Pengin Banyak Pengunjung dan Laris Manis? Ini 5 Tips Sukses Bisnis Kafe

4 menit
Bisnis
Pengin Banyak Pengunjung dan Laris Manis? Ini 5 Tips Sukses Bisnis Kafe, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bisnis kafe saat ini emang menjamur banget khususnya di ibu kota seperti Jakarta. Nah, yang namanya persaingan pasti ada aja nih, maka dari itu kamu mesti perhatikan tips sukses ini.

Menjamurnya kafe atau coffee shop bakal memberikan peluang bagi pengusahanya mendapatkan keuntungan dari menu yang mereka jual. Buat meningkatkan penjualan sebuah kafe emang perlu nih yang namanya tips sukses agar untung juga mengalir ke dalam kantong.

Yang namanya sebuah kafe gak cuma hanya jualan minuman dan makanan aja nih. Jualan tempat juga jadi salah satu pemicu buat datangnya para calon pembeli atau pelanggan.

Banyak pengunjung kafe yang betah berlama-lama duduk entah itu cuma menikmati secangkir kopi atau melakukan meeting dan kerjaan. Apalagi yang namanya ibu kota seperti Jakarta ini, kafe rasanya udah menjadi salah satu tempat yang wajib buat dikunjungi.

Belum lagi dengan pelayanan pegawai kafe yang ramah ke pelanggan bisa juga menjadi nilai tambah buat si coffee shop. Atau kerap mengadakan acara dengan komunitas juga bisa menjadi salah satu daya tarik sebuah kafe nih.

Seperti dikutip dari Jurnal.id, Rabu, (20/3/2019), ada nih tips sukses agar pebisnis kafe bisa mendapatkan cuan banyak dengan melakukan cara-cara ini. Pengin tahu apa aja? Yuk, kita intip di bawah ini tips sukses bagi pebisnis kafe biar semakin banyak pelanggan dan cuan yang dihasilkan juga tebal.

Baca juga: Ini 5 Tips Sukses Bikin Bisnis Kamu Gak Gulung Tikar Alias Panjang Umur

1. Hindari yang namanya “Laptop Hobo”

Hindari yang namanya “Laptop Hobo” biar kafe kamu mendatangkan untung dan pelanggan banyak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu tahu gak sih yang namanya “Laptop Hobo”? Nah, istilah ini digunakan buat merujuk pengunjung kafe yang sering banget menggunakan fasilitas wifi dan listrik secara bebas.

Jika hal ini sering terjadi di sebuah kafe yang namanya pemutaran pemasukan gak bakal bertambah, lho kenapa? Ya, wajar aja kalau satu pelanggan duduk berjam-jam dan cuma pesan satu minuman tapi dengan enaknya mereka menggunakan fasilitas kafe.

Pasalnya yang namanya kafe itu pasti bakal banyak pengunjung datang silih berganti. Memberikan kenyamanan ke pelanggan dengan wife gratis, tempat duduk yang nyaman, dan banyak outlet listtik gak menjamin bakal bisa membayar tagihan kamu.

Bahkan Starbucks di New York udah mulai membatasi outlet listrik. Bahkan kafe lainnya juga udah mulai membatasi penggunaan wifi gratis bahkan pelanggan mesti membeli voucher buat internet gratis.

Baca juga: Untung Puluhan Juta Rupiah, Ini Tips Sukses Jadi Personal Shopper!

2. “In-Store Displays” cara raup untung

Menjual aneka mug atau tumbler di dalam kafe mu juga bisa menjadi salah satu tips sukses bisnis mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kalau kamu pernah mendatangi store Starbucks pasti sering melihat pajangan mug, tumbler atau aksesoris yang berbau Starbucks. Nah, cara ini bukan hanya sekadar dijadikan pajangan aja.

Cara memajang aksesoris dikatakan bisa meraup keuntungan nih bagi pebisnis kafe. Ada studi yang mengungkapkan bahwa 16 persen pembelian yang gak direncanakan didorong dengan adanya properti yang dilihat pengunjung saat mengunjungi kafe atau coffee shop.

Biar lebih menarik “in-store displays” kamu dan berhasil menggaet pengunjung membelinya, usahakan coba deh perhatikan kreatifitas.

Baca juga: Pengin Jadi Desainer Terkenal? Ini Tips Sukses yang Bisa Kamu Ikuti Lho!

3. Punya beragam menu yang menarik

Menyajikan menu yang unik dan beragam bisa mendatangkan pelanggan dan untung di kafe mu, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menu yang variatif dengan lebih banyak pilihan pada jenis makanan tertentu dapat menjadi efektif buat meningkatkan penjualan di kafe. Misalkan menambahkan menu sup, salad, roti isi, atau hidangan lainnya bakal menambah kafe kamu semakin menarik perhatian pengunjung nih.

Saat ini banyak lho kafe yang menyajikan menu-menu vegan atau organik buat menggaet pelanggan. Dengan cara ini sih kamu bisa menarik pelanggan baru nih buat mengunjungi kafe mu.

4. Pelayanan yang ramah dan banyak diskon

Berikan pelayanan yang baik ke pengunjung dengan cara ini bisa menambah pelanggan dan cuan, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips sukses lainnya udah umum yakni dengan memberikan pelayanan ramah dan komunikasi yang baik. Udha gitu perlu nih sekali-sekali kafe kamu memberikan diskon ke pelanggan yang datang ke tempat mu.

Kalau karyawan kamu bisa menciptakan ambience yang nyaman ke pelanggan, dijamin deh mereka pasti bakal datang lagi. Apalagi dengan banyaknya diskon minuman atau makanan ini juga bisa bikin si pengunjung bakal mampir lagi.

5. Bikin acara di kafe kamu

Bikin acara di kafe mu juga bisa mendatangkan pelanggan dan untung lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara lainnya biar kafe mu semakin banyak pengunjung coba deh sekali-sekali bikin acara. Dengan bikin acara di kafe mu seperti musik akustik, pembacaan puisi, maupun games bisa menarik perhatian pelanggan nih.

Umumkan acara-acara di kafe mu melalui media sosial. Dengan cara ini kamu bisa menarik calon pelanggan baru udah gitu penjualan meningkat pun mengikutinya.

Nah, itu dia 5 tips sukses agar kafe kamu banyak pelanggan dan untung juga mengikuti di bisnis mu ini. Gak ada salahnya lho mengikuti tips sukses di atas tadi. Banyaknya kafe atau coffee shop yang menjamur emang perlu strategi dan tips sukses biar tempat usaha mu gak mandek begitu aja. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...