5 Mobil Bekas untuk Keluarga dengan Biaya Perawatan Murah

mobil bekas

Apa sih yang harus dipikirkan ketika mau beli mobil bekas? Pertama adalah merek mobilnya, kedua harganya, dan yang terakhir apalagi kalau bukan soal biaya perawatannya.

Mobil-mobil yang biaya perawatannya murah, seringkali punya harga jual yang cukup tinggi. Jelas saja, banyak orang yang mencari mobil itu lantaran gak bikin kantong jebol. Kebanyakan mobil tersebut ada pada kategori mobil keluarga 1.500 cc alias low multi purpose vehicle (LMPV)

Begitu pun sebaliknya, yang harga jualnya anjlok mungkin menggoda dari segi tampilan. Tapi kalau biaya sparepart-nya kelewat mahal ya sama aja bohong bukan?

[Baca: Jual Beli Mobil? Ini 5 Mobil Jepang yang Harga Jualnya Turun]

So, tanpa berlama-lama lagi, inilah lima mobil dengan biaya perawatan murah. Biaya yang dimaksud lebih kepada harga beberapa sparepart yang sering diganti. Kalau untuk biaya jasa servisnya sih itu semua tergantung kamu mau servis di bengkel umum atau resmi.

[Baca: Bengkel Resmi atau Bengkel Umum, Mana Pilihan yang Lebih Cerdas?]

Biaya-biaya sparepart ini tentu berguna sebagai referensi buatmu yang ingin cari mobil bekas. Berikut ulasannya.

1. Toyota Avanza

Mobil bekas

Mobil sejuta umat ini tentu bakal ditempatkan di posisi pertama. Selain karena populasinya yang cukup banyak, harga jual mobil bekas Toyota Avanza juga bertahan mengingat biaya perawatannya yang murah. Berikut adalah estimasi harga sparepart Toyota Avanza.

2. Daihatsu Xenia

mobil bekas

Posisi kedua ditempati oleh saudara kembarnya Avanza, yaitu Daihatsu Xenia. Harga sparepart dari Xenia juga tergolong murah kok, palingan beda-beda dikit sama Avanza terutama di harga van belt-nya saja.

3. Suzuki Ertiga

mobil bekas

Posisi ketiga tampaknya bukan berasal dari keluarga Toyota maupun Daihatsu, melainkan dari Suzuki dengan varian Ertiga. Mobil keluarga yang satu ini tampaknya juga patut kamu lirik bila kamu ingin mencari mobil bekas. Sebab, performanya tangguh dan harga sparepart-nya murah.

4. Daihatsu Luxio

mobil bekas

Daihatsu Luxio juga bisa jadi pilihan lho. Selain mobilnya lega, perawatannya juga gak mahal. Udah gitu sejak tahun 2009 Luxio sudah hadir versi matic-nya. Kalau Granmax kan buat niaga, nah Luxio ini lebih pas buat keluarga.

5. Honda Mobilio

mobil bekas

Honda memang harga jualnya bertahan, dan terkenal juga dengan harga sparepart-nya yang lumayan mahal. Tapi buat Mobilio, masih tergolong murah kok.

Setelah membaca ulasan perbandingan di atas, kira-kira mobil keluarga yang mana nih yang bakal jadi incaranmu saat beli mobil bekas? Atau jangan-jangan kamu lebih tertarik sama mobil tipe lain?

Intinya, sah-sah aja kok membeli mobil tipe apa pun, asal siap juga sama biaya perawatan dan pajak tahunannya. Tapi untuk mobil bekas, nampaknya kamu harus hati-hati ketika membeli. Ada baiknya juga melakukan survei mobil di situs jual beli online, biar gak mondar mandir buang ongkos dan tenaga ke showroom.

[Baca: 4 Alasan Beli Mobil Bekas Online Lebih Aman Daripada di Showroom]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560