Banner ImageBanner Image

Kamu yang Pemula Pengin Raup Uang dari Investasi, Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

3 menit
Ikuti 5 Tips Sederhana Ini, Kamu Pemula yang Pengin Raup Uang dari Investasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Banyak orang yang beranggapan kalau tips investasi itu hanya sekedar teori yang pada kenyataannya sulit buat diterapkan, apalagi kalau udah berhubungan sama investasi. Buat kamu yang pemula mesti ketahui terlebih dahulu nih beberapa hal biar paham dan dapat untung besar.

Pasalnya, gak sedikit orang juga yang belum melek investasi dan berpikir kalau investasi itu hanya ditujukan untuk orang-orang berduit.

Padahal pikiran seperti itu jelas salah lho. Bahkan di era semakin canggih seperti sekarang ini, udah banyak banget instrumen investasi yang memang ditujukan buat mereka yang gak punya cukup uang.

Salah satunya adalah investasi emas atau reksadana yang bisa hanya perlu modal gak sampai Rp 10 ribu buat investasi emas. Sedangkan reksadana cuma perlu merogoh kocek sekitar Rp 100 ribu.

Baca juga: Sebelum Mulai Investasi Simak Tips Investasi Pemula Ala Ryan Filbert Ini

Selain itu, caranya juga udah gampang kok. Kamu tinggal mendatangi salah satu tempat yang pengin dijadikan investasi. Karena itu, sebenarnya udah gak ada alasan lagi kan buat gak investasi.

Nah, buat kamu para pemula yang ingin menimbun pundi-pundi kekayaan dari investasi. Ikutin yuk lima tips investasi paling dasar ini biar gak gagal dan dapat untung besar.

1. Menentukan tujuan investasi

Menentukan tujuan investasi sangat perlu lho buat kamu yang milenial, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips investasi pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menentukan tujuan investasi. Pasalnya, selain buatmembuat uangmu terus berkembang biak, investasi itu juga harus memiliki tujuan.

Mulai dari jangka waktu investasi yang kamu inginkan, uang yang dipersiapkan buat investasi dan juga tujuannya.

Baca juga: 5 Jurus Jitu Memulai Investasi Bagi Pemula

Misalnya, kamu pengin membeli rumah atau kendaraan di beberapa tahun ke depan. Berarti instrumen investasi yang tepat buat kamu adalah saham atau reksadana saham.

Pasalnya dua jenis investasi itu bisa memberikan kamu keuntungan yang oke banget lho untuk jangka panjangnya.

2. Memahami dasar investasi

Memahami dasar investasi juga mesti diketahui buat pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Setelah udah tahu apa tujuan kamu investasi, sebagai pemula juga perlu memahami dasar investasi. Salah satu hal yang paling penting adalah mengetahui cara kerja instrumen investasi yang kamu pilih.

Baca juga: Niat Investasi? 4 Tips dari Andien Ini Layak Dicoba Sama Pemula

Karena itu disarankan agar kamu dapat memahami berbagai jenis investasi. Dengan begitu, kamu jadi tahu produk investasi apa yang paling sesuai dengan kepribadian dan harapanmu.

3. Memahami risiko

Memahami risiko di awal investasi juga sangat perlu lho buat kamu pemula, (Ilustrasi/Shutterstock).

Memahami risiko investasi juga menjadi salah satu faktor penting yang kamu ketahui. Pasalnya, masing-masing investasi itu memiliki risiko yang berbeda. Mulai dari yang minim risiko hingga yang risikonya sangat tinggi seperti saham.

Memahami risiko sangat penting agar kamu dapat mengetahui berapa jumlah uang yang akan diinvestasikan buat menghindari kehilangan uangmu.

Karena itu, disarankan buat berinvestasi di instrumen yang memang tingkat risikonya bisa kamu terima.

4. Menggunakan uang sendiri

Gunakan uang sendiri saat berinvestasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Seperti yang sudah dijelaskan di atas kalau investasi itu bisa dilakukan oleh semua orang, bahkan buat mereka yang gajinya pas-pasan. Jadi kalau bisa kamu investasi dengan menggunakan uang sendiri atau pribadi.

Gak masalah kecil asal menggunakan uang sendiri. Jangan nekad investasi besar tapi dengan meminjam uang sana-sini.

Pasalnya kalau hasilnya gak sesuai dengan harapanmu, maka hanya bakal menumpuk banyak utang yang akhirnya bisa membebani keuangan kamu.

Karena itu, berinvestasilah dengan menggunakan uang sendiri dan gak perlu meminjam. Dengan begitu, kamu juga gak perlu khawatir jika ternyata hasilnya gak berjalan sesuai harapan.

5. Jangan fokus di satu instrumen investasi

Jangan pernah fokus di satu investasi aja, (Ilustrasi/Shutterstock).

Saat memutuskan buat terjun investasi, jangan fokus hanya pada satu instrumen investasi aja ya. Jadi, kamu harus menyebar produk investasi ke berbagai instrumen dengan tujuan buat mengurangi risiko.

Jadi, misalnya ada salah satu instrumen investasimu yang gagal, maka kamu gak perlu takut bakal kehilangan semua uang yang udah kamu investasikan.

Itu dia lima tips investasi paling dasar yang bisa kamu terapkan buat menekan risiko kerugian investasi yang memang cocok banget untuk para pemula yang ingin meraup pundi-pundi kekayaan dari investasi. Jadi, udah gak ragu lagi kan buat terjun ke investasi sekarang?

Investasi sejak dini emang sangat perlu lho buat kamu biar bisa menjamin hari tua nanti. Pilih intrumen investasi yang sesuai dengan kamu dan jangan lupa atur bujet buat keperluan investasi dan sehari-hari. (Editor: Mahardian Prawira).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan