Ini Dia Deretan 5 Mobil Kepolisian yang Jarang Dipakai Patroli

3 menit
Mobil patroli kepolisian (Shutterstock).

Mobil kepolisian merupakan kendaraan yang digunakan polisi untuk berpatroli. Tanpa mobil patroli, tugas polisi bisa dibilang akan kurang optimal. Selain dapat digunakan di jalan bebas hambatan, mobil tersebut juga dapat digunakan untuk membawa seseorang. Baik itu pelaku kriminal atau menolong korban kecelakaan.

Mobil yang digunakan oleh kepolisian di setiap negara tentunya berbeda-beda. Bahkan di beberapa negara justru ada mobil patroli yang tak pernah dipakai untuk patroli. Entah karena alasan apa, mobil-mobil ini benar-benar tidak pernah dipakai patroli. Penasaran dengan mobil apa saja? Melansir laman Carmudi, ini ulasannya:

1. Suzuki Jimny – Jepang

Mobil patroli
Suzuki Jimny Kepolisian di Jepang (Carmudi)

Mobil yang satu ini menjadi salah satu mobil legendaris yang ada di Jepang. Di Indonesia, populasi Jimny juga terbilang cukup banyak. Tapi, untuk generasi ketiga di Indonesia jumlahnya bisa dibilang hanya sedikit. Di negara asalnya Jepang, Jimny generasi ketiga ini menjadi mobil kepolisian.

Sayangnya, Jimny generasi ketiga ini justru enggak pernah dipakai untuk kegiatan patroli rutin. Entah sayang atau bagaimana, rasanya kasihan juga ya. Sudah dibuat menjadi mobil patroli, eh malah nggak pernah diajak berkeliling.

2. Fiat Multipla – Italia

Mobil patroli
Fiat Multipla Kepolisian Italia (Carmudi)

Nasib Fiat Multipla hampir sama seperti Suzuki Jimny. Mobil yang dibuat di negaranya sendiri ini justru tidak pernah digunakan untuk patroli. Mungkin pernah digunakan patroli, tetapi bisa dihitung berapa kali dipakai patroli. Bagi sebagian orang, Fiat Multipla ini dianggap memiliki desain yang aneh banget.

Wajah depannya seperti bertumpuk. Lampu utamanya terdapat di bagian bawah, sedangkan di bagian atas di bawah kaca depan merupakan lampu kabut. Dilihat dari bentuknya, Fiat Multipla ini emang lumayan aneh sih. Atau polisi Italia agak malu buat pakai mobil ini ya? Hehehe.

3. Hyundai Sonata – Korea Selatan

Mobil patroli
Hyundai Sonata Kepolisian Korea Selatan (Carmudi)

Kepolisian Korea Selatan juga mempercayakan produsen otomotif asal negaranya juga, Hyundai. Polisi Korea Selatan pernah memakai Hyundai Sonata untuk menjadi mobil patroli kepolisian. Sayangnya, mobil sedan yang cukup premium ini rasanya hanya menjadi hiasan pihak kepolisian saja nih.

Di Indonesia, Hyundai Sonata digunakan sebagai mobil dinas bagi pejabat di kalangan Kepolisian. Wah, mobil bagus begini kenapa nggak pernah dipakai untuk patroli ya.

4. Toyota Corolla – Singapura

Mobil patroli
Toyota Corolla Kepolisian Singapura (Carmudi).

Di negara tetangga kita, Singapura juga ada nih mobil kepolisian yang nggak pernah dipakai patroli. Ia adalah Toyota Corolla. Pihak kepolisian Singapura pernah menggunakan Toyota Corolla sebagai kendaraan dinas bagi polisi yang bertugas. Entah kenapa, mobil ini justru jarang dipakai oleh pihak kepolisian untuk keperluan patroli.

Padahal kalau dipakai sih lumayan oke juga nih. Bisa jadi di Singapura yang melanggar peraturan lalu lintas cukup sedikit, makanya polisinya jadi jarang patroli. Sekadar informasi, Toyota Corolla ini juga pernah digunakan oleh beberapa negara seperti Ghana, Thailand dan Turki sebagai mobil kepolisian.

5. Smart Fortwo – Amerika Serikat

Mobil patroli
Smart Fortwo Kepolisian Amerika Serikat (Carmudi)

Pihak kepolisian Amerika Serikat juga punya nih mobil patroli yang sebenarnya keren. Mobil tersebut adalah Smart Fortwo yang merupakan mobil dua penumpang. Entah karena alasan apa, mobil ini tak pernah digunakan untuk patroli di jalan raya. Ada kemungkinan jika performa mobil ini dirasa kurang.

Maklum, jalanan Amerika Serikat yang panjang dan lebar membutuhkan mobil berperforma kencang. Tindak kejahatan di negara ini juga cukup banyak. Nggak percaya? Lihat saja banyaknya aksi kejar-kejaran antara polisi dan pelanggar lalu lintas. Mungkin mobil ini dianggap kurang mumpuni performanya kali ya.

Itu adalah 5 mobil patroli yang tidak pernah digunakan untuk keperluan berkeliling. Dari kelima mobil ini, mana mobil yang menurutmu menjadi favorit? (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be