Multi-Talenta, Menteri Susi Pudjiastuti Pernah Jalani 5 Profesi Ini Lho

3 menit
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti [TEMPO/STR/Nurdiansah]
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti [TEMPO/STR/Nurdiansah]

Siapa sih yang gak kenal dengan Menteri Susi Pudjiastuti? Menteri Kelautan dan Perikanan ini bisa dibilang menonjol dibandingkan dengan menteri-menteri lainnya di kabinet Presiden Jokowi. Gak heran, Susi jadi menteri yang paling diingat sama masyarakat.

Beberapa alasannya adalah penampilan Susi yang begitu nyentrik dan keputusan yang dia buat yang sangat berani. Kamu pasti ingat banget kan sama jargon “tenggelamkan” yang begitu melekat pada Susi?

Ternyata Menteri Susi gak cuma jago jadi menteri, tetapi juga punya banyak talenta lain lho. Terbukti, Susi sanggup menjalankan profesi lainnya yang bahkan jauh dari bidangnya.

Berikut lima profesi yang pernah dan sedang dilakoni oleh Menteri Susi Pudjiastuti.

1. Pengepul ikan

Menteri Susi Pudjiastuti
Ajib dah, Bu Menteri satu ini!

Yap! Inilah salah satu profesi pertama dan yang menjadi jalan bagi Susi bisa sukses di bisnis perikanan.

Awalnya, Susi Pudjiastuti menjadi pengepul ikan di TPI alias tempat pelelangan ikan Pangandaran, Jawa Barat. Saat itu modal awal usaha Susi cuma Rp 750 ribu aja. Itu pun dia dapat dari hasil menjual perhiasan.

Saat itu, Susi sempat melanjutkan sekolah hingga jenjang SMA, namun gak lulus. Akhirnya, dia memilih buat berjualan.

2. Jadi pebisnis perikanan

susi pudjiastuti biografi
Megang ikan aja gak takut gitu, lho. Ntaps!

Usaha pengepul ikan yang dirintis sejak tahun 1983 tersebut ternyata gak berakhir sia-sia. Susi sukses mengembangkan usahanya tersebut jadi sebuah bisnis besar.

Bisnis pengolahan ikan yang dia miliki tersebut berkembang sampai ke Asia dan Amerika. Oleh sebab kesuksesan itu pulalah, Susi pun akhirnya putar otak buat punya sarana transportasi udara yang memadai. Susi pun memberanikan diri buat beli pesawat sendiri.

Modal Rp 20 miliar buat beli pesawat tersebut diperolehnya dari pinjaman bank. Pas banget suami Susi saat itu adalah seorang mekanik pesawat dan pilot di Indonesia. Jadi klop deh ide buat beli pesawat tersebut.

3. Bisnis transportasi udara

kisah sukses susi pudjiastuti
Bu Susi ngegendong orangtuanya buat naik pesawatnya, lho.

Pembelian pesawat yang dilakukan oleh Susi tersebut ternyata membawanya ke bidang bisnis lainnya, yaitu bisnis transportasi udara.

Perusahaan transportasi udara yang didirikan oleh Susi diberi nama PT ASI Pudjiastuti Aviation. Susi Air awalnya “cuma” mengangkut lobster dan ikan segar tangkapannya aja, tetapi kemudian beralih jadi bisnis transportasi udara komersial.

Selama bisnis perikanannya sempat merosot, Susi kemudian menyewakan pesawatnya. Bahkan, pesawat tersebut sempat digunakan buat misi kemanusiaan saat gempa 2004 di Aceh, lho. Pesawat tersebut jadi pesawat pertama yang berhasil sampai di lokasi bencana.

Perusahaan yang dimiliki oleh Susi ini punya aset hingga Rp 1 triliun! Bahkan, pada tahun 2012 lalu, pendapatannya mencapai Rp 300 miliar setahun.

4. Model catwalk

susi pudjiastuti dan keluarga
Penampilan Bu Susi di Jakarta Fashion Week. Cucok ya!

Siapa sangka di balik sikap tomboy Menteri Susi, dia pernah jadi model catwalk. Susi jadi model buat gelaran khusus Indonesia Fashion Week yang diselenggarakan di Jakarta, Maret 2018 lalu.

Saat itu, Susi mengenakan setelan kebaya karya Anne Avantie. Susi berhasil berjalan di panggung catwalk dengan langkah yang anggun banget. Beda deh sama karakter Susi selama ini yang boyish dan “garang” abis.

5. Jadi menteri nyentrik

susi pudjiastuti
Hati-hati, lho! Ditenggelamkan Bu Susi.

Yang gak boleh terlewat tentu aja profesi Susi Pudjiastuti sebagai menteri. Profesi ini pulalah yang semakin melambungkan nama Susi hingga dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Gaji Menteri Susi Pudjiastuti jauh banget dibandingkan gajinya dari perusahaan yang dia miliki. Susi sempat berujar bahwa gajinya cuma satu persen dari gajinya di perusahaan. Namun, layak diacungkan jempol, Susi begitu totalitas menjalankan profesinya sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan di Indonesia.

Kamu bisa tiru sepak terjang Susi Pudjiastuti ini. Meski dia gak lulus SMA, tapi dia mau mencoba usaha dari nol. Kemudian, dia juga berpikir global dengan gak mentok buat kerjain usahanya gitu-gitu aja, tetapi coba mengembangkannya.

Gak cuma itu aja, kamu pun bisa tiru sikap berani Menteri Susi Pudjiastuti yang mau mencoba beragam bisnis dan profesi yang bisa aja jauh dari bidang dia.

Sukses selalu deh buat Bu Susi!

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.