Ini 5 Tips Sukses Bikin Bisnis Kamu Gak Gulung Tikar Alias Panjang Umur

4 menit
Ini 5 Tips Sukses Bikin Bisnis Kamu Gak Gulung Tikar Alias Panjang Umur, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kesuksesan dalam pencapaian suatu hal emang membanggakan. Apalagi kalau yang namanya bisnis kamu berjalan panjang umur atau jauh dari kata bangkrut. Nah, ini nih ada tips sukses agar bisnis mu berlangsung lama alias panjang umur.

Menjalankan sebuah bisnis emang gampang-gampang susah. Jam terbang bisa jadi salah satu kunci agar bisnis mu sukses. Banyak orang yang pengin bisnisnya jauh dari kata “bangkrut”.

Siapa sih yang pengin bisnisnya bangkrut? Kamu semua pasti penginnya menjalankan sebuah usaha sukses dan mendapatkan banyak untung dari pelanggan. Nah, itu emang perlu sih yang namanya untung, apalagi kamu udah mengeluarkan modal ketika menggerakkan sebuah bisnis.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Senin, (4/3/2019), para pengusaha baik yang baru merintis atau udah lama melakoni bisnis pastinya banyak melalui segala macam rintangan. Mulai dari yang manis hingga pahit sekali pun.

Kita emang gak pernah tahu nih seperti apa nasib bisnis ke depannya? Mungkin masih banyak yang meraba-raba bakal seperti apa kelangsungan usaha mu, mengingat kamu gak sendirian mengerjakan hal ini.

Ada lho tips sukses agar bisnis mu berjalan panjang umur dan jauh dari yang namanya bangkrut. Pengin tahu apa aja? Yuk, kita simak gimana cara menuju sukses dalam berbisnis di bawah ini:

Baca juga: Dulu Untungnya Buat Bangun Jakarta, Ini Perjalanan Bir Anker dari Masa ke Masa

1. Jangan campuri urusan pribadi ke bisnis

Jangan pernah buat mencampuri urusan pribadi ke bisnis, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin pertama ini sangat penting nih bagi kamu yang tengah menjalankan sebuah usaha barengan keluarga atau teman. Mesti diingat lho sama kamu semua, jangan pernah mencampuri yang namanya urusan pribadi ke bisnis.

Hal seperti ini emang merupakan kesalahan besar bagi kamu yang tengah merintis sebuah bisnis apalagi usaha mu masih dalam skala kecil menengah (UKM). Banyak yang berpikiran kalau usaha mu masih dalam skala kecil, masalah pengeluaran  bisnis tercampur dengan pengeluaran pribadi.

Ketika keuangan bisnis kamu gunakan buat kepentingan pribadi lalu rekanan bisnis mu mengetahui kalau ini bakal bikin defisit yang ada malah repot lho. Dijamin deh yang namanya gesekan pasti ada dengan rekan bisnis mu, karena ini masalahnya uang lho.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Tahun Politik Menguntungkan Buat Pengusaha dan Investor

2. Pintar-pintar dalam mengatur pengeluaran

Pintar-pintar dalam mengatur pengeluaran bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips sukses kedua adalah kamu mesti pintar-pintar nih dalam melakukan pengeluaran. Ini salah satu cara agar usaha mu panjang umur. Sebisa mungkin kamu efisiensi dalam melakukan pengaturan pengeluaran.

Di sini bukan berarti pelit atau hemat, tapi kamu mesti pintar-pintar memilah mana yang diperlukan sama gak. Sangat perlu lho bagi kamu menganalisis semua biaya pengeluaran bisnis mu. Cek mana yang penting dan gak penting atau kurang penting. Lalu pisahkan antara biaya tetap dan biaya gak tetap.

Usahakan selalu mengutamakan pengeluaran tetap ketika menjalankan bisnis mu.

Baca juga: Bikin Video Strategi Pemasaran dengan Bujet Rendah, Begini Caranya!

3. Mengatur anggaran keluarnya kas dan pengeluaran

Mengatur anggaran keluarnya kas dan pengeluaran, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara selanjutnya adalah mengatur anggaran kas dan pengeluaran bisnis mu yang ada. Usahakan bikin anggaran terlebih dahulu ya agar apa yang kamu jalankan sesuai dengan bujet yang udah dibikin dan disetujui.

Selanjutnya bikin memasukkan komponen-komponen penerimaan yang bisa di antisipasi buat pengeluarannya. Jadi kamu bisa memperhatikan dan memperkirakan arus kas yang tersedia.

4. Peduli dengan karyawan

Pikirkan kelangsungan karyawan mu agar bisnis mu tetap lancar dan sukses, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga penting nih agar usaha atau bisnis mu lancar. Perhatikan selalu karyawan mu. Baik itu karyawan tetap maupun kontrak, ada baiknya menghitung seluruh pengeluaran bisnis mu buat karyawan mulai dari gaji, uang lembur, tunjangan kesehatan dan lain-lainya.

Memperhatikan karyawan gak ada salahnya, gimana juga mereka turut andil dalam kesuksesan sebuah bisnis. Udah gitu dengan memberikan bonus atau insentif sih perlu banget agar mereka betah bekerja dengan mu.

5. Membayar tagihan dengan tepat waktu

Membayar tagihan dengan tepat waktu salah satu agar bisnis mu tetap lancar, (Ilustrasi/Shutterstock).

Ini juga menjadi poin terpenting agar bisnis mu berumur panjang dan gak bangkrut. Membayar segala tagihan tepat waktu itu perlu banget lho, banyak bisnis yang gulung tikar lantaran jarang banget membayar tagihan dengan tepat waktu.

Misalkan membayar pajak, asuransi, kredit, dan banyak lainnya. Jangan pernah menganggap kalau tagihan itu merupakan hal sepele, karena kalau kamu udah menyepelekan yang namanya tagihan bakal menimbulkan masalah baru.

Nah, itu dia tips-tips sukses agar bisnis mu gak cepat gulung tikar alias bangkrut. Siapa yang mau bisnisnya bangkrut dan gulungf tikar? Kalian pasti maunya banyak untung bukan dari usaha yang tengah dijalani. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...