Pantas Aja Zara Begitu Terkenal Banget, Ini Lho 5 Rahasia Suksesnya

4 menit
Rahasia Sukses Amancio Ortega dalam membangun ZARA (Shutterstock).

Tahu merek fashion Zara? Rupanya merek fashion asal Spanyol ini menjadi salah satu produsen pakaian yang terbilang sukses dunia lho. Kabarnya nih Zara bisa seperti sekarang ini karena beberapa rahasia sukses si pemiliknya, Amancio Ortega.

Seperti yang kamu tahu, Amancio Ortega dikenal sebagai sosok yang bikin Zara bisa sukses kayak sekarang ini. Kesuksesan yang diraih Zara ternyata membawa Ortega menjadi salah satu orang terkaya di dunia.

Asal tahu aja nih, kekayaan yang dimiliki Ortega seperti yang dilaporkan Forbes mencapai US$ 67,3 miliar atau Rp 952 triliun. Sungguh besaran kekayaan yang fantastis, bukan?

Hebatnya lagi Ortega ini bisa mengubah Zara yang awalnya menjual pakaian dalam dan baju mandi menjadi jaringan ritel fashion raksasa yang berdiri di banyak negara.

Nah, kembali lagi, apa sih yang menjadi rahasia sukses Amancio Ortega ini? Berikut ini ulasannya seperti yang dikutip dari CNBC.

Baca juga: Hindari Risiko Tinggi, Ini 5 Cara Jitu Pilih Reksa Dana Terbaik

1. Lakukan setiap perubahan positif dengan cepat

Rahasia sukses ZARA
Zara (Shutterstock).

Rahasia sukses pertama yang dilakukan Amancio Ortega adalah melakukan setiap perubahan yang bertujuan positif dengan cepat. Salah satu perubahan yang dilakukannya adalah memperbarui setiap produk-produk di gerai-gerai Zara dua kali seminggu.

Inilah kenapa Zara dikenal karena kecepatannya menghadirkan produk-produk baru. Saking cepatnya nih, kalau ada produk-produk fashion yang lagi tren, di Zara kamu bakal bisa melihat produk-produknya setelah beberapa lama produk fashion tersebut diberitakan.

2. Selalu mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan

Rahasia Sukses Zara
Selalu mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan (Shutterstock).

Rahasia sukses kedua yang dilakukan Ortega hingga bikin Zara menjadi besar seperti sekarang adalah ia selalu berupaya buat mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan. Makanya setiap model-model yang dihadirkan di Zara sering bertemu dengan kemauan pelanggan.

Buat mengetahui apa yang menjadi keinginan pelanggan, Ortega selalu mendengarkan apa yang diinginkan orang-orang. Itulah sebabnya model-model fashion Zara berbeda dengan model-model yang dihadirkan dalam peragaan busana.

Baca juga: Hati-Hati! 5 Kata Sepele Ini Bisa Menghambat Karier Kamu Lho!

3. Mengontrol rantai pasokan

Rahasia Sukses ZARA
ZARA (Shutterstock).

Ortega sepertinya gak mau menjadikan Zara kayak produsen-produsen fashion lainnya yang melempar urusan produksi pakaian ke China.

Banyak perusahaan fashion yang melempar urusan produksi pakaian ke China kerana mereka bisa mendapatkan biaya yang murah. Karena biaya produksi yang murah itulah, si produsen bisa memperoleh untung banyak untung.

Lalu, di mana pakaian-pakaian Zara diproduksi? Ortega mendapatkan sebagian besar hasil produksinya dari Spanyol, Portugal, dan Maroko. Di negara-negara tersebut desain dari bahan-bahan yang udah jadi kemudian dijahit di jaringan toko-toko lokal.

Rantai pasokannya pun dibuat sependek mungkin agar memungkinkan perusahaan menghadirkan tren-tren baru. Inilah rahasia sukses Ortega yang bikin perubahan begitu terasa cepat di Zara.

4. Menjadikan masa lalunya sebagai motivasi

Rahasia Sukses ZARA
ZARA (Shutterstock)

Kisah Amancio Ortega emang layak jadi inspirasi. Dulunya Ortega pernah merasakan seperti apa hidup di bawah garis kemiskinan.

Ia terlahir dari ayah yang bekerja di perusahaan kereta api dan seorang ibu yang merupakan pembantu rumah tangga. Saking miskinnya, Ortega pun turut membantu orang tuanya dan berhenti sekolah saat berusia 14 tahun.

Ada satu kisah pedih yang pernah dirasakan Ortega saat itu. Ia pernah berada dalam situasi di mana penjaga toko menolak ibunya berutang buat beli bahan makanan.

Namun, gak ada yang nyangka, Ortega sekarang telah menjadi miliarder. Alih-alih pasrah dengan keadaan, ia justru berusaha buat bangkit dari keterpurukan. Sampai akhirnya Zara yang didirikannya bersama mantan istrinya sukses dan menjadi mesin pencetak uang buat dirinya.

5. Gak pernah berhenti berinovasi

Rahasia Sukses Amancio Ortega
Amancio Ortega gak pernah berhenti inovasi (Shutterstock).

Salah satu hal kenapa banyak orang sukses kemudian jatuh adalah mereka cepat sekali berpuas diri. Buat Ortega, gak ada jaminan bahwa keberhasilan saat ini juga menjadi keberhasilan di masa mendatang.

Katanya lagi kepuasan adalah hal yang terburuk. Bahkan, Ortega sampai bilang bahwa dirinya gak pernah membiarkan dirinya puas atas apa yang telah dilakukannya. Pemikiran itulah yang sampai saat ini ditanamkannya pada dirinya dan orang-orang di sekitarnya.

Berangkat dari pemikiran itulah, Ortega selalu mendorong adanya inovasi di Zara. Hasilnya seperti yang bisa kamu lihat sekarang, banyak produk-produk baru yang hadir di Zara.

Itu tadi beberapa rahasia sukses Amancio Ortega dalam membesarkan Zara. Gimana menurutmu? Setuju gak dengan apa yang disampaikan Ortega di atas? (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan