Bingung Liburan Kemana? Coba 5 Destinasi Wisata Vietnam yang Murah Meriah

4 menit
Halong Bay merupakan salah satu wisata Vietnam dan juga harta warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO (Shutterstock).
Halong Bay merupakan salah satu wisata Vietnam dan juga harta warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO (Shutterstock).

Destinasi wisata Vietnam menawarkan berbagai macam keindahan dan kekayaan alam yang gak ada habisnya. Lokasinya yang ada di Asia Tenggara bikin negara ini menjadi salah satu alternatif tujuan orang Indonesia untuk liburan. Buat kamu yang belum pernah atau pengin kesana bisa simak pembahasannya berikut ini.

Dibandingkan dengan Thailand, Malaysia atau Singapura emang negara yang memiliki lambang bintang di benderanya ini masih kalah populer dari sisi promosi tempat wisatanya. Itu bisa terlihat dari jarangnya event atau iklan yang kita lihat mengenai Vietnam.

Tapi bukan berarti disana gak ada tempat traveling yang recomended untuk dikunjungi lho. Letak geografisnya yang ada di pinggir laut membuat keindahan pantainya gak kalah kece dibandingkan negara lainnya.

Selain pantai, ketinggian tanah yang beraneka ragam juga membuat beberapa wilayah di Vietnam punya wisata pegunungan yang masih asri untuk kamu datengin. Lengkap deh jadinya tinggal pilih mau pergi kemana.

Buat yang memiliki rencana pergi ke Vietnam harga tiket pesawat dari Jakarta menuju kota Hanoi berkisar dari Rp 2,2 juta hingga Rp 3 juta per orang tergantung kelas dan maskapai yang digunakan.

Nah daripada berpanjang lebar lagi mending kita lihat langsung aja 5 destinasi wisata Vietnam yang patut dikunjungi berikut ini:

Baca juga: Pelesiran ke Korea Selatan Jangan Lupa Kunjungi Objek Wisata Gratis Ini

1. Halong Bay

Wisata Vietnam
Halong Bay (Shutterstock).

Mengutip dari Tempat Wisata Unik, tempat wisata Vietnam pertama yang wajib kamu datangi pertama adalah Halong Bay. Lokasi ini merupakan salah satu harta warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO sebagai lembaga terkait yang memberikan gelarnya.

Halong Bay menyajikan hamparan laut yang sangat indah dan ribuan bebatuan besar yang berdiri layaknya pulau-pulau kecil. Pemandangan seperti ini hanya bisa kamu dapatkan disini aja dan sulit mencarinya tempat lain.

Cocok banget buat kamu yang suka mempost foto anti-mainstream di Instagram.

Para pelancong yang pengin datang ke teluk Halong dikenakan biaya sekitar Rp 100 ribuan per orang. Lalu kalau mau pengin masuk ke beberapa spot wisata di dalamnya dikenakan biaya sekitar Rp 30 ribuan.

2. Sa Pa

Wisata Vietnam
Dataran Tinggi Sa Pa di Vietnam (Shutterstock).

Nomor selanjutnya ada kota Sa Pa yang jadi wisata Vietnam di sebelah barat laut. Tempat ini menyajikan pemandangan dataran tinggi yang unik sekaligus enak dipandang mata.

Disini terdapat sebuah lahan pertanian terasering yang sangat luas di sebuah lembah yang bersebelahan sama gunung Fansipan. Selain bisa menikmati pemandangan padi yang hijau kamu juga bisa melakukan trekking di sepanjang jalan yang udah disiapkan.

Untuk transportasi ke kota ini kamu bisa menggunakan bus yang harganya mulai dari Rp 140 ribuan.

Baca juga: Terkenal Menguras Biaya Cukup Banyak, 7 Destinasi di Labuan Bajo Ini Justru Gratis

3. Vietnam Military History Museum

Wisata Vietnam
Vietnam Military History Museum (Shutterstock).

Sejarah perang yang panjang yang dialami oleh negara ini bisa kamu jadikan sebagai objek wisata Vietnam ketiga yakni Vietnam Military History Museum.

Museum ini menyajikan berbagai macam benda bersejarah yang pernah digunakan selama perang dulu. Mulai dari kendaraan tempur tank, mobil, helikopter bahkan sampai pesawat tempur lawas.

Beberapa senjata milik Uni Soviet, China dan Perancis juga ikut dipajang di dalam lokasi ini.

Untuk kamu yang mau datang ke Vietnam Military History Museum harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 20 ribuan aja. Dan yang membawa kamera untuk berfoto-foto akan dikenakan biaya tambahan Rp 15 ribuan.

4. Hoa Lo Prison

Wisata Vietnam
Hoa Lo Prison (Shutterstock).

Wisata Vietnam yang bisa kamu datangi keempat adalah Hoa Lo Prison. Ini merupakan penjara yang dulu pernah digunakan pada masa kolonial Perancis datang ke Vietnam pada tahun 1910an.

Di dalamnya terdapat banyak patung yang menggambarkan situasi ketika masa kolonialisme Perancis berlangsung. Bahkan sempat pada tahun 1950an penjara ini menahan sekitar 2.000 jiwa lebih.

Namun pada tahun 1990an sebagian besar isinya dihancurkan dan beberapa bagian yang masih bertahan dijadikan museum.

Bagi pengunjung yang mau datang ke tempat ini cukup membayar biaya sekitar Rp 20 ribuan aja. Jam bukanya mulai dari pukul 8 pagi sampai 5 sore setiap harinya.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera Terbaik untuk Sempurnakan Aktivitas Pelesiranmu, Gak Sampai Rp 20 Juta!

5. St Joseph Cathedral

Wisata Vietnam
St Joseph Cathedral di Vietnam (Shutterstock).

Destinasi wisata Vietnam yang terakhir ada St Joseph Cathedral yang berada di kota Hanoi. Arsitektur khas gotiknya sangat kental di seluruh bagian tempat ini.

Dibangun pada tahun 1886 Gereja Katolik ini terinspirasi dari Gereja Cathedral yang ada di Paris, Perancis. Dimana bangunan ini memiliki lebar 20 meteran, panjang 64,5 meteran serta dua buah lonceng yang tingginya 31 meteran.

Wisatawan yang pengin datang ke tempat ini gak perlu menyiapkan biaya alias gratis. Jam bukanya dimulai dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore di hari biasa.

Buat kamu yang berniat melancong ke Vietnam ada baiknya menyiapkan bujet sekitar Rp 2,5 jutaan hingga Rp 3 jutaan untuk biaya transportasi pesawat dari Jakarta ke kota Hanoi atau Ho Chi Minh. Durasi perjalanannya kira-kira 3 hingga 6 jam dengan 1 kali transit.

Sebaiknya gunakan transportasi umum agar bisa menghemat biaya perjalanan dan mengalokasikannya ke hal yang lain seperti belanja oleh-oleh.

Nah itu dia 5 destinasi wisata Vietnam yang bisa kamu datangi. Selain menyajikan pantai dan guguran gunung yang indah, Vietnam juga menyimpan berbagai sejarah yang bisa kamu pelajari sekalian liburan. Seru, kan? (Editor: Winda Destiana Putri).

 

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

Tentang Kami

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

Singapore Indonesia Hong Kong Philippines Taiwan