Gaji Besar, Ini 6 Alasan Management Trainee Jadi Incaran para Fresh Graduate

4 menit
Fresh Graduated coba posisi Management Trainee (Pexels).
Fresh Graduated coba posisi Management Trainee (Pexels).

Buat kamu para fresh graduate pasti mengetahui lowongan pekerjaan bernama Management Trainee atau yang sering disebut dengan MT. Beberapa tahun belakangan ini emang banyak perusahaan dalam negeri maupun internasional yang membuka posisi yang satu ini.

Karena kebutuhan yang semakin banyak, maka suplainya pun bakal meningkat. Tapi apa aja sih yang buat jabatan yang satu ini banyak dilirik?

Mungkin akan sedikit memaksakan bila seorang yang belum punya pengalaman kerja disandingkan dengan orang yang udah bertahun-tahun bekerja di sebuah posisi. Apalagi ngomongin tentang gaji yang diinginkan, rasanya hampir mustahil menemukan pekerjaan seperti itu. Pemikiran semacam itu mungkin aja terpatahkan dengan adanya posisi ini.

MT adalah sebuah jalur akselerasi bagi para pencari kerja yang pengin jenjang karirnya cepat naik dalam periode beberapa tahun aja. Setiap perusahaan memiliki nama program serta kebijakannya masing-masing yang berbeda. Selama mengikuti program ini kita akan dilatih untuk menjadi tenaga kerja yang ahli mengerjakan suatu hal.

Untuk mencari pekerjaan yang tepat, umumnya kamu akan diputar di beberapa departemen guna mengetahui pola kerja seperti apa yang cocok dengan kemampuan. Namun yang paling sering dicari adalah bagian marketing atau sales, sebab kursi itu merupakan ujung tombak dari sebuah perusahaan untuk mencari keuntungan.

Kalau begitu alasan apa aja sih yang membuat Management Trainee menjadi incaran banyak fresh graduate hari ini? Yuk kita lihat alasannya berikut ini:

Baca juga: Pengin Jadi Generasi Milenial yang Kaya Raya, Yuk Ikuti Tips Mengelola Gaji Ini

1. Gajinya terbilang tinggi

Management Trainee
Bergaji tinggi (Pixabay).

Untuk posisi Management Trainee ini seorang fresh graduate akan mendapatkan gaji yang tergolong tinggi dibandingkan posisi lainnya. Rata-rata gaji posisi ini di sebuah perusahaan berada di kisaran Rp 5 juta sampai Rp 10 juta per bulan.

Angka tersebut belum termasuk tunjangan yang diberikan selama proses pelatihan berlangsung. Jumah tersebut berpotensi naik jika kamu berhasil lulus dari program itu lho, mengutip dari Glints.

2. Tunjangan yang memadai

Management Trainee
Tunjangan memadai (Pixabay).

Bukan cuma gaji yang tinggi, berbagai tunjangan bagi para fresh graduate juga menanti di depan mata.

Bukan tunjangan hari raya yang biasa diberikan, bila kamu mendapatkan penugasan diluar kota selama beberapa bulan bakal dapat tunjangan tempat tinggal serta uang makan yang sangat cukup.

Baca juga: 6 Cara untuk Kamu yang Introvert Agar Betah Bekerja di Kantor, Gak Susah Kok!

3. Jenjang karier lebih pasti

Management Trainee
Jenjang karier lebih pasti (Pixabay).

Kalau kamu bekerja tanpa melalui program Management Trainee gak ada yang bisa memastikan bahwa kamu akan naik jabatan dengan pasti dalam periode waktu tertentu. Sebaliknya, di MT kamu akan disiapkan tempat khusus bila berhasil lolos program tersebut.

Bisa menjadi asisten manajer atau bahkan menjadi manajer sekalipun jika prestasi yang kamu raih mampu memuaskan para manajemen perusahaan. Menarik bukan menjadi manajer di usia muda?

4. Berbeda dengan magang

Management Trainee
Berbeda dari anak magang (Pixabay).

Walaupun sama-sama belajar, tapi yang membedakan antara Management Trainee dan magang adalah di sini kamu memiliki status layaknya karyawan tetap. Jadi kamu gak perlu terlalu khawatir mengenai masa depan.

Setelah melalui masa belajar yang umumnya sekitar 1 sampai 2 tahun, kamu akan diberikan sebuah kontrak untuk memperpanjang masa bakti bekerja. Jadi pilihannya ada di tangan kamu.

Baca juga: 5 Cara Agar Kamu Selalu Bahagia di Kantor, Cukup Terapkan Hal Baik Ini

5. Bekerja sesuai minat

Management Trainee
Bekerja sesuai minat (Pixabay).

Seperti yang udah dijelaskan sebelumnya, MT akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk mencoba berbagai macam departemen yang dirasa cocok sesuai minat dan bakat. Jadi setiap beberapa bulan kamu akan dievaluasi kinerjanya dan bisa melihat di departemen apa yang paling produktif bekerja.

Gak ada lagi deh nanti alasan resign karena pekerjaannya gak sesuai sama apa yang diinginkan sama kamu.  

6. Mengasah kepemimpinan

Management Trainee
Mengasah kepemimpinan (Pixabay).

Di kursi pekerjaan formal, kamu hanya akan mengerjakan apa yang menjadi tugas kamu aja. Jadi bisa dikatakan soft skill seperti kemampuan kepemimpinan akan kurang terasah dengan baik.

Nah di posisi Management Trainee kamu akan dilatih gak cuma dari sisi kemampuan sesuai job desk aja, tapi juga kemampuan kepemimpinan dalam mengatur bawahan.  Poin bonus ini akan kamu rasakan manfaatnya dalam beberapa tahun ke depan ketika udah punya pengalaman dan akan diberikan kepercayaan untuk memimpin sebuah tim.

Itulah 6 alasan seorang fresh graduate mengincar posisi Management Trainee di sebuah perusahaan. Bukan sekedar gaji yang gede bisa didapatkan, tapi juga jenjang karier sampai kemampuan kepemimpinan bakal terjamin dengan baik. Tetap semangat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1