Gak Banyak yang Tahu, 5 Mobil Mahal Kelas Dunia Ini Punya Unsur Khas Indonesia

4 menit
Mobil mahal dengan unsur Indonesia. (Shutterstock)
Mobil mahal dengan unsur Indonesia. (Shutterstock)

Mungkin banyak yang belum tahu kalau ternyata ada mobil mahal keluaran pabrikan kelas dunia yang mengandung unsur Indonesia. Bukan sembarang mobil mahal, kendaraan-kendaraan roda empat itu keluaran pabrikan Eropa dan Amerika lho.

Unsur Indonesia di sini maksudnya bisa nama khas Indonesia yang digunakan, bisa juga elemen, fitur, atau spareparts yang menggunakan bahan baku khas Indonesia.

Ya, selama ini kita memang udah sering melihat mobil-mobil keluaran Jepang yang dirakit di dalam negeri dan diberi nama khas Indonesia. Contohnya saja seperti mobil legendaris Toyota Kijang, Mitsubishi Kuda, hingga Suzuki Karimun yang masih diproduksi hingga saat ini.

Tapi, boleh jadi, belum banyak yang tahu kalo nama-nama besar pembuat mobil di Eropa juga pernah menggunakan nama berbau Indonesia di produk mereka. Bukan sekedar kendaraan niaga atau keluarga, malah beberapa diantara adalah sport car yang tergolong mobil mahal lho.

Penasaran mobil mahal apa yang menyandang nama Indonesia atau punya unsur Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Baca Juga: Mau Kredit Mobil Murah? Ini 6 Pertimbangannya Kalau Kamu Tinggal di Jakarta

Mobil mahal Porsche Macan

Mobil Mahal Porsche Macan. (Shutterstock)
Mobil Mahal Porsche Macan. (Shutterstock)

Jangan kaget, tapi ini memang benar-benar Porsche lho, pabrikan asal Jerman yang terkenal dengan mobil-mobil sport berharga selangitnya. Nama “Macan” sendiri memang terinspirasi dari harimau Jawa, salah satu spesies yang dilindungi di Indonesia.

Konon, penamaan ini ditujukan untuk membangun imej si mobil menjadi tunggangan yang ganas, namun tetap dikagumi. Porsche Macan ini masuk keluarga crossover utility vehicle (CUV) yang diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman sana.

Mobil mahal ini pertama kali diproduksi pada tahun 2014 silam. Hingga kini, ada beberapa varian Porsche Macan, dari varian terendah, yaitu Macan, yang berkapasitas mesin 1984 cc, sampai Macan Turbo V6 yang punya kapasitas 3604 cc. Varian tertingginya ini, bisa menempuh kecepatan maksimal hingga 270 km per jam lho. Gahar gak?

Soal harganya gimana? Hmm, siapkan aja bujet Rp 2,1 – Rp 2,7 miliar buat mencoba menjinakkan Macan yang satu ini.

Baca Juga: Pengeluaran Wanita Buat Ngurus Motor Lebih Banyak Ketimbang Pria, Kenapa?

Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya

Mobil mahal Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya. (Tempo)
Mobil mahal Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya. (Tempo)

Kalau yang pertama mobil Eropa, nah yuk kita intip yang dari negeri Paman Sam. Yak, inilah Jeep Wrangler Mountain Jaya Wijaya.

Gak asing sama namanya kan? Ya memang benar nama Jeep itu meminjam nama pegunungan Jaya Wijaya yang ada di Papua.

Memang, gak ada teks “Jaya Wijaya” di bodi mobil ini. Namun, pegunungan itu tergambar dengan siluet di tulisan “Mountain” pada kanan dan kiri kap mesin. Ada juga deretan angka yang mewakili koordinat garis bujur Pegunungan Jaya Wijaya.

Mobil ini pertama kali dipamerkan kepada publik di ajang bergengsi Geneva Motor Show tahun 2012 silam. Sayangnya, mobil yang dibanderol dengan harga Rp 760 jutaan ini udah gak dijual lagi karena memang cuma diproduksi dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: Kurang Laris, 3 Mobil Ini ‘Disuntik Mati’ di Tahun 2018

Lamborghini Madura

Lamborghini Madura. (Lambocars.com)
Lamborghini Madura. (Lambocars.com)

Apa mungkin pabrikan super car sekelas Lamborghini bakal memiliki unsur Indonesia? Kenapa gak? Buktinya, produsen mobil asal Italia itu membuat sebuah concept car yang diberi nama Lamborghini Madura.

Kamu gak mungkin gak kenal sama nama “Madura” bukan? Ya, Lamborghini memang menyematkan nama salah satu pulau di Indonesia ini di concept car mereka.

Sejak kabar rencana Lamborghini bakal bikin Madura muncul pada tahun 2011, pembuatan mobil ini selalu mundur pengerjaannya. Kabar terakhir, Lamborghini Madura bakal dirampungin tahun 2016. Tapi, sampai sekarang belum ada lagi kelanjutannya.

Jeep Wrangler Sport 4 Pintu “Bromo Adventure”

Mobil Mahal Jeep Wrangler Bromo Adventure. (Garansindo)
Mobil Mahal Jeep Wrangler Bromo Adventure. (Garansindo)

Satu lagi Jeep Wrangler yang terinspirasi unsur khas Indonesia, Jeep Wrangler Bromo Adventure. Ya, kalau Bromo ya apalagi kalau bukan Gunung Bromo di Jawa Timur kan.

Sebenarnya, mobil Jeepnya sih sama aja. Bedanya, Jeep Wrangler ini dilengkapi aksesoris yang mengadopsi spirit penjelajahan kawasan Bromo. Aksesoris-aksesoris itu bikinan Mopar, brand sparepart yang merupakan anak perusahaan Fiat Chrysler Automobiles.

Ya namanya aja buat menjelajahi medan berpasir kayak Bromo, udah pasti lah aksesorisnya juga disesuaikan dengan kondisi alamnya. Contohnya aja mesh gril sebagai pelindung mesin, sehingga pasir dan debu gak gampang masuk.

Ada juga door sill guard yang mencegah butiran pasir masuk ke kabin. Dengan aksesoris ini, interior Jeep tetap bersih juga kan. Kamu bisa dapetin mobil ini pada kisaran harga Rp 700 jutaan. Tertarik?

Rolls Royce Sweeptail

Rolls Royce Sweeptail. (Rolls Royce)
Rolls Royce Sweeptail. (Rolls Royce)

Disebut-sebut sebagai mobil termahal di dunia, Roll Royce Sweeptail dibanderol dengan harga Rp 190 Miliar. Gak sembarang orang bisa memilikinya, karena mobil ini cuma dibikin dalam jumlah terbatas.

Mobil bikinan Inggris ini dirancang oleh desainer mobil kenamaan Giles Taylor. Memang, Sweeptail dibikin pada tahun 2017. Tapi, desainnya mengadopsi beberapa generasi Roll Royce terdahulu, seperti Phantom I 1925, Phantom II 1934 Streamline Saloon, Phantom II 1934 Two Door Light Saloon dan Phantom Coupe 1934.

Nah, terus, di mana letak ke-Indonesiannya? Berbeda dengan empat mobil sebelumnya yang kita bahas, mobil ini gak menyematkan nama Indonesia.

Tapi, ada bagian mobil ini yang dibikin pakai bahan baku khas Indonesia. Ya, dashboard mobil yang terkesan mewah dan klasik ini dibuat dari kayu Paldao dan Macassar Ebony. Buat yang gak pernah dengar, kayu Ebony itu ya kayu hitam Sulawesi. Keren ga sih?

Itu dia deretan mobil mahal kelas dunia yang memiliki unsur Indonesia. Kalau kita melihat ke belakang, sejak zaman dulu, Indonesia emang punya daya tarik tersendiri di mata orang asing.

Para penjajah rela datang jauh-jauh buat mendapatkan rempah-rempah khas Indonesia. Selain itu, sudah sejak lama pula, orang asing, terutama bangsa Eropa, yang tertarik untuk mempelajari, hingga mengeksploitasi kebudayaan asli Indonesia.

Daya tarik Indonesia ternyata gak lekang dimakan zaman. Buktinya, sampai sekarang produsen mobil mahal Eropa dan Amerika pun masih mengadopsi nama khas Indonesia untuk kendaraan mereka.

Ruben Setiawan

Pembelajar yang selalu mencoba hal-hal baru untuk dipahami. Semoga selalu bisa memberikan informasi bermanfaat bagi pembaca.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan