Orang-Orang Terkaya di Negara-Negara Asean, Ada yang Sekaya Bos Djarum Gak Ya?

4 menit
Orang terkaya se Asia Tenggara

Kalau bicarakan orang terkaya di Indonesia, pastinya kamu udah tahu siapa orang-orangnya. Gak lain dan gak bukan adalah pemilik Grup Djarum, yaitu Robert Budi dan Michael Hartono. Nah, gimana dengan orang-orang terkaya di negara-negara se-Asean?

Baru-baru ini Forbes merilis data terbaru orang-orang terkaya di dunia. Nama-nama lama masih bertengger di jajaran orang terkaya dan ada juga nama baru yang masuk daftar.

Menarik buat dibicarakan, gak cuma di Indonesia aja lahir para orang terkaya, negara-negara se-Asia Tenggara atau Asean pun juga bermunculan orang-orang yang memiliki harta hingga ratusan triliun rupiah.

Bikin penasaran kan siapa aja mereka itu? Apakah ada di antara mereka yang lebih kaya dari Hartono bersaudara yang kekayaannya tembus US$ 18,6 miliar atau Rp 265 triliun? Dikutip dari Forbes, inilah deretan orang terkaya se-Asean.

Baca juga: Pemerintah Fokus Dongkrak Investasi Pariwisata dan Ekonomi Digital pada 2019

1. Robert dan Philip Ng – Singapura: Rp 171 triliun

Robert dan Philip Ng (Forbes).

Singapura bukan cuma menyandang status sebagai salah satu negara terkaya di dunia, melainkan juga melahirkan banyak orang terkaya. Salah satunya nih Robert dan Philip Ng.

Dua orang bersaudara ini ditempatkan Forbes di peringkat satu dalam jajaran miliarder dunia. Kekayaan yang dimiliki dua bersaudara ini mencapai US$ 12 miliar atau Rp 171 triliun.

Besarnya kekayaan yang diperoleh dua bersaudara Ng ini diperoleh dari Far East Organization, perusahaan properti terbesar di Singapura. Far East Organization didirikan ayah mereka, Ng Teng Fong, tahun 1934. Karena perusahaan itu, ayahnya dijuluki  “The King of Orchard Road”.

Baca juga: Setara dengan Harga Mini Cooper, Segini Lho Total Biaya Kuliah Selama 4 Tahun di Jakarta

2. Dhanin Chearavanont – Thailand: Rp 237 triliun

Dhanin Chearavanont

Buat yang punya usaha peternakan ataupun investasi saham, nama Charoen Pokphand pasti udah gak asing lagi. Rupanya perusahaan yang garap sektor agribisnis dan makanan ini dimiliki orang terkaya di Thailand, yaitu Dhanin Chearavanont.

Forbes memasukan nama Dhanin Chearavanont sebagai orang paling kaya nomor satu di Thailand. Total kekayaannya mencapai US$ 15,2 miliar atau Rp 237 triliun.

Kekayaan Dhanin Chearavanont berasal dari Charoen Pokphand Group yang dijalankannya. Asal tahu aja nih, perusahaan yang dirintis tahun 1921 ini juga menggarap beberapa sektor bisnis lainnya selain agribisnis dan makanan, seperti retail, distribusi, real estate, dan investasi.

Baca juga: Membangun Daihatsu Ayla Turbo, Berapa Biaya yang Harus Dikeluarkan?

3. Manuel Villar – Filipina: Rp 82 triliun

Manuel Villar

Ada nama Manuel Villar sebagai orang terkaya di Filipina. Nilai kekayaan yang dimiliki pengusaha properti ini sekitar US$ 5,5 miliar atau sekitar Rp 82 triliun.

Menariknya, Manuel Villar bisa kaya sekarang ini bukan semata-mata mewarisi kerajaan bisnis orang tuanya. Ia memulai dari nol hingga bisa besar seperti sekarang. Kebolehannya dalam berbisnis dimulai sejak ia membantu ibunya jualan makanan laut di pasar Manila.

Terjun ke bisnis properti dengan membangun Vista Land & Lifescapes bikin pundi-pundi kekayaan Villar terisi penuh. Sampai akhirnya ia menjadi miliarder di Filipina.

4. Robert Kuok – Malaysia: Rp 182 triliun

Robert Kuok (Forbes).

Kalau kamu tahu Hotel Shangri-la, kamu juga tahu dong siapa pemiliknya? Rupanya hotel berkelas tersebut dimiliki orang terkaya di Malaysia, yaitu Robert Kuok.

Dikabarkan kekayaan miliarder tersebut mencapai US$ 12,8 miliar atau sekitar Rp 182 triliun. Alih-alih semua kekayaannya berasal dari Hotel Shangri-la, Robert Kuok juga punya bisnis-bisnis lain yang tergabung dalam Kuok Group.

Kuok Group yang dirintisnya tahun 1949 di Johor Baru, Malaysia tersebut menggarap sektor-sektor, seperti properti, logistik, penginapan, maritim, properti, hingga makanan dan agribisnis.

5. Pham Nhat Vuong – Vietnam: Rp 111 triliun

Pham Nhat Vuong

Di Vietnam ada Pham Nhat Vuong yang masuk daftar orang terkaya versi Forbes. Miliarder di Vietnam ini diketahui punya kekayaan senilai US$ 7,8 miliar atau Rp 111 triliun.

Kekayaannya tersebut berasal dari grup bisnis yang dikelolanya, yaitu Vingroup. Banyak sektor yang digarap Vingroup. Mulai dari properti, perhotelan, entertainment, retail, kesehatan, pendidikan, agrikultur, industri, hingga teknologi.

Nah, itu tadi nama-nama yang masuk jajaran orang terkaya di negara-negara Asia Tenggara. Nilai kekayaan yang mereka punya benar-benar fantastis. Mulai dari puluhan triliun hingga ratusan triliun.

Walaupun begitu, Hartono bersaudara tetap menjadi orang terkaya lho di Asia Tenggara. Ke depan bisa jadi harta yang mereka punya sekarang meningkat seiring bagusnya bisnis mereka. (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan