5 Usaha Franchise Non-Makanan dan Minuman Paling Menjanjikan

4 menit

Memulai usaha franchise atau sistem bisnis kemitraan emang gampang-gampang susah. Kamu yang pengin coba usaha ini disarankan pilih bidang yang harganya gak terlalu mahal.

Franchise murah kebanyakan emang merupakan bisnis makanan dan minuman. Tapi jangan salah, masih ada kok franchise non-makanan dan minuman yang cuma butuh modal Rp 9 jutaan, dan ada juga yang sampai puluhan juta.

Kelihatannya banyak sih, tapi kalau dibanding franchise raksasa, modal segini sebetulnya gak ada apa-apanya. Lagi pula, untungnya lumayan banget lho. Ditambah gak susah-susah banget menentukan target pasarnya.

Penasaran dengan usaha franchise yang dimaksud? Yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Bimba Rainbow Kids – Rp 8 Juta

usaha-franchise
Bimba Rainbow Kids (Bimba Rainbow Kids)

Sebagian dari kamu mungkin ada yang punya passion tinggi di bidang pendidikan, khususnya mengajar. Dan mungkin hal itu juga disertai dengan kecintaanmu terhadap anak kecil.

Kenapa gak bermitra dengan Bimba Rainbow Kids aja? Bimbingan belajar yang berada di bawah naungan Yayasan Bintang Solusi Mandiri ini menyediakan empat program belajar buat anak, yaitu bimbingan membaca, menulis, dan berhitung, bimbingan pembangunan kreativitas, pembinaan karakter, dan bahasa Inggris.

Semua orang bisa bermitra dengan Bimba Rainbow Kids lho, termasuk kamu. Dan investasi awal yang kamu keluarkan mulai dari Rp 8 juta aja.

Modal segini rendah banget kalau dibandingin sama bimbel-bimbel lain yang butuh sampai ratusan juta. Tertarik bergabung? Hubungi mereka via Whatsapp di 08571010996 atau kunjungi langsung situsnya.

[Baca: Ini 8 Waralaba Minuman dan Makanan Seharga Rp 2-3 Jutaan Aja]

2. Galaxy Pertamini – Rp 9 juta

usaha-franchise
Galaxy Pertamini (Galaxy Pertamini)

Mungkin dari kamu ada yang punya impian punya usaha stasiun pengisian bahan bakar umum alias SPBU. Bukan sekadar jual bensin, tapi juga yang ada kafenya atau tempat cuci motor.

Nah, mengingat modal mendirikan SPBU itu gak sedikit, kamu bisa belajar dulu dengan Galaxy Pertamini.

Franchise yang satu ini sebetulnya adalah kios bensin eceran. Bedanya dengan yang di jual di pinggir jalan, mereka punya booth beserta perangkat pengisian BBM layaknya di SPBU.

Buat modal Rp 9 juta kamu bakal dapat booth dengan spesifikasi:

– Ukuran 68x68x215 cm

– Kapasitas BBM 210 L (drum)

– Selang 3,5 meter

– Alat ukur 1 buah

– Listrik 30 Watt

Sedikit saran, dirikan kios BBM ini di wilayah yang jauh dari SPBU. Dijamin mlaris deh jualan bensinnya.

Bila berminat hubungi aja  081212341144, atau kunjungi situsnya.

3. The Quick Clean – Rp 15 juta

usaha-franchise
The Clean Bar (Tribunnews)

The Quick Clean ini adalah usaha franchise laundry sepatu dan tas yang berasal dari Surakarta dan sekarang udah hadir di kota-kota lain seperti Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bekasi. Jargon mereka adalah “membersihkan sepatu dan tas pelanggan 25-30 menit aja.”

Praktis banget dan pastinya dibutuhkan orang-orang sibuk.

Buat paket kemitraannya yang sebesar Rp 15 juta, kamu udah dapat booth dan peralatan. Namun peralatannya gak dijelaskan secara rinci di situnya.

Tertarik buat memulai kemitraan dengan mereka? Hubungi aja 081329532935 atau kunjungi situsnya.

[Baca: 5 Bisnis Waralaba Makanan dengan Modal di Bawah Rp 30 Juta]

4. Mr Klin Laundry – Rp 29 juta

usaha-franchise
Mr Klin (Mr Klin)

Khusus buat yang pengin buka usaha laundry, mungkin kamu bisa belajar dari membuka usaha franchise Mr Klin. Karena dengan modal Rp 29 juta, kamu bakal dapat:

– Satu unit mesin cuci front loading baru kualitas Eropa

– Satu unit mesin pengering/dryer baru kualitas Eropa

– Satu unit mesin khusus buat dry cleaning + training dry cleaning

– Lima kilogram deterjen laundry ramah lingkungan

– Lima liter parfum khusus laundry

– Lima liter pelicin setrika

Chemical bleaching/chlor

Chemical Oxy magic

– Satu unit mesin setrika laundry

– Satu unit meja setrika

– Satu unit tag gun

– Satu set tag pin

– Satu roll pita label

– Satu unit timbangan laundry (kapasitas 20Kg)

– Plastik packing laundry ukuran S, M, L

– Kantong plastik ukuran jumbo

– Lima unit keranjang laundry

– Satu pc botol spray parfum

– Satu pc alas setrika

– Satu pc laundry net

Chemical penghilang noda (makanan, darah, minyak, dll.)

Selain itu, keuntungan lain kalau bermitra dengan ini kamu juga  bakal diberikan pelatihan dari pakar dan bisa menggunakan merek laundry sendiri. Tapi kalau pengin pakai Mr Klin juga boleh, asal bayar charge sebesar 8 persen royalti fee yang diambil dari omzet perbulanmu.  

Tertarik bergabung? Hubungi aja 081288830358. Kunjungi juga situsnya buat tahu informasi lebih lanjut.

[Baca: Simak 6 Bisnis Waralaba Ini Kalau Pengin Nambah Penghasilan Bulanan]

5. Auto Clean Waterless Indonesia – Rp 30 juta

usaha-franchise
Auto Clean (Facebook Auto Clean)

Usaha franchise asal Bogor ini adalah penyedia jasa cuci mobil tapi gak pakai air. Kok bisa? Ya bisa dong. Soalnya buat mengganti air mereka pakai cairan pembersih khusus.

Modalnya emang agak besar nih, Rp 30 juta. Tapi itu sebanding yang bakal kamu dapat dan potensi keuntungannya juga lumayan tinggi.

Kalau bermitra dengan mereka, kamu bakal dapat paket lengkap peralatan cuci mobil sekaligus printer mini buat kasir. Mereka juga siap memberikan pelatihan selama empat hari ke tim kerjamu nanti. Kamu juga bakal dapat software yang bisa dipakai untuk menyimpan data pelanggan, informasi laba, stok barang, dan lainnya.

Itulah lima usaha franchise non-makanan dan minuman yang bisa kamu mulai dengan bujet Rp 8 juta hingga Rp 30 juta.

Semakin banyak peralatan yang dibutuhkan, tentunya makin mahal pula biaya paketnya. Tapi sekali lagi kamu perlu ingat kalau itu sebanding dengan potensi keuntungan yang bakal kamu dapatkan. Bisnis cuci mobil aja sehari bisa untung ratusan ribu lho.

Kira-kira apakah ada yang menarik buatmu di antara lima usaha franchise tersebut? Share yuk.

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Taiwan