5 Resep Daging Kambing Murah yang Pas Buat Hidangan Idul Adha

5 menit
Resep Kambing Murah yang cocok untuk Idul Adha (Shutterstock).
Resep Kambing Murah yang cocok untuk Idul Adha (Shutterstock).

Udah mau Idul Adha nih, resep kambing kecap, atau daging kambing olahan lainnya tentu bakal kamu butuhkan. Terutama biar acara kumpul keluarga makin seru di rumah.

Walaupun sapi juga masuk ke dalam salah satu hewan kurban, tapi tetap saja kambing bakal jadi primadona. Makan daging sapi mungkin sudah biasa, lain hanya sama daging kambing dong.

Buat kamu yang berniat memasak hidangan kambing di rumah, mungkin beberapa resep hidangan di bawah ini bisa dijadikan referensi. Bermodal daging kambing 1 kg yang harganya Rp 150 ribuan, maka kamu bisa membuat beberapa hidangan ini dalam porsi banyak.

Yuk simak ulasan lengkapnya dari Cookpad. 

1. Resep kambing kecap

Resep Kambing
Kambing kecap (Instagram)

Bikin sate kambing tentu harus sedia tusuk satenya. Tapi kalau kambing kecap tentu lebih praktis dong.

Tapi sebelumnya, siapkan dulu bahan-bahan masaknya di bawah sini.

Bahan:

– Daging kambing secukupnya (bagian paha lebih baik)

– Nanas atau daun pepaya (pengempuk daging)

Bumbu:

– 4 siung bawang merah diiris 

– 3 siung bawang putih diiris

– 1/2 bawang bombay kecil

– 4 sendok makan kecap manis

– 1 sendok makan saos tiram

– 2 sendok makan kecap asin

– 1 sendok makan kecap inggris

– Minyak wijen secukupnya

– Daun bawang 

– Secukupnya merica atau lada hitam

– Secukupnya Air

Cara membuatnya:

– Iris-iris kotak daging kambing lalu beri pengempuk daging, dan remas-remas dagingnya. 

– Diamkan 30 menit, Lalu bilas dengan air.

– Tumis bawang putih, bawang merah, dan bawang bombay sampai wangi. Masukkan daging kambing, dan masak hingga berubah warna.

– Tambahkan kecap manis, asin, saus tiram, Inggris, minyak wijen, dan lada hitam. Tambah air sedikit bila perlu, dan masak sampai empuk hingga bumbu-bumbu meresap ke daging.

– Masukkan daun bawang dan tes rasa. Lalu sajikan deh, tanpa garam pun sudah enak karena ada kecap asinnya.

2. Resep kambing guling

Resep Kambing
Kambing Guling (Instagram).

Wah hidangan ini tentunya paling diburu di acara resepsi pernikahan. Dan biasanya paling cepat habis!

Daripada order kambing guling yang mahal, bikin saja sendiri di rumah. Siapkan dulu bahan-bahan di bawah ini.

Bahan:

– Daging kambing sesuai kebutuhan

– Kecap manis

Bumbu:

– 7 siung bawang putih

– 3 siung bawang merah

– 3 cm jahe

– 2 sendok teh ketumbar

 – 1/2 sendok makan garam

Sambal:

– 6 buah Cabe rawit

– 2 buah cabe keriting

– 1 butir Jeruk nipis

– 1 buah tomat kecil

Cara membuatnya:

– Blender bumbu halus, bagi di dua wadah, satu wadah untuk rebus dan satu wadah untuk bumbu oles.

– Masukkan daging dengan bumbu halus tunggu sampai  empuk

– Jika sudah empuk angkat daging, iris dadu sesuai selera, dan masukkan kedalam bumbu halus. Sementara itu bumbu di  wadah satunya tambah kecap manis.

– Tunggu sampai satu jam, setelah itu  panggang di teflon dengan margarin sedikit.

– Buat sambalnya iris semua tambah kecap dan perasan jeruk nipis. Setelah itu siap dihidangkan.

3. Resep gulai kambing

Resep Kambing
Gulai Kambing (Instagram)

Resep kambing yang satu ini tentu jadi yang terlaris. Pasalnya, kapanpun juga hidangan gulai kambing itu selalu dicari. Siapkan dulu bahan-bahan di bawah sini.

Bahan:

– Daging kambing secukupnya

– 2 buah santan kara

Bumbu halus:

– Cabe merah jumlahnya sesuai selera

– 1 genggam cabe rawit

– 8 bawang merah

– 4 bawang putih

– 1 ruas besar kunyit

– 1 ruas jahe

– 1 ruas lengkuas muda

– 6 kemiri

– 1 buah pala

– 1 bungkus ketumbar halus

Bumbu kasar:

– 1 ruas besar lengkuas

– 2 batang serai

– 5 daun jeruk

– 5 daun salam

– 1 daun kunyit

– 1 kayu manis

– 2 jempol asam (air asam jawa)

– 3 kaldu Masako sapi

– 1 sendok teh micin

– 1 sendok teh gula

– 2-3 liter Air

Cara membuatnya: 

– Cuci bersih daging kambing, lalu rebus 30 menit dan tambahkan daun nangka sekitar lima lembar untuk merebus agar lembut. Jika sudah lembut, iris-iris dagingnya.

– Blender semua bumbu halus, lalu tumis bumbunya dan bumbu kasarnya hingga wangi, lalu masukan daging kambing dan aduk sampai tercampur, jika sudah masukan air aduk tunggu hingga mendidih.

– Jika sudah mendidih beri semua penyedap, termasuk air dengan asem jawa, dan jangan lupa santannya juga dimasukkan. 

– Aduk hingga semua tercampur rata, aduk sampai mendidih, cicipi rasanya dan tiriskan.

4. Resep tongseng daging kambing

Resep Kambing
Tongseng Kambing (Instagram).

Selain gulai, resep kambing berupa tongseng ini juga jadi favorit lho. Bedanya tentu ada di kuahnya. Siapkan saja bahan-bahan di bawah sini.

Bahan:

– Daging kambing secukupnya

Bumbu halus:

– 7 siung bawang merah

– 5 siung bawang putih

– 3 kemiri

– 1 ruas kunyit

– 3 lembar daun salam

– 2 batang serai memarkan

– 4 sendok makan kecap manis

– Secukupnya garam

– Secukupnya gula

– Secukupnya merica bubuk

– 1 liter air

– Secukupnya minyak untuk menumis

Cara membuatnya:

– Rebus air sampai mendidih lalu masukkan daging, dan rebus lagi.

– Haluskan bumbu bawang merah, putih, kunyit dan kemiri

– Panaskan minyak lalu tumis bumbu tambahkan serai dan daun salam tumis sampai wangi, masukkan daging kambing yang sudah direbus tambahkan kecap manis, garam,gula dan merica.

– Tambahkan air secukupnya rebus sampai asat. Cicipi rasa lalu sajikan dengan nasi hangat

5. Resep daging kambing goreng

Resep Kambing
Daging Kambing Goreng (Instagram).

Daritadi rebusan atau panggang-panggangan, apakah ada resep kambing yang digoreng? Jawabannya ya ada, berikut bahan baku dan cara membuatnya.

Bahan:

– Daging kambing secukupnya

Bumbu:

– 10 siung bawang merah

– 5 siung bawang putih

– 5 buah cabe rawit utuh

– 3 sendok makan minyak samin/margarine

– 2 buah tomat sayur iris kasar

– 4 sendok makan kecap bango

– secukupnya Lada dan garam

– 100 ml air

– 2 sendok teh ketumbar

– 5 buah kemiri

– 5 lembar daun jeruk

– 100 gram gula merah

– 1 bulatan asam jawa

– 3 sendok makan air

– 2 sendok makan kecap 

Cara membuatnya:

–  Haluskan bawang putih, ketumbar, kemiri dan daun jeruk. Campurkan gula merah, asem jawa dan air. 

– Tambahkan Kecap, lalu potong daging dan celupkan ke dalam parutan nanas selama 5 menit. Angkat, lalu lumuri daging dengan bumbu sate, dan sisihkan.

– Tumis bawang merah dan bawang putih dengan dengan minyak samin. Masukkan cabe rawit utuh dan tomat, aduk rata. 

– Masukkan daging kambing yang telah dilumuri bumbu sate, lalu aduk rata sampai berubah warna. Tambahkan Kecap lagi, aduk rata kembali.

– Tuang air sedikit demi sedikit, aduk rata hingga meresap. Masukkan lada dan garam secukupnya. Aduk rata, angkat dan sajikan bersama irisan bawang Bombay dan tomat.

Itulah lima resep kambing yang dijamin gak bakal bikin kantong bolong. Tentunya dengan 1 kilogram daging kambing porsinya bisa banyak banget lho. (Editor: Winda Destiana Putri).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.