5 Orang Terkaya di Dunia 2017 Ternyata Gak Naik Mobil Mewah

4 menit
orang terkaya di dunia 2017

Apa yang terlintas di benakmu ketika bicara soal mobilnya orang terkaya di dunia 2017? Apakah itu Aston Martin Valkyrie? Lamborghini Veneno Roadster? Bugati Veyron? Ferarri California? Atau mungkin Koenigsegg Agera?

Emang sih, orang terkaya peringkat kedua Bill Gates punya tiga mobil Porsche. Orang terkaya ke-empat yaitu Amancio Ortega punya mobil Audi A-7. Orang terkaya ke lima alias Mark Zuckerberg punya Pagani Huarya.

Lalu Carlos Slim Helu yang duduk di posisi ke-enam punya Bentley Continental Flying Spur, Audi, Cadillac 1971, Maybach Guard, dan Jip Mercy 4×4. Sementara itu Bernard Arnault yang duduk di posisi tujuh naik BMW seri 7, dan orang terkaya ke delapan Larry Ellison punya McLaren F1 dan Audi R8.

Percaya gak percaya, mobil-mobil sport itu sama sekali gak ada di garasi orang terkaya di dunia 2017 nomor satu, tiga, sepuluh, 17, dan 21. Kelihatannya Mereka gak tertarik mengoleksi mobil-mobil bertenaga besar yang boros bensin.

[Baca: Jangan Buru-buru Beli Mobil Mewah, Simak 5 Cara Cerdasnya Yuk]

Padahal kalau dipikir-pikir mereka justru mampu beli mobil tersebut. Wong kekayaannya aja saja triliunan.

Apakah kamu penasaran sama mobil-mobil yang dimiliki enam orang terkaya yang dimaksud? Mari simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Jeff Bezos

orang terkaya di dunia 2017
Mobil Jeff Bezos (networthq)

Pendiri Amazon yang duduk di peringkat utama sebagai orang terkaya di dunia 2017 ini, ternyata mengendarai Chevrolet Blazer keluaran 1988. Ada alasan sederhana mengapa Bezos memilih mobil SUV manual dengan lima percepatan ini.

Menurut Bezos, dirinya memang jatuh cinta dengan mobil ini karena Chevrolet Blazer sangat sederhana dan desainnya bagus. Selain Chevrolet Blazer, pria yang total kekayaannya mencapai Rp 1.360 triliun juga dikabarkan memiliki Honda Accord lansiran 1996.

Media sempat melaporkan bahwa Bezos sering dipergoki mengendarai Blazer kesayangannya dari Seattle ke New York. Dan sejauh ini, belum ada laporan di media manapun mengenai mobil lain yang dimiliki Bezos.

2. Warren Buffett

orang terkaya di dunia 2017
Mobil Warren Buffett (CNN)

Pada 2014, milyuner yang terkenal dengan gaya hidupnya yang sederhana ini membeli mobil Cadillac XTS yang harganya US$ 45 ribu. Kalau di-Rupiahkan ya kurang lebih Rp 600 jutaanlah.

Kalau dipikir-pikir, bisa saja dia beli banyak mobil seperti Carlos Slim atau Bill Gates. Wong kekayaan Buffett saja mencapai Rp 1.151 triliun.

Selain gak punya mobil mewah, CEO Berkshire Hatthaway juga tinggal di rumah yang sangat sederhana. Rumah tersebut adalah rumah yang dia beli tahun 1958, dan kalaupun dijual lagi tahun ini, harganya paling Rp 3,3 miliar saja. Jelas kalah mahal sama Rumah Pangeran Arab.

[Baca: Rumah 7 Orang Terkaya di Dunia Ini Masih Kalah Mahal dari Pangeran Arab]

3. Ingvar Kamprad

orang terkaya di dunia 2017
Mobil Ingvar Kamprad (opposite lock)

Pendiri Ikea yang tutup usia pada 27 Januari 2018 juga terkenal karena gaya hidupnya yang gak neko-neko soal mobil. Selama lebih dari dua dekade, mendiang Kamprad dikabarkan hanya mengendarai Volvo 240 GL keluaran 1993 saja.

Mobil lawas itu berjenis sedan wagon. Dulu sih harganya kurang lebih US$ 22 ribu, atau Rp 200 jutaan.

Pria asal Swedia yang duduk di posisi 10 orang terkaya di dunia 2017 punya kekayaan sebesar Rp 628 triliun. Selain gak neko-neko untuk urusan mobil dia pun mengaku sering beli baju di pasar kaget. Hemat banget deh pokoknya mendiang Ingvar Kamprad ini.

4. Alice Walton

orang terkaya di dunia 2017
Mobil Alice Walton (f150online)

Alice Walton adalah orang terkaya di dunia 2017 di peringkat ke 17, yang akhirnya dinobatkan sebagai perempuan terkaya di dunia sepeninggal Lilian Bettencourt. Perempuan berusia 67 tahun ini adalah pemilik Wallmart.

Dengan kekayaannya yang mencapai Rp 450 triliun, Walton hanya mengendarai mobil pickup double cabin Ford F-150 King Ranch lansiran 2006. Dulu harga mobil ini dijual seharga Rp 500 jutaan.

Konon kabarnya, mendiang Sam Walton yang tak lain adalah ayah Alice, juga mengendarai mobil dengan tipe yang sama pada 1979. Mobil itu tetap jadi operasionalnya hingga Sam meninggal dunia.

5. Steve Ballmer

orang terkaya di dunia 2017
Mobil Steve Ballmer (Vorply)

Pemilik klub basket Los Angeles Clippers dan mantan CEO Microsoft ini, memilih mobil Ford Fusion Hybrid sebagai mobil sehari-harinya. Hal itu disebabkan karena ayah Ballmer adalah seorang petinggi di perusahaan mobil buatan Amerika tersebut.

Ford Fushion Hybrid yang dikendarai pria terkaya di dunia urutan ke 21, yang kekayaan sebesar Rp 409 triliun itu, harganya US$ 28 ribu, atau setara dengan Rp 300 jutaan. Ballmer pun sudah merasa cukup dengan mobil yang dikendarainya saat ini.

Itulah lima orang terkaya di dunia 2017 yang memilih untuk gak membeli mobil mewah seharga miliaran Rupiah. Kisah mereka tentu mengajari kita bahwa mobil gak mesti jadi tolak ukur kemapanan seseorang, begitupun dengan rumah.

Sejatinya, mobil bukan kebutuhan pokok. Gak punya mobilpun gak apa-apa kok karena masih ada kendaraan umum.

Selain itu, memiliki mobil tentunya harus siap juga dengan pengeluaran yang gak sedikit. Dan semakin mahalnya sebuah mobil, tentu makin repot dan mahal pula perawatannya. Setuju gak?

[Baca: Jangan Cuma Bisa Pakainya, Ingat Juga 5 Biaya yang Harus Disiapkan Kalau Punya Mobil]

 

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan