5 Tempat Jualan Kue Kering yang Murah dan Lengkap, Yuk Ketahui Dimana Aja

3 menit
Kue kering untuk lebaran (Pixabay).
Kue kering untuk lebaran (Pixabay).

Berburu kue kering ketika momen Idul Fitri menjadi sebuah kebiasaan yang udah mendarah daging bagi sebagian umat Muslim di Indonesia. Supaya belanja makin puas tapi dompet gak kekuras, yuk lihat tempat mana aja yang menjajakan cemilan ini dengan murah serta lengkap.

Menyajikan kue lebaran di ruang tamu dan meja makan udah jadi pemandangan yang biasa kita temukan di beberapa rumah yang dikunjungi saat silaturahmi.

Selain disajikan di rumah untuk dimakan, kita juga bisa membeli aneka macam kue tersebut untuk dijadikan oleh-oleh kepada orang terdekat.

Beberapa jenis kue kering yang umum kita beli antara lain adalah nastar nanas, kastengel, putri salju, lidah kucing sampai sagu keju yang rasanya bikin sulit untuk berhenti makan. Nama-nama itu pasti udah gak asing lagi di telinga kamu, kan?

Agar kantong lebih hemat beberapa orang memilih untuk bikin sendiri di rumahnya dengan resep rahasia. Eitss.. tapi gak perlu khawatir, kamu juga bisa tetap berhemat walau harus berbelanja.

Nah daripada berlama-lama lagi lebih baik kita lihat aja langsung 5 tempat berbelanja kue kering yang murah dan lengkap berikut ini:

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

1. Pasar Jatinegara

Kue kering
Pasar kue (Pixabay).

Tempat jualan kue kering pertama yang bisa kamu kunjungi adalah pasar Jatinegara, Jakarta Timur. Disini bisa dibilang menjadi sentral penjualan kue lebaran di Jakarta bahkan di Indonesia lho.

Ada belasan hingga puluhan jajanan kecil hingga besar yang ada di pasar Jatinegara. Pokoknya buat yang doyan belanja makanan dijamin pasti bakal puas berbelanja di lokasi ini.

Untuk harganya sendiri sangat bervariasi mulai dari Rp 30 ribuan sampai angka Rp 200 ribuan tergantung jenis dan berat makanan yang dibawa pulang.

Gak hanya cemilan doang, pasar Jatinegara banyak yang menjual aneka santapan berbuka puasa dan minumannya. Buat yang mau belanja baju juga bisa beli sekalian walau gak selengkap di tanah abang.

2. Pasar Mayestik

Kue kering
Beli kue di pasar (Pixabay).

Buat yang tinggal di daerah Blok M atau Lebak Bulus bisa datang ke pasar Mayestik yang lokasinya ada di daerah Kebayoran Baru.

Pasar ini menyajikan berbagai macam kue kering khas lebaran yang bisa kamu beli mulai dari kue sus, lidah kucing, dan yang pastinya nastar dengan isi yang bermacam-macam. Untuk harganya sendiri gak beda jauh dengan yang ada di pasar Jatinegara.

Baca juga: 5 Alasan Berkunjung ke Hong Kong Disneyland pada Musim Liburan Tengah Tahun

3. Pasar baru Bandung

Kue kering
Suasana di pasar (Pixabay).

Sedikit bergeser ke daerah Jawa Barat terdapat tempat menjual kue kering yang lumayan terkenal di kota Bandung yakni Pasar Baru Trade Center.

Lokasinya ada di jalan Otto Iskandar Dinata yang gak jauh-jauh banget dari jalan Asia Afrika. Disini kamu bisa berbelanja berbagai macam kue lebaran dengan harga yang miring.

Setelah lelah belanja kesana kemari kamu bisa sedikit berwisata di Museum Konferensi Asia Afrika yang lokasinya berdekatan.

4. Pasar senen

Kue kering
Pasar kue-kue kering (Pixabay).

Destinasi tempat belanja kue kering murah dan lengkap selanjutnya ada pasar senen. Lumayan deket untuk kamu yang tinggalnya di sekitar Jakarta Pusat.

Beberapa dari kita tahu mungkin pasar senen jadi tempat belanja baju yang murah di Jakarta. Disamping itu ternyata setiap menjelang Idul Fitri pasar ini dipenuhi oleh berbagai pedagang kue.

Bagi yang pengin mudik menggunakan kereta api sebelum berangkat dari stasiun senen bisa berbelanja dulu nih karena lokasinya gak terlalu jauh.

Baca juga: 7 Tipe Traveler Indonesia, Si Eksis dan Si Selow, Kamu Termasuk yang Mana Nih?

5. Pasar Cikarang

Kue kering
Seorang penjual kue menjajakan dagangannya di pasar (Pixabay).

Untuk warga Cikarang gak perlu jauh-jauh lagi untuk beli kue lebaran murah ke Jakarta karena terdapat pasar Cikarang yang bisa kamu kunjungi.

Walaupun sempat mengalami revitalisasi beberapa tahun lalu oleh pemerintah terkait tetapi disini masih menyajikan berbagai macam kue basah hingga kering yang murah dan lengkap.

Berjarak hanya beberapa blok juga terdapat pedagang yang menjual baju-baju lebaran yang desainnya bagus dan berkualitas.

Nah itu dia 5 tempat belanja kue kering yang murah dan lengkap. Gak hanya yang dijual secara online lho yang murah, sekarang masih ada juga pedagang pasar yang masih worth it untuk dikunjungi buat berbelanja kebutuhan Idul Fitri. (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1