kamu bisa tes kemampuan fotografi kamu menjadi fotografer nikahan teman, saudara, atau kerabat. Kamu juga bisa coba-coba untuk menjual hasil jepretanmu melalui situs foto berbayar.

Sekarang ini banyak situs-situs jual beli foto yang bisa kamu coba untuk menjualnya.

[Baca: Yuk Menghasilkan Uang dari 5 Hobby yang Menguntungkan Ini!]

4. Buka peluang bisnis

Kalau hobimu sudah diyakini bisa menjual, maka jangan takut atau malu untuk narsis. Kamu bisa beritahukan banyak orang bahwa kamu memiliki bakat yang bisa mereka manfaatkan.

Hobi menulis, melukis, menggambar, fotografi, benerin ponsel rusak, benerin komputer atau hobi-hobi lainnya bisa kamu promosikan. Bilang ke mereka jika butuh jasa-jasa seperti di atas, jangan ragu menghubungimu.

Coba deh kamu gunakan dengan baik tuh media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram buat bikin poster jasamu buat promosi. Kasih tahu orang-orang kalau kamu membuka usaha jasa yang bisa mereka gunakan.

5. Ciptakan pelanggan

menghasilkan uang
Sesekali narsis bolehlah buat promosiin kemampuan kamu di media sosial (brandignity)

Kalau hobimu udah bisa menghasilkan uang dan banyak orang percaya akan kinerjamu, maka sudah saatnya kamu ciptakan pelanggan.

Kamu harus buktikan bahwa dengan hobimu itu, orang-orang akan terus menggunakan jasamu. Jangan lupa asah terus kemampuan hobimu agar hasil yang diberikan bisa memuaskan pelanggan.

Berikan pelayanan dan kualitas terbaik pada pelanggan. Tempel terus pelanggan. Bikin mereka gak bisa menggunakan jasa orang lain selain dirimu. Jadikan hobimu sebagai solusi bagi orang lain dan menyenangkan buat dirimu.

Dan jangan salah, banyak orang sukses gara-gara mereka bekerja sesuai hobi yang disenanginya. Sebut saja Farah Quinn yang punya hobi memasak itu kini jadi salah satu koki andal di Indonesia.

Begitu juga pebalap Rifat Sungkar dan atlet badminton Taufik Hidayat. Mereka kini udah buka sekolah balap dan badminton dengan jumlah murid yang lumayan banyak.

Nah, itulah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengembangkan hobimu menjadi pendapatan yang menjanjikan. Kamu bisa mulai dari sekarang agar hobimu bisa menghasilkan uang. Siap mencoba?

[Baca: Punya Hobi Traveling? Manfaatin Buat Menghasilkan Uang Dong, Ini 6 Profesi yang Bisa Dilirik]

 

MoneySmart
MoneySmart

MoneySmart adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.