6 Cara Buat Pastikan Bisnis Menjanjikan di Masa Depan

Buat prediksi suatu bisnis menjanjikan atau gak, kamu gak perlu cenayang kok. Kamu bisa mengukur apakah bisnis yang mau kamu jalankan bakal sukses atau gak kalau punya strategi.

Masalahnya, gak semua orang bisa “meramalkan” apakah usaha yang dia lakukan bakal sukses atau gak. Tapi, kamu masih bisa kok lakukan prediksi tertentu.

Nah, biar peluang makin besar buat sukses, coba deh terapkan langkah-langkah berikut. Memikirkan langkah-langkah yang tepat buat jalanin usaha itu ibarat baca peta dan situasi buat sampai di tujuan. Jadi, kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

1. Peka terhadap minat dan keinginan pasar

bisnis menjanjikan
Gak ada salahnya ngikutin yang lagi viral (suara)

Yang perlu kamu tahu sejak awal tentu aja minat dan keinginan pasar. Oleh sebab itu, kamu dituntut buat peka terhadap apa yang lagi happening saat ini dan apa yang selalu disukai masyarakat.

Ada dua hal yang bisa kamu pilih saat memutuskan sektor bisnis yang pengin dijalanin. Yang pertama adalah apa yang lagi happening alias viral. Kedua, kamu pilih produk atau jasa yang emang selalu dibutuhin.

Contoh, Es Kepal Milo yang lagi meroket banget sejak April 2018 lalu. Momen ini bisa kamu tangkep buat dibisnisin.

[Baca: 7 Orang Ini Jeli Lihat Peluang Usaha yang Akhirnya Jadi Viral]

Kalau yang emang disukai dan dibutuhin masyarakat, kamu harus pinter-pinter tampil “stand-out” dibandingkan kompetitor.

2. Pilih bisnis yang masih jarang tapi dibutuhkan

usaha yang menjanjikan 2018
Misalnya bikin salon hewan (tempo)

Selain memilih bisnis yang viral, strategi buat pilih lini bisnis menjanjikan bisa kamu tentukan berdasarkan yang belum ada. Tapi, yang belum ada tersebut bukan berarti boleh sembarangan. Kamu mesti pilih jenis bisnis yang masih jarang namun dibutuhkan.

Contoh, kamu bisa pilih beberapa bisnis yang cukup anti-mainstream. Misalnya aja bisnis dengan target pasar yang spesifik. Contoh, salon muslimah, salon balita, salon hewan, dan sebagainya.

[Baca: Ide Bisnis Ini Masih Jarang di Indonesia Padahal Banyak Dicari]

3. Mata-matai kompetitor yang lebih dulu hadir

usaha yang menjanjikan di masa depan
Mata-matai dulu kompetitor yang ada (merdeka)

Namanya ide pastilah gak cuma kamu aja yang punya pikiran yang sama. Ketika kamu memikirkan bisnis tertentu, kamu perlu melihat kompetitor yang udah hadir lebih dulu.

Memata-matai kompetitor gak cuma berguna buat jadi benchmark kamu buat hadirkan sesuatu yang lebih baik. Lebih dari itu, dengan lihat gimana perjuangan kompetitor, kamu bisa lihat apakah bisnis tersebut menjanjikan atau gak.

4. Pelajari kebiasaan calon target konsumen

usaha yang menjanjikan dengan modal kecil
Pelajari kebiasaan calon konsumen (dream)

Gak cukup buat cuma memahami apa yang disukai oleh calon konsumen, kamu pun perlu pelajari kebiasaan mereka.

Kebiasaan yang dimaksud adalah gimana perilaku mereka saat dihadapkan dengan produk tertentu. Kemudian, gimana mereka biasanya mencari produk tersebut dan lainnya.

Dengan memahami kebiasaan calon target konsumen produk atau jasa kamu, kamu bisa terapkan strategi dan teknik promosi yang tepat.

Contoh, ada produk atau jasa yang lebih cocok dipasarkan via online. Namun, ada pula yang sama sekali cuma butuh buka toko aja tanpa promosi online.

5. Asumsi modal dan profit yang dihasilin

usaha menjanjikan untuk pemula
Bikin pembukuan (hipwee)

Selanjutnya, kamu bisa bikin hitung-hitungan di awal mengenai modal yang perlu kamu gelontorkan. Kemudian, kamu pun perlu prediksi profit yang bakal kamu hasilin.

Perhitungan modal yang diperlukan mencakup modal produksi, promosi, dan beberapa biaya operasional lainnya terkait pengembangan usaha. Sementara itu, profit bisa kamu hitung berdasarkan semua sumber pemasukan yang bakal kamu terima.

Kamu bisa hitung total kedua perhitungan tersebut. Lalu, kamu hitung deh rentang waktu yang kamu butuhkan buat bisa balik modal dan kemudian menghasilkan keuntungan.

6. Jangan lupakan business plan

Semua prediksi yang udah disebutkan di atas bisa kamu tuangkan di business plan. Jadi, kamu bisa prediksi secara lebih terstruktur.

[Baca: Bikin Bisnis Planning Gak Ribet Kok! Ini Panduan Lengkapnya]

Bila kamu punya partner atau calon investor, rencana bisnis tersebut bakal bantu banget buat nambah modal usaha kamu. Baik partner maupun calon investor bakal lebih tenang buat menggelontorkan dana karena paham sama ide bisnis kamu.

Udah siap buat coba usaha baru di tahun ini? Yuk coba pikir-pikir lagi apa ide kamu tersebut termasuk bisnis menjanjikan atau gak di masa depan.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.

MoneySmart.id adalah portal finansial terbesar dan terpercaya di Indonesia. Melalui konten yang kreatif dan inspiratif, kami berdedikasi untuk menjadi pemandu Anda dalam pengelolaan keuangan yang lebih baik.

IKUTI KAMI DI

Say Hello!

(021) 3005 6456

[email protected]

Jl Benda No. 92,
Jakarta Selatan, Indonesia 12560

MoneySmart Singapore MoneySmart Indonesia MoneySmart Hong Kong