Baru Jadi Ibu Muda dan Kesulitan Atur Keuangan? Praktekan Saja 5 Cara Jitu Ini

4 menit
Tips mengatur keuangan untuk ibu muda adalah dengan menyusun anggaran sebaik-baiknya (Shutterstock).
Tips mengatur keuangan untuk ibu muda adalah dengan menyusun anggaran sebaik-baiknya (Shutterstock).

Baru menjadi seorang ibu muda tidaklah gampang. Apalagi dalam mengatur keuangan rumah tangga selama satu bulan, dan terus menerus. Belum lagi jika kamu seorang pekerja yang merangkap sebagai ibu pula. Tentu ini akan menjadi rumit kalau kamu gak tahu tips mengatur keuangan yang baik.

Jika tidak benar dalam mengatur keuangan, kamu bakalan memiliki utang setiap bulan demi menutupi biaya hidup sehari-hari. Ada baiknya setelah menikah kamu dan suami wajib membicarakan penghasilan masing-masing. Apa saja yang menjadi bagian dari suami dan kamu. Jangan sampai salah dan malah nantinya menimbulkan utang yang cukup besar.

Percaya deh, biaya kebutuhan makan sehari-hari jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan utang. Maka dari itu sebagai pasangan yang baru menikah gak salah kok kalau selalu berdiskusi demi terlangsungnya pengeluaran yang sehat.

Dengan menjalankan strategi keuangan yang cerdas, seorang ibu muda pasti bisa mengatur pengeluaran dengan baik. Nah bagaimana sih agar hal tersebut bisa terwujud dengan baik? Kita simak yuk kiat-kiatnya berikut ini mengutip laman Kompas.com.

Baca juga: 20 Menu Buka Puasa dan Sahur yang Menggoyang Lidah di Bulan Ramadan

Tips mengatur keuangan yang pertama dengan menyusun anggaran  

Tips mengatur keuangan
Menyusun anggaran keuangan (Shutterstock).

Setelah menjadi ibu, belanja kebutuhan bayi secara rutin membuat keuanganmu terguncang. Hadirnya seorang anak selalu beriringan dengan tanggung jawab yang cukup besar. Oleh karena itu membesarkan anak memerlukan perencanaan keuangan jangka panjang.

Mereka juga perlu kehidupan layak seperti kalian selaku orang tua. Butuh asuransi kesehatan, pendidikan, dan biaya sehari-hari seperti makan, susu, atau popok. Jika belum memulainya, maka buatlah catatan anggarannya sekarang juga!

Mulailah dengan mencatat apa saja kebutuhan pengeluaran mulai dari popok, susu bayi hingga jasa baby sitter jika memang diperlukan. Anggaran itu akan membantu fokus uang kamu pada hal-hal yang benar-benar penting dan membantu mencegah pengeluaran berlebihan.

Memiliki asuransi

Tips mengatur keuangan
Memiliki asuransi (Shutterstock).

Jika sudah menikah, apalagi telah dikaruniai seorang anak, ada baiknya kamu memiliki asuransi kesehatan dan jiwa yang memadai. Perusahaan tempatmu bekerja mungkin sudah memberikan asuransi kelompok, tetapi itu saja belum cukup lho.

Untuk penanganan lebih maksimal dalam keadaan darurat, kamu disarankan untuk memiliki cakupan asuransi kesehatan pribadi. Asuransi berjangka akan memastikan kebutuhan keuangan keluarga akan dijaga jika kamu meninggal di usia muda.

Baca juga: 7 Tips yang Perlu Kamu Lakukan Agar Bisa Mendapatkan Tiket Pesawat Murah

Buat dana darurat

Tips mengatur keuangan
Memiliki dana darurat (Shutterstock).

Dana darurat sangat penting kamu miliki. Apalagi jika sudah memiliki keluarga. Dana darurat bisa menjadi sangat penting jika terjadi sesuatu pada dirimu atau keluargamu di masa mendatang.

Bukan menakut-nakuti, tetapi sebagai seorang ibu muda yang bekerja, kamu harus siap menghadapi kemungkinan seperti kehilangan pekerjaan, darurat medis mendadak, perceraian, dan lain-lain. Jadi siapkan dana darurat dari sekarang! Atau bisa juga dalam bentuk deposito hingga reksa dana.

Berinvestasi

Tips mengatur keuangan
Memiliki investasi (Pexels).

Mencoba investasi juga gak ada salahnya kok. Carilah investasi yang sesuai dengan tujuan hidup kamu. Jika kamu seorang ibu muda dan belum memulai rencana investasi sistematik, mulailah. Sebab itu akan akan membuat kebutuhan keuangan di masa depan anak aman.

Jadi luangkan waktu untuk mencari tahu berbagai informasi investasi apa, instrumen yang seperti apa dan bagaimana pilihannya berdua dengan pasangan. Atau kamu bisa juga kalau mau menggunakan jasa seorang ahli keuangan dalam hal ini.

Baca juga: Ini Dia 6 Zodiak yang Gemar Bekerja Gila-Gilaan Meski Sedang Berpuasa! Kamu Salah Satunya?

5. Dana pensiun

Tips mengatur keuangan
Memiliki dana pensiun (Shutterstock).

Sebagai ibu muda yang bekerja, tentu pensiun bukan menjadi prioritasmu saat ini. Jenjang karier yang lebih baik masih akan kamu kejar hingga beberapa tahun mendatang. Tetapi kadangkala sebagai ibu muda ada keinginan untuk merawat anak dan keluarga lebih intens ketimbang menjadi pekerja. Namun, untuk merencanakan dana pensiun yang matang, kamu perlu merencanakan dari tahun-tahun sebelumnya.

Membuat kontribusi kecil bulanan untuk dana pensiun adalah ide yang bagus. Kamu dapat membuat dana ini melalui skema pensiun karyawan, skema pensiun nasional atau reksa dana.

Nah itu tadi beberapa tips mengatur keuangan untuk ibu muda yang juga pekerja. Meskipun saat ini belum bisa merawat anak-anak secara intens, percayalah bahwa gak ada yang sia-sia selama itu adalah hal baik yang kamu lakukan. Tujuanmu bekerja adalah untuk memberikan masa depan keuangan yang baik untuk buah hatimu di kemudian hari. Ingat, untuk menciptakan keuangan yang sehat, pintar memilih mana kebutuhan dan keinginan ya moms! Semoga bermanfaat. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

Mau lebih cerdas kelola uang?

Dapatkan tips saham, karier, inspirasi bisnis dan konten menarik lainnya!