5 Menu Hidangan Lebaran yang Murah Meriah, Rp 100 Ribu Kenyang!

4 menit
resep masakan lebaran

Nyari resep masakan lebaran dengan bahan baku murah meriah? MoneySmart punya banyak resep nih buat kamu. Seberapa murah? Bujetnya gak lebih dari Rp 100 ribu. Udah gitu bisa buat banyak orang lagi.

Selain murah, cara bikinnya juga gampang. Lalu soal rasanya, udah pasti maknyus!

Tapi perlu diingat lho, harga yang tertera di dalam deskripsi resep di bawah ini adalah harga perkiraan di pasaran. Jadi terkadang bisa lebih murah atau lebih mahal.

Oh ya satu lagi nih, harga pembuatan satu menu di bawah ini juga gak termasuk garam, gula, minyak, air, merica, dan tepung ya. Kenapa? Karena enam bahan baku itu udah otomatis ada di dapur kamu. Betul gak?

Penasaran apa aja resep masakan lebaran yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Opor ayam kuah putih

resep masakan lebaran
Opor ayam kuah putih (Youtube)

Resep masakan lebaran pertama kita adalah opor ayam kuah putih. Semua pasti tahu kalau gak lengkap rasanya Idul Fitri jika gak ada opor ayam.

Berikut bahan baku bikin opor ayam:

– Daging ayam 500 gram: Rp 46 ribu

Bumbu:

– Enam siung bawang merah: Rp 11 ribu
– Lima siung bawang putih: Rp 7 ribu
– Dua ruas jahe: Rp 5 ribu
– Satu ruas lengkuas: Rp 3.500
– Lima butir kemiri: Rp 5 ribu
– Lada secukupnya Rp 6.500
– Ketumbar secukupnya Rp 3.750
– Dua buah daun salam: Rp 5 ratus

Penyedap

– Garam
– Minyak goreng untuk menumis
– 250 ml santan: Rp 6.500
– Air secukupnya

Total: Rp 94.750

Cara bikin:

– Tumis bumbu dengan sedikit minyak, dan masukkan daun salam. Tumis hingga harum
– Siapkan panci dan tuang santan, lalu masukan bumbu yang udah ditumis tadi. Masak hingga mendidih
– Masukan ayam, beri garam dan penyedap. Aduk-aduk masak hingga ayam empuk dan kuah jadi agak mengental
– Setelah mendidih, angkat dan sajikan

2. Sambel goreng dengan daging giling

resep masakan lebaran
Sambal goreng kentang (Tribunnews)

Resep masakan lebaran kedua adalah sambel goreng. Semua udah tahu kan kalau menu yang satu ini bisa jadi combo-nya opor ayam.

Berikut bahan baku yang dibutuhkan:

– Empat butir Kentang ukuran sedang, potong dadu, goreng Rp 10 ribu
– 350 gram daging sapi giling Rp 40 ribu
– 300 cc santan instan Rp 8.500
– Satu butir telur: Rp 2 ribu

Bumbu Halus

– 15 cabe merah keriting: Rp 5.750
– Enam rawit merah: Rp 9.500
– Lima siung bawang merah: Rp 10 ribu
– Ketumbar: Rp 3.750

Haluskan semua bumbu halus

– Satu daun salam Rp 500
– Satu ruas lengkuas Rp 3.500
– Gula dan garam secukupnya
– Merica bubuk secukupnya
– Pala bubuk Rp 6 ribu

Total: Rp 99.500

Cara bikin:

– Sisihkan Kentang yang udah dipotong dadu dan digoreng setengah matang.
– Bumbui daging dengan merica bubuk, garam, pala dan ketumbar bubuk, campur dengan telur ayam. Bentuk dagingnya jadi bulat sebesar telur puyuh. Lalu, goreng selama lima menit.
– Tumis bumbu halus bersama lengkuas dan salam hingga matang. Masukkan santan, aduk sampai mendidih, dan masukkan daging serta kentang. Tambahkan air bila perlu buat mematangkan.
– Bumbui dengan garam dan sejumput gula merah atau gula pasir, taburkan bawang merah goreng, dan koreksi rasa hingga pas sesuai selera. Tunggu hingga santan menyusut (pengin  basah atau kering sesuai selera), matikan api lalu hidangkan.

3. Telor balado

resep masakan lebaran
Telor balado (Detik)

Resep masakan lebaran ketiga ini proteinnya paling tinggi, telor balado.

Berikut bahan baku bikin telor balado.

– Enam butir telur, lalu direbus rebus: Rp 12 ribu
– Satu batang sereh geprek: Rp 2 ribu
– Satu sendok teh garam
– Satu sendok teh gula merah sisir: Rp 2 ribu

Bumbu halus

– Empat cabe merah besar, buang bijinya: Rp 2 ribu
– Lima cabe rawit: Rp 7 ribu
– Tiga bawang merah: Rp 7 ribu
– Duasiung bawang putih: Rp 5 ribu
– Satu butir kemiri: Rp 1.000
– Satu buah tomat: Rp 1.500

Total: Rp 39.500

Cara bikin:

– Goreng telor hingga matang.
– Tumis bumbu halus dan sereh hingga harum
– Masukan telur dan tambahkan garam dan gula secukupnya
– Aduk hingga rata, tes rasanya dan bila udah oke, angkat dan sajikan.

4. Orek tempe pedas manis

resep masakan lebaran
Orek tempe (Vemale)

Orek tempe emang jadi lauk pelengkap paling top. Dicampur sama opor enak, dimakan gitu aja sama ketupat juga enak.

Berikut bahan bakunya

– Satu papan tempe Rp 6 ribu

Bumbu iris :
– Empat siung bawang merah : Rp 7.500
– Dua siung bawang putih: Rp 5 ribu
– Tiga buah cabe rawit merah: Rp 7 ribu
– Tiga buah cabe merah besar: Rp 2 ribu
– Empat buah cabe hijau besar: Rp 5 ribu
– Gula dan garam
– Air (-+300 ml)
– Dua sendok makan minyak goreng
– Kecap manis (-+4sdm) Rp 9.500

Total: Rp 42 ribu

Cara bikin:

– Iris tempe menyerong tipis atau kotak kecil. Lalu goreng setengah matang dan sisihkan
– Tumis bumbunya hingga harum, masukkan air lalu aduk dan tambahkan gula dan garam. Aduk lagi dan koreksi rasanya hingga pas.
– Saat mendidih, tuang tempe yang udah digoreng setengah matang. Aduk rata hingga bumbunya tercampur rata. Sajikan deh.

5. Cumi asin cabe hijau

resep masakan lebaran
Cumi asin cabe hijau (Detik)

Cumi asin cabe hijau bisa jadi alternatif buat makan ikan asin tapi pengin variasi yang berbeda. Berikut bahan baku yang mesti kamu siapkan.

– Dua bungkus cumi asin (direndam dulu dari pagi sampai siang) Rp 50 ribu
– Tiga cabai hijau Rp 5 ribu
– Tiga siung bawang merah Rp 7.500
– 3 siung bawang putih Rp 5 ribu
– 2 lembar daun salam Rp 1.000
– Merica
– Penyedap rasa ayam Rp 7.400
– Garam
– Air matang

Cara bikin:

– Iris bawang merah, bawang putih, dan cabai hijau
– Tumis bawang merah terlebih dahulu sampai kecoklatan dan harum
– Masukkan bawang putih, dan masak sampai kecoklatan
– Masukkan daun salam, Masak sampai berubah warna dan sedikit layu.
– Masukkan cabai hijau. Aduk rata
– Lalu setelah itu, masukkan cumi
– Tambahkan sedikit air
– Masukkan garam, merica dan penyedap rasa. Aduk sampai rata. Tunggu matang, tes rasa.
– Angkat dan sajikan.

Itulah lima resep masakan lebaran yang bisa kamu buat dengan bujet maksimal Rp 100 ribu. Murah-murah semua, kan? Dan rasanya pasti menggugah selera.

Selamat mencoba resep masakan lebaran di atas!

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong