Siap Mendunia, Ini 5 Strategi Bisnis Gibran Rakabuming yang Bisa Ditiru

3 menit
Gibran Rakabuming (instagram @tugasnegarabos)
Gibran Rakabuming (instagram @tugasnegarabos)

Mimpi jadi pengusaha tapi belum punya strategi bisnis yang tokcer? Biar gak mentok, yuk kita belajar dari bos katering pernikahan termahal di Solo, Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden Jokowi ini udah gak diragukan lagi kepiawaiannya dalam berbisnis. Lihat aja deretan usahanya, dari bidang kuliner sampai games.

Jika dirinci, bisnis yang sedang dijalani Gibran saat ini meliputi Katering Chilli Pari, Pasta Buntel, warung susu Mom Milk, Markobar, Tugas Negara Bos, dan board game, Hompimpa games. Banyak banget kan?

Eits, bukan cuma banyak bisnisnya tapi juga sukses ekspansi. Salah satu bisnis kulinernya, Markobar, punya banyak cabang, bahkan sampai ke Filipina.

Semua pencapaian ini bukan semata-mata ia dapatkan berkat jabatan sang ayah. Gibran merintis semua usahanya sendiri sampai akhirnya seperti sekarang.

Bisa laris manis sampai ekspansi ke luar negeri, kira-kira apa yah strategi bisnis Gibran? Gak usah terlalu lama menebak-nebak. Yuk, pahami dan tiru strategi bisnis Gibran berikut ini.

1. Punya business plan

Secara umum business plan alias rencana usaha meliputi, alasan membuka bisnis, tujuan bisnis, dan strategi atau rencana yang akan dilakukan untuk mencapai tujuan. Oleh sebab itu, rencana bisnis layaknya peta yang menuntun kamu sampai pada tujuan.

Rencana bisnis bukan cuma jadi “buku panduanmu” tapi juga senjata pamungkas untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank. Apalagi buat kamu yang berniat memulai bisnis dengan pinjaman modal dari bank. Hal ini gak bisa disepelekan.

Saat awal berbisnis, selain rencana bisnis, Gibran juga menggunakan sertifikat tanah dan bangunan sebagai jaminan dalam pengajuan pinjaman modal.

2. Cari partner yang sehati

Dalam mengembangkan usaha, kamu akan membutuhkan rekan kerja atau partner yang tepat. Sebelum menjalin kerjasama, samakan visi dan misi yang kamu punya dengan calon rekan kerjamu.

Lihat dan pahami kontribusi apa yang bisa ia berikan pada usaha yang akan dijalani. Satu hal yang juga penting, pastikan kamu telah mempelajari latar belakang calon partner dengan baik. Jangan sampai kamu terlambat tahu kalau partnermu ternyata tukang tipu.

Bukan sekali dua kali, pengajuan pinjaman Gibran ditolak bank. Akhirnya, ia mengajak kenalannya bekerja sama. Partnernya menyediakan modal, sementara Gibran memberikan ide dan menjalankan proses bisnisnya.

3. Ambil keputusan berdasarkan data

 

Beberapa bisnis Gibran telah memiliki cabang di berbagai kota. Bukan sekadar aji mumpung, tapi semuanya dilakukan dengan dukungan data.

Tiap akan membuka cabang, Gibran akan mempelajari tingkat UMR daerah tersebut. Dengan begitu ia bisa mengira-ngira daya beli masyarakat di sana. Selain itu, ia dapat mengetahui apakah harga produknya menjadi terlalu mahal atau justru terlalu murah.

Hal lain yang Gibran pelajari adalah kultur masyarakat setempat, dari jenis makanan yang diminati sampai gaya hidupnya. Setelah memahami karakter calon pelanggan, barulah survei mengenai lokasi; dekat area pemukiman, perkantoran, atau kampus.

Jika semua data telah terkumpul, baru disesuaikan dengan rencana bisnis yang telah dia buat.

4. Memberikan pelayanan maksimal

Dalam menjalani bisnis kuliner, Gibran gak cuma berfokus pada rasa masakannya, tapi juga soal pelayanan. Contohnya kayak yang dia lakukan di Chilli Pari, usaha kateringnya di Solo. Sebelum konsumen setuju untuk memesan, Chilli Pari menyediakan fasilitas food testing. Saat food testing ini, semua menu yang mau dipesan dapat dikeluarkan semuanya. Calon konsumen bisa mencoba untuk menentukan apakah tetap pesan atau ingin dibatalkan

Chili Parri saat ini gak hanya menawarkan fasilitas katering tapi juga jasa wedding organizer.  Untuk memuaskan kebutuhan pelanggan, Gibran juga memberikan konsultasi gratis untuk menghitung hari baik pernikahan, sesuatu yang jadi bahan pertimbangan oleh kebanyakan masyarakat Jawa.

Menyediakan layanan tambahan seperti ini dapat menjadi nilai tambah buat bisnismu di tengah-tengah persaingan yang makin ketat.

5. Dekat dengan pelanggan

 

Inilah cara promosi yang paling jitu: membuat pelanggan merasa “dekat” dengan bisnis yang kamu kelola. Saat pelanggan merasa gak berjarak, mereka akan lebih mudah menjadi loyal.

Untuk mewujudkannya, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Pertama, “lihat” dulu siapa target pasar bisnismu.  Misalnya, bisnis Markobar milik Gibran punya konsep martabak kekinian berbagai rasa sehingga paling pas buat anak muda. Untuk menjangkau anak muda, salah satu platform yang cukup ampuh adalah dengan media sosial. Di sinilah, ia memaksimalkan promosi untuk mendongkrak penjualan.

Salah satu caranya adalah dengan rutin mengadakan promosi dan kuis yang akan meningkatkan engagement dengan pelanggan. Biar followers gak bosan, Gibran dan tim juga rajin membuat konten-konten lucu dan menarik.

Itulah 5 strategi bisnis ala Gibran Rakabuming, lengkap dari mulai cara cari modal sampai cara akrab dengan pelanggan. Jadi, udah siapkah mengikuti jejak Gibran sebagai pengusaha sukses?

Ulfa Sekar
Ulfa Sekar

Pernah menjadi anak IT dan bercita-cita menjadi seorang programmer. Lalu berakhir menjadi seorang penulis dan menikmatinya. Semoga tulisan saya bisa berguna buatmu.

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!