5 Trik Aman Belanja Online yang Perlu Diketahui, Jangan Sampai Kena Tipu!

2 menit
Di era digital ini, orang semakin mudah untuk melakukan transaksi secara online.

Semakin berkembangnya teknologi, orang jadi semakin mudah melakukan apapun, termasuk belanja. Kemudahan belanja melalui internet sudah menjadi primadona di masyarakat Indonesia.

Banyaknya pilihan e-commerce dengan penawaran produk yang beragam semakin memudahkan aktivitas yang satu ini.

Alasan lain masyarakat Indonesia memilih belanja online dikarenakan hemat waktu dan tenaga. Meski seringkali barang yang ditampilkan dengan kondisi asli tidak selalu dalam kondisi sama. Bukan berarti hal itu menyurutkan niat masyarakat, malah tren belanja online semakin berkembang pesat.

Bermodalkan koneksi internet, kamu tinggal membuka salah satu marketplace dari ponsel. Untuk pembayarannya juga mudah, kamu tinggal pergi ke minimarket seperti Indomaret atau Alfamart untuk melakukan pembayaran.

Bisa juga dengan melakukan transaksi ATM dan m-Banking. Kemudahan-kemudahan seperti itu yang membuat orang kini enggan belanja keluar rumah. Hanya dari dalam rumah, dengan aplikasi ponsel, gak perlu kena macet di jalan, tunggu beberapa hari barang akan tiba di genggamanmu.

Meski demikian, bukan berarti belanja online aman-aman saja ya. Banyak juga yang kecewa atau bahkan kena tipu penjual. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, ada baiknya simak yuk tips berikut ini seperti dilansir laman Infonitas.

Belanja online (Ilustrasi).

Baca juga: Pengin Kulit Mulus ala Perempuan Korea, Ini Deretan Sheet Mask Murah yang Perlu Kamu Coba

1. Cek reputasi

Sebelum melakukan transaksi ada baiknya kamu cek reputasi toko. Baca komen yang ada di dalamnya, pertimbangkan dengan toko lain jika menjual hal serupa.

Jangan melakukan transaksi jika tokonya sendiri memiliki reputasi buruk alias penipu. Apalagi kalau banyak komen yang mengatakan foto dan produk tidak sesuai. Nah pikir-pikir dulu ya.

2. Merek terpercaya

Di e-commerce banyak barang dijual di berbagai toko. Bahkan dengan kualitas dan merek yang sama bisa dijual dengan berbeda harga. Lebih menjengkelkan lagi jika barang tersebut dijual dengan harga dan merek serupa, tetapi kualitas lebih buruk.

Supaya kamu gak kecewa, ada baiknya cari merek terpercaya, apakah mereka memiliki toko official di e-commerce tersebut atau enggak. Ingat, harga mahal belum tentu kualitas baik, dan harga murah juga belum tentu buruk.

Baca juga: Pensil Alis Murah di Bawah Rp 50 Ribu Ini Bisa Bikin Alis Cetar Lho!

3. Pembayaran aman

Pastikan kamu membayar dengan metode yang aman. Alangkah lebih baik memang menggunakan m-banking atau uang tunai ketimbang kartu kredit.

Pasalnya, gak ada yang bisa menjamin keamanan kartu kredit kamu kan. Jadi pikirkan baik-baik sebelum membayar.

4. Jangan tergoda

Jangan mudah tergoda dengan iklan atau pop up di website. Meski biasanya menawarkan diskon yang lebih besar. Bisa jadi itu hanya tipuan semata demi mendapatkan data-data pribadi kamu.

Kalau memang ingin belanja online, coba di e-commerce yang sudah terdaftar, pastikan juga memiliki reputasi baik.

Baca juga: Cocok untuk Pemula, Berikut 5 Referensi Eyeliner Murah Dibawah Rp 50 Ribu

5. Ponsel milik pribadi

Kalau kamu menggunakan perangkat Wi-Fi dan kartu kredit untuk transaksi, pastikan melakukan itu di ponselmu sendiri. Jangan pinjamkan ponsel kepada orang lain yang ingin melakukan belanja online.

Setelah membaca lima trik diatas, semoga kamu semakin cerdas sebelum belanja online ya. Jangan mudah tertipu penawaran, beli barang yang hanya diperlukan saja, dan jangan lapar mata. Ingat, ada kebutuhan lain yang jauh lebih penting. (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong