5 Trik Mempertahankan Bisnis Agar tak Gulung Tikar dalam Waktu Dekat

3 menit
Pebisnis muda wanita (Shutterstock).

Banyak bisnis bermunculan seiring perkembangan zaman. Tetapi, banyak pula bisnis yang gulung tikar. Padahal usia bisnis tersebut terbilang cukup muda.

Contohnya saja bisnis kuliner yang banyak dicari orang seperti martabak dengan aneka topping warna-warni, bakso super besar hingga minuman kekinian seperti es milo dan sebagainya.

Bisnis kuliner tersebut ada yang bertahan bahkan tak sedikit berumur jagung sudah tumbang. Penyebabnya sepele, yakni konsumen cepat bosan dengan menu yang dihadirkan.

Ditambah, bermunculan kuliner anyar yang menggugah selera makan. Akibatnya, banyak pemilik menutup usaha begitu saja.

Meski demikian, jika berniat terjun ke bisnis, sebaiknya kamu lebih memahami tips-tips dibawah ini agar usaha yang dirintis bisa bertahan, seperti dilansir laman Infonitas.

1. Kenali durasi ketahanan bisnis

Sejatinya, saat kamu sudah memulai sebuah bisnis gak ada yang langsung sukses.

Sejatinya, saat kamu sudah memulai sebuah bisnis gak ada yang langsung sukses. Di awal, kamu pasti mengalami kerugian yang gak sedikit.

Namun, jangan takut kerena hal tersebut wajar terjadi. Kamu harus bersabar dan menekuni lebih dalam.

Kuncinya adalah, fokus pada apa yang ingin kamu geluti, jangan bercabang kemana-mana, tentukan satu tujuan saja.

2. Mengontrol pengeluaran

Mengontrol pengeluaran sangat penting dilakukan dalam bisnis yang dijalankan.

Mengontrol pengeluaran sangat penting dilakukan dalam bisnis yang dijalankan. Termasuk untung ruginya ya.

Jika sudah tidak memungkinkan mengantongi keuntungan, paling tidak modal yang dikeluarkan kembali untuk modal bisnis selanjutnya.

Jangan paksakan diri untuk tetap menggeluti bisnis tersebut kalau hanya merugi.

3. Belajar dari kesalahan

Pelajari apa saja kesalahan selama kamu menjalankan bisnis tersebut.

Pelajari apa saja kesalahan selama kamu menjalankan bisnis tersebut. Hal ini penting dilakukan sebagai bentuk evaluasi agar bisnis kian berkembang.

Contohnya saja, faktor lokasi, cara promosi, penetapan harga hingga branding produk yang dipasarkan.

4. Jangan gampang menyerah

Menjadi pebisnis menuntut kamu untuk tetap semangat pantang menyerah.

Menjadi pebisnis menuntut kamu untuk tetap semangat pantang menyerah. Pasalnya, kegagalan akan selalu datang kapan saja sejak kamu memulai bisnis. Jangan patah semangat, pasalnya, pebisnis akan menjadi andal melalui setiap pengalaman gagalnya tersebut.

Selalu berfikir “Kalau gagal coba lagi”. Selama kamu melalui kegagalan demi kegagalan dengan lapang dada, maka secepatnya juga bakal menemukan model bisnis yang cocok. Sebab, dalam sebuah bisnis diperlukan gebrakan yang berbeda dari yang lain agar menjadi berhasil.

5. Perlu dukungan

Dukungan dari orang-orang terdekat akan berguna bagi pebisnis pemula.

Dukungan dari orang-orang terdekat akan berguna bagi pebisnis pemula. Gak ada salahnya kamu meminta dukungan kepada orang tersayang atau kerabat dekat.

Ceritakan pada mereka bisnismu ini. Minta mereka menyemangatimu karena memiliki usaha sendiri tentu awalnya sangat sulit.

Jika sedari muda kamu sudah berbisnis, pasti di usia matang, bisnismu itu juga akan semakin kokoh. Asal kamu terus fokus dan semangat.

Jangan mudah menyerah jika dirasa jalan yang kamu tempuh semakin sulit. Sebaliknya, mintalah dukungan dari orang-orang sekitar. Selamat berbisnis ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Winda Destiana
Winda Destiana

No place is ever bad as they tell you its going to be