Gak Perlu Keluar Duit! Kamu Bisa Belajar Coding dari 5 Website Ini

3 menit

Website coding gratis bisa menjadi pilihan buat kamu yang pengin jadi programmer profesional tanpa perlu mengeluarkan uang untuk biaya kursus.

Ya, programming atau koding menjadi salah satu keahlihan yang akhir-akhir ini banyak dilirik orang. Terlebih lagi melihat dunia digital yang semakin berkembang pesat.

Hal itu juga dipengaruhi oleh meningkatnya permintaan industri akan tenaga developer, sehingga belajar koding bisa menjadi aset yang sangat berharga.

Pasalnya, kemampuan koding gak cuma dibutuhkan oleh pengembang aplikasi besar saja, tapi kamu juga bisa meraup pundi-pundi kekayaan dari membuat blog atau jualan jasa bikin website untuk orang-orang yang mau buka online shop.

Enaknya lagi, kamu juga gak perlu mengeluarkan uang banyak untuk bisa mempelajari ilmu koding. Karena kini udah banyak banget website coding gratis yang bisa membantumu mempelajari pemrograman secara lebih detail.

Website apa saja? Berikut ini lima diantaranya:

1. Github

website-coding
Github (github)

Website coding pertama yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Github. Ya, Github seperti buku referensi untuk para coder.

Pasalnya, di situs yang satu ini kamu bisa mencari tahu apapun yang berkaitan dengan programmer. Ya, semacam Kaskus-nya koding gitulah.

Menariknya, kamu bisa menampilkan hasil kodinganmu dan berdiksusi dengan pengguna lainnya.

Sedangkan untuk kamu programmer profesional disarankan untuk membuat akun Github karena banyak perusahaan yang mencari programmer handal lewat situs ini.

2. Codecademy

website-coding
Codecademy (alternativeto)

Codecademy merupakan salah satu situs belajar koding gratis yang bisa kamu pantengin secara 24 jam. Di situs ini kamu bisa belajar banyak bahas koding seperti CSS, Javascript, PHP, HTML dan masih banyak.

Codecademy juga terbukti sangat efektif dan interaktif untuk digunakan. Jadi, kamu bisa belajar secara bertahap. Bahkan, situs yang satu ini juga akan menyimpan pekerjaanmu.

3. MIT Open Courseware

website-coding
MIT Open Courseware (mit)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) memang dikenal sebagai sekolahnya para jenius dalam bidang teknologi. Nah, lewat situs ocw.mit.edu, mereka menawarkan kelas online gratis untuk kamu yang ingin belajar koding.

Yang menariknya lagi, kamu bisa mengambil beberapa jenis pelajaran sekaligus, tapi di MIT kamu akan lebih fokus pada koding itu sendiri.

Gak cuma itu, website coding yang satu ini juga akan memberimu beberapa tugas untuk membantumu agar lebih memahami pelajaran sekaligus mengetes kemampuanmu.

4. Free Code Camp

website-coding
Free Code Camp (freecodecamp)

Free Code Camp bisa menjadi tempat yang tepat untukmu untuk bersenang-senang sekaligus belajar dalam waktu yang bersamaan.

Pasalnya, di situs ini banyak sekali komunitas pelajar maupun programmer profesional yang bekerja sama untuk saling meningkatkan kemampuan. Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk menyelesaikan pemrograman aplikasi secara gratis.

5. Hack.pledge

website-coding
Hack.pledge (hackhands)

Hack.pledge menjadi tempat berkumpulnya para developer yang memang pengin memberikan ilmu mereka atau mengajari orang-orang untuk mengenal bahasa pemrograman.

Yang menarik, beberapa pengajarnya adalah orang-orang terkenal di dunia pemrograman seperti Bram Cohen yang merupakan seorang penemu Bit Torrent.

So, udah gak perlu ragu lagi dong untuk belajar koding dari ahlinya?

Nah, itu dia deretan website coding gratis yang bisa kamu jadikan pilihan untuk belajar menjadi seorang programmer handal. Buruan melipir ke situsnya langsung ya.

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.