Mau Cepat Kaya? Lupakan yang Serba Instan, Coba 6 Cara Sulit Ini

4 menit

Buat jadi kaya sebenarnya gampang. Akan tetapi, cara cepat jadi kaya jauh lebih sulit dilakukan. Pasalnya, kamu harus bisa lebih cepat daripada orang lain. Meski gitu, bukan berarti gak mungkin, lho!

Kamu bisa selangkah lebih maju daripada orang lain. Kamu bisa menikmati hasil kerja keras kamu lebih cepat. Gimana caranya? Yuk, simak enam tips berikut yang jarang dilakukan oleh kebanyakan orang.

Selagi orang-orang di sekeliling kamu masih berleha-leha, kamu malah berani buat lakuian enam hal ini. Bahkan, ambil risiko sekalipun.

1. Patuh sama bujet yang udah dibikin

cara cepat jadi kaya
Patuh sama bujet (pixabay)

Yang pertama kali yang perlu kamu lakukan sebagai bagian dari cara cepat jadi kaya adalah budgeting. Mau gak mau, kamu harus nge-tracking pengeluaran kamu dan bikin daftar pos-pos keuangan kamu dari awal. Dengan gitu, kamu bisa mengendalikan uang kamu sendiri.

Nge-tracking pengeluaran pun bisa jadi senjata ampuh buat mengenali kelemahan kamu soal uang. Sebab bisa aja setelah kamu bikin pos-pos pengeluaran namun ada yang bocor salah satunya.

Nah, di bulan-bulan ke depannya kamu dituntut buat lebih patuh sama budgeting yang udah kamu buat.

Yang pasti, kalau mau cepat kaya, kamu harus bisa kendalikan uang kamu bukan sebaliknya.

2. Kebutuhan hidup bulanan cuma 30 persen sampai 50 persen aja

Ini nih yang paling berat. Namun, kebanyakan orang Tionghoa bisa lho lakukan saving 70 persen dari gajinya dan sisanya yaitu 30 persen buat kebutuhan hidup bulanan. Gak bisa sampai 70 persen banget? Kenapa gak coba di angka 50 persen dulu?

Misalnya aja, gaji kamu sekarang udah di angka Rp 10 juta sebulan. Masa gak bisa sih pakai Rp 5 juta atau malah Rp 3 juta aja buat kebutuhan hidup bulanan? Nah, sisanya bisa kamu pergunakan buat tabungan atau investasi.

Jamin deh! Kamu bakal cepat kaya dengan cara ini. Kebanyakan orang pun jarang lakukan ini karena takut gak bisa senang-senang. Katanya, lho!

3. Kerja keras dan lakukan kerja sampingan

cara cepat kaya raya mendadak
Kerja keras bagai quda (pixabay)

Khususnya kebanyakan anak muda masih memikirkan buat senang-senang dulu. Kalau pengin cara cepat jadi kaya maka kamu perlu mengurangi porsi ‘senang-senang’ itu.

Contoh, pas pulang kantor, biasanya teman-teman kamu malah nongkrong ngalor-ngidul. Kamu bisa manfaatkan waktu tersebut buat menyelesaikan pekerjaan sampingan kamu. Atau, di akhir pekan bisa kamu gunakan buat cari penghasilan tambahan.

Bukan berarti gak bisa gaul, lho! Yang penting jangan kebanyakan gaul daripada kerja keras. Sebab, yang bisa bikin kamu kaya adalah diri usaha kamu sendiri.

4. Simpan uang dalam bentuk aset, bukan barang-barang

Kebanyakan orang lebih tergoda buat beli barang-barang demi bisa disebut sebagai orang kaya. Namun, kamu memilih cara berbeda. Kamu gak perlu disebut orang kaya sekarang tetapi kamu sedang berada di jalan yang emang bawa kamu ke jalan kekayaan sebenarnya.

Caranya? Daripada beli barang-barang, bahkan barang branded sekalipun, lebih baik kamu simpan uang kamu dalam bentuk aset. Contoh, properti, emas, dan surat-surat berharga.

Barang branded emang bisa dijual lagi di masa depan. Namun, tetap aja harganya menurun dibandingkan saat kamu beli. Jadi, barang branded bukanlah investasi yang tepat. Namun, gak salah buat kamu beli dalam jumlah sewajarnya. Sebab, kualitas gak bohong. Sementara itu, aset seperti properti dan emas bakal terus melambung dari tahun ke tahun.

5. Berani ambil risiko

amalan supaya cepat kaya mendadak
Berani ambil risiko dengan investasi (pixabay)

Cara cepat jadi kaya selanjutnya adalah berani ambil risiko. Kadang “cuma” menabung aja bakal bikin kamu kaya lebih lama. Malah sulit karena inflasi yang gak sebanding dengan bunga tabungan kamu.

Mau gak mau, kamu mesti berani ambil risiko dengan menginvestasikan uang kamu. Kamu bisa taruh uang kamu di investasi seperti reksadana sampai dengan pasar saham. Tingkat pengembalian investasi seperti ini bisa melebihi 10 persen setiap tahun. Tentu bakal bikin uang kamu selamat dari inflasi kan?

Meski berani ambil risiko, bukan berarti kamu gak pakai perhitungan. Kamu bisa pilih jenis investasi dengan risiko rendah meskipun return-nya lebih rendah. Plus, ingat investasi cuma sekitar 10 persen dari gaji aja. Gak perlu terlalu banyak.

6. Perhatikan hal-hal detail dan kecil

Sadar gak kalau kebanyakan orang kaya dunia sebenarnya memerhatikan hal-hal detail dan kelihatan sepele. Lihat deh Mark Zuckerberg yang sampai sekarang masih setia dengan kaos abu-abunya. Kemudian, Warren Buffet yang setia tinggal di rumah tuanya.

Kamu pun bisa gitu. Kamu bisa perhatikan pengeluaran-pengeluaran yang tampaknya sepele.

Misalnya, kamu gak boros buat belanja pakaian yang sebenarnya gak kamu perlukan. Kemudian, kamu pun bisa perhatikan pengeluaran seperti layanan streaming, Internet unlimited, dan jadi member di tempat-tempat tertentu, dan sebagainya. Pengeluaran tersebut tampak sepele tetapi ternyata menguras gaji kamu. Padahal kamu bisa gunakan buat investasi.

Jadi, sudah siap buat lakukan cara cepat jadi kaya yang udah disebutkan di artikel ini? Kamu pasti bisa! Jangan ikuti sekeliling kamu kalau mereka masih bersantai-santai. Kamu bisa selangkah di depan dibandingkan mereka.

Helda
Helda

Tidak normal tapi spesial. Blogger merangkap content writer yang secara ajaib tersesat di bidang keuangan. Semua tulisan di sini tersedia berkat bantuan kopi tanpa gula.