5 Pesawat Tempur Termahal Sejagat, Ada yang Dipesan Indonesia Lho!

4 menit
Pesawat tempur termahal di dunia. (Shutterstock)
Pesawat tempur termahal di dunia. (Shutterstock)

Pesawat tempur tentu jadi salah satu alat pertahanan negara yang cukup penting. Karena kendaraan yang satu ini memang tergolong fleksibel dalam melakukan serangan ke pihak musuh.

Tentu saja gak ada kata murah untuk mendeskripsikan biaya operasional sebuah pesawat tempur. Judulnya saja pesawat, alias kendaraan yang bisa mengudara, ongkos menerbangkan dan perawatannya pastinya tinggi.

Meskipun cuma muat dua orang, pesawat tempur bisa melesat dengan kecepatan yang sangat tinggi. Belum lagi, mereka dilengkapi dengan persenjataan yang sangat mutakhir.

Hari ini kita akan membahas soal pesawat-pesawat tempur termahal di dunia sekaligus spesifikasinya. Ingin tahu lebih lanjut? Berikut ulasannya dari yang gak terlalu mahal sampai yang mahalnya kebangetan.

Baca juga: Seharga Rp 145 Triliun, Yuk Intip Kapal Perang Termahal di Dunia Ini

5. Sukhoi SU-35 – Rp 918 miliar

Pesawat tempur Sukhoi SU-35. (Shutterstock)
Pesawat tempur Sukhoi SU-35. (Shutterstock)

Pesawat tempur yang namanya seringkali disebut di setiap portal berita online atau majalah militer ini, berasal dari Rusia. Pesawat ini punya bobot kurang lebih 17 ribu kilogram.

Sukhoi yang sudah ada di era Uni Soviet sejatinya dibuat untuk bersaing dengan F-14 Tomcat, F-15 Eagle dan F-16 Fighting Falcon, milik Amerika Serikat. Yang jelas SU-35 merupakan kelanjutan dari SU-27.

Pesawat tempur SU-35 juga dilengkapi dengan radar multi-mode, detektor inframerah dan senjata yang telah diperbaharui. Pesawat ini dilengkapi dua mesin Saturn 117S dengan turbofan TVC. Dan pastinya, burung besi ini sanggup melesat di kecepatan 2.390 km per jam!

Asal kamu tahu, Indonesia juga sudah memesan pesawat ini lho. Kalau proses pembeliannya lancar nih, pada Agustus 2019 mendatang, 11 unit pesawat ini bakal hadir di Indonesia!

Baca juga: 5 Miliarder Ini Punya Kapal Pesiar, Salah Satunya Orang Indonesia Lho!

4. McDonnell-Douglas F/A-18E Super Hornet – Rp 918 miliar

Pesawat tempur F/A-18E Super Hornet. (Shutterstock)
Pesawat tempur F/A-18E Super Hornet. (Shutterstock)

Nah pesawat tempur ini adalah pesawat berkecepatan supersonik yang bisa dioperasikan lewat kapal induk di segala cuaca. So, jet yang satu ini dioperasikan oleh Marinir Negeri Paman Sam.

Saat ini, Hornet juga menjadi kendaraan tempur pengawal pertahanan udara sebuah negara. Mereka gak segan untuk menghadang masuk pesawat-pesawat asing yang melanggar batas teritorial.

Pesawat berbobot 23 ribu kilogram ini, dibekali mesin ganda General Electric F404-GE-402 turbofans. Kecepatan maksimumnya 1.915 km per jam, dan sanggup mengangkut persenjataan yang cukup mumpuni.

Akan tetapi, Hornet juga sering menerima kritik karena kelemahannya dalam daya jelajah. Pendahulunya yaitu F 14 Tomcat justru lebih baik dalam hal ini.

Baca juga: Sampai Rp 800 Miliar, Ini Jet Pribadi Milik 6 Orang Super Tajir di Indonesia

3. Dassault Rafale – Rp 1,3 triliun

Pesawat tempur Dassault Rafale. (Shutterstock)
Pesawat tempur Dassault Rafale. (Shutterstock)

Ini adalah pesawat tempur dari Perancis yang sudah digunakan selama 17 tahun. Pesawat buatan Dassault Group ini dirancang sebagai pesawat yang berpangkalan di darat maupun di kapal induk.

Kabarnya, karakteristik pesawat ini mirip-mirip dengan Super Hornet. Akan tetapi, teknologinya beda.

Pesawat ini menggendong mesin ganda Snecma M88-2 turbofan. Saat terbang tinggi, dia bisa melaju hingga menyentuh kecepatan 2.390 km per jam.

Pesawat ini juga sudah dioperasikan di Perang Teluk, Perang Kosovo, Libya, dan beberapa negara lainnya.

2. Eurofighter Typhoon – Rp 1,38 triliun

Pesawat tempur Eurofighter Typhoon. (Shutterstock)
Pesawat tempur Eurofighter Typhoon. (Shutterstock)

Pesawat tempur ini punya rancangan yang mirip-mirip Dassault Rafale dan Saab Gripen di Swedia. Intinya, pesawat ini dibuat agar lincah, memiliki fitur stealth, dan diprediksi akan terus dioperasikan hingga tahun 2040 mendatang.

Eurofighter adalah jet tempur buatan Britania Raya yang sudah digunakan oleh banyak negara Eropa. Tapi, Arab Saudi pun punya jet tempur ini lho.

Yang jelas, pesawat ini terbuat dari komposit serat karbon, glass-reinforced plastic, aluminium lithium, titanium dan aluminium casting. Ia juga memiliki fitur teknologi siluman, termasuk radar frontal penampang rendah, sensor pasif dan kemampuan supercruise.

Eurofighter juga dibekali mesin ganda Eurojet EJ200 yang dikembangkan di Jerman. Kabarnya, dia lebih cepat ketimbang F-14 Tomcat, F-15 Eagle, F-16 Fighting Falcon, F/A-18 Hornet, Mirage 2000, Rafale, Sukhoi SU-27 maupun Mikoyan Mig-29!

1. Lockheed-Martin F-22 Raptor – Rp 2,1 triliun

Pesawat tempur F22 Raptor. (Shutterstock)
Pesawat tempur F22 Raptor. (Shutterstock)

Dan yang termahal sejagat ternyata adalah pesawat tempur asal Amerika Serikat, yaitu F-22 Raptor! Bisa dibilang ini adalah pesawat tempur paling superior yang dibuat AS untuk menandingi pesawat Rusia.

Konstruksi Raptor terdiri dari, 39% titanium, 24% komposit, 16% aluminium dan 1% termoplastik berat. Untuk rangkanya, F-22 terbuat dari serat karbon yang ternyata juga digunakan untuk rangka mesin Lamborghini.

Pesawat ini juga memiliki fitur siluman yang cukup baik. So, gak heran deh kalau dia memang sulit dideteksi oleh radar.

F-22 Raptor juga didukung oleh dua mesin Pratt dan Whitney F119-100. Ia sanggup melesat di kecepatan 2.575 km per jam!

Itulah lima pesawat tempur termahal di dunia. Mahal-mahal semua kan? Ya iyalah, namanya juga alat tempur. Mahal harganya, demikian pula dengan perawatannya. (Editor: Ruben Setiawan)

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan